• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Waspadai Penyebab Gonore Pada Wanita

Waspadai Penyebab Gonore Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Waspadai penyebab penyakit gonore pada wanita, penyakit gonore adalah salah satu penyakit kelamin, penyakit ini juga sering disebut kencing nanah, kurang pahamnya pengetahuan tentang seks membuat kebanyakan orang mengabaikan mudahnya penularan penyakit gonore penyakit ini dapat menyerang pria atau wanita.

Penyebab Gonore Pada Wanita

Penyebab gonore pada wanita ini disebabakan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae, penyakit ini biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual baik dari vagina, oral ataupun anal. Penyakit ini ditularkan melalui aktifitas seks baik secara jarang atau sering, penularannya kebanyakan adalah pada orang-orang yang sering berganti-ganti pasangan, melakukan aktifitas sex dengan penderita penyakit gonore, tidak menggunakan pengaman atau kondom.

Gonore pada pria biasanya menginfeksi uretra, sedangkan pada wanita menginfeksi uretra atau leher rahim atau bahkan keduanya. Jika dibiarkan infeksi ini dapat menyebar pada usus besar, anus, tenggorokan dan organ panggul. Namun ada juga beberapa kasus yang sampai menginfeksi mata dan kita perlu waspda terhadap penyebab gonore pada wanita. baca juga artikel Pengertian penyakit Gonore

Resiko penularannya pun dapat terjadi pada ibu hamil yang terkena penyakit ini dan dapat menularkan ke bayi yang dilahirkan, bayi yang baru lahir dan sudah terinfeksi penyakit gonore biasanya akan menyerang pada bagian membran mukosa mata dan jika dibiarkan akan menyebabkan cacat atau kebutaan permanen.

Gejala Gonore:

Neisseria gonorrhoeae  adalah penyebab gonore pada wanita, Pada penderita yang baru saja terinfeksi penyakit gonore biasanya tidak akan begitu terlihat tanda dan gejala yang muncul, namun Anda perlu mewaspadai jika terjadi hal-hal berikut ini:

• Sering buang air kecil dan rasa seperti terbakar

• Kelenjar kerongkongan terjadi pembengkakan (melakukan hubungan seks oral)

• Terjadi perdarahan pada anus, atau seringkali terasa gatal

• Pembengkakan pada bibir vagina

• Pengeluaran cairan yang tidak normal pada vagina

• Demam dan kelelahan

• Nyeri pada perut, biasanya terjadi pada perut bagian bawah

• Terasa gatal pada area kelamin atau sekitar area kelamin

• Vagina berdarah saat atau setelah berhubungan seks

• Pengeluaran darah yang tidak wajar diluar menstruasi

Jika terjadi tanda-tanda atau penyebab gonore pada wanita seperti penjelasan diatas segera lakukan pemeriksaan pada dokter atau spesialis agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah. Dan jangan pernah mencoba untuk mengobati sendiri dengan membeli obat diapotik atau anjuran dari teman, karena dosis bisa saja tidak tepat dan terjadi efek samping  yang mungkin tidak kita ketahui.

chat

Gambaran Klinis Mengenai Tahap Atau Penyebab Gonore Pada Wanita

Uretra pada pria dan wanita sangat berbeda, pada pria memili uretra yang lebih panjang dan berjauhan dari penis, namaun pada wanita memiliki uretra yang lebih pendek dan berdekatan dengan vagina sehingga wanita lebih berisiko terkena uretrinitis, gejala ini biasanya muncul di awal perkembangan penyakit atau bahkan tidak sama sekali. Dan kontak yang pertama kali yaitu serviks maka akan timbul gejala servicitis atau terjadi keputihan pada wanita, keputihan mungkin dianggap bisa oleh kalangan wanita sehingga mereka merasa akan sembuh dengan sendirinya, dan tidak perlu melakukan pemeriksaan kedokter, hal ini yang membuat wanita tersebut menjadi carries atau sumber penular penyakit yang tidak diketahui sebaiagi penyebab gonore pada wanita.

Pada wanita infeksi primer terjadi di indoseviks, kemudian menyebar kearah uretra dan vagina, dam meningkatkan produksi cairan mukopurulen (cairan kental seperti susu dan berwarna kehijauan) hal ini dapat berkembang menjadi tuba uterine, menyebabkan terjadinya salpingitis, fibrosisi dan obliterasi tuba. Untuk salpingitis, 20 persen dapat menyebabkan ketidak suburan.

Pencegahan Penyakit Gonorea:

• Tidak melakukan hubungan seks, jika Anda melakukan hubungan sex sebaiknya menggunakan kondom baik dalam seks oral vagina atau anal.

• Tidak bergantian pasangan dalam satu waktu, karena dapat meningkatkan resiko terjadi penularan.

• Jangan melakukan hubungan seks dengan pederita atau atau karier penyakit gonore.

• Jika Anda ingin menikah sebaiknya tanyakan apakah pasangan Anda pernah melakukan pemeriksaan gonore atau pernah terkena penyakit gonore.

• Dan yang paling penting adalah lakukan pemeriksaan secara rutin jika Anda sering melakukan hubungan seks secara sering dan bergantian.

chat

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penyebab gonore pada wanita, semoga membuat Anda lebih waspada dan meningkatakan taraf kesehatan jika Anda ingin berkonsultasi bisa mengklik pada chat online diatas Anda juga dapat datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi dengan doker dan spesialis dan menjaga privasi Anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan