• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Waspadai Setiap Bentuk Gejala Keputihan Berbahaya!

Waspadai Setiap Bentuk Gejala Keputihan Berbahaya!
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Jika Anda mengalami gejala keputihan berbahaya kondisi seperti perubahan warna, berbau berbeda, atau semakin banyak jumlah adalah diantaranya adalah tanda masalah seperti infeksi. Keputihan adalah cairan dari dalam tubuh khususnya pada area organ reproduksi wanita yang biasanya berwarna putih atau bening dan keluar dari lubang vagina. Sebagian besar wanita mengalami keputihan, dan ini adalah kondisi yang normal atau umum tanpa adanya faktor patologis dan fisiologis.

Beberapa wanita  akan mengalami keluhan keputihan yang sering atau hampir keluar setiap hari, sementara wanita lain mungkin hanya sesekali saja. Sebagai wanita Anda juga harus memperhatikan beberapa kondisi atau faktor yang dapat memicu adanya keluhan dan gejala keputihan berbahaya muncul pada area organ reproduksi.

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang apa yang menyebabkan keluhan dan gejala keputihan berbahaya pada seorang wanita, coba Anda perhatikan!

Gejala Keputihan Yang Tidak Biasa

Jumlah dan konsistensi keputihan dapat berubah pada titik yang berbeda dalam siklus menstruasi antara satu wanita dengan wanita lainnya. Peningkatan keputihan dapat disebabkan oleh perubahan siklus menstruasi yang normal, infeksi vagina, atau kanker (jarang). Jika seorang wanita memiliki jumlah dan intensitas keputihan yang tidak biasa itu juga bisa menjadi tanda dan termasuk dalam gejala keputihan berbahaya bagi kesehatannya

Berikut adalah beberapa gejala lain yang juga termasuk dalam kondisi keputihan berbahaya, diantaranya adalah:

o Peningkatan volume atau frekuensi pembuangan

o Bau vagina yang kuat

o Keputihan berwarna putih susu, kehijauan, putih kekuningan, abu-abu, kecoklatan atau kemerahan dan banyak lainnya

o Gatal vagina

o Nyeri atau sakit akibat adanya irtitasi vagina

o Sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK)

o Kemerahan atau meradang di sekitar vagina

Baca Juga: Keputihan Cair Bening? Termasuk Nomal Atau Tidak Normal

chat

Bentuk Gejala Keputihan Yang Lebih Berbahaya

Keputihan yang tidak biasa juga bisa menjadi gejala keputihan berbahaya atau menandakan adanya keluhan lain didalam organ reproduksi seorang wanita, misalnya penyakit radang panggul (PID) atau infeksi dari penyebab penyakit menular seksual (PMS). Dimana kondisi patologis lebih berperan banyak terhadap kondisi keluhan keputihan abnormal yang Anda rasakan tersebut.

Misalnya jika Anda mendapatkan infeksi gonore atau kencing nanah, jika tanpa pengobatan kondisi ini dapat berubah menjadi lebih berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi hingga adanya keluhan radang panggul (PID). Gejala keputihan dalam kondisi ini tentu akan lebih menyakitkan dan berlangsung lebih lama serta menimbulkan adanya masalah kesehatan serius lainnya.

Akan sangat jarang jika kondisi gejala keputihan berbahaya muncul akibat faktor fisiologis, namun Anda juga tidak bisa meremehkan kondisinya ketika sedang berlangsung. Anda harus melakukan beberapa tindakan pencegahan guna menghindari dadnya gejala keputihan yang lebih berbahaya atau berisiko muncul bahkan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Perawatan Yang Anda Butuhkan

Keputihan normal (menopause, bayi, kehamilan) kebanyakan kasus ini mungkin tidak membutuhkan perawatan lebih. Berbeda dengan sebaliknya jika kondisi keluhan keputihan lebih disebebkan oleh adanya infeksi, tentu hal ini akan sangat membutuhkan perawatan dan pengobatan. Pengobatan dari sebuah gejala keputihan berbahaya atau keputihan abnormal tergantung pada apa yang menjadi penyebab masalah.

Beberapa penggunaan obat memang dapat mengatasi keluhan keputihan Anda selama  dilakukan sesuai anjuran dokter dan setelah dilakukannya pemeriksaan. Anda mungkin akan menapatkan pengobatan sepeti berikut, sesuai dengan jenis penyebab keluhannya.

o Keputihan akibat infeksi vagina (bakteri, jamur, virus, dan lainnya) dapat diobati dengan antibiotik, dimana jenis obat ini digunakan untuk membunuh mikroorganisme tersebut. Penting bagi Anda untuk menyelesaikan semua obat, bahkan jika gejalanya membaik sebelum obat seleaai dikonsumsi.

o Keputihan akibat menopause dapat diobati dengan penggunaan krim vagina

o Keputihan yang disebabkan oleh bahan kimia dapat diatasi dengan menghindari atau menghentikan penggunaan produk yang digunakan.

Untuk mendapatkan metode dan jenis pengobatan yang tepat Anda mungkin akan membutuhkan pelayanan kesehatan khusus seperti Klinik Utama Gracia. Klinik dengan sistem terintegrasi dan modern yang siap membantu Anda dalam setiap keluhan seputar organ genital dengan tenaga medis terbaik. Coba klik chat konsultasi atau teledokter di nomor 081336361555 tanpa biaya dan dapat Anda akses dengan mudah.

Baca Juga: Apa Saja Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan