• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Waspadai Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita

Waspadai Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

masalah keputihan

Setiap wanita pastinya pernah mengalami keputihan. Keputihan sendiri merupakan kondisi alami yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi organ intim wanita dari iritasi dan infeksi. Keputihan biasanya sering terjadi kepada ibu yang sedang hamil.

Saat seorang mengalami keputihan, vagina wanita akan mengeluarkan lendir yang diproduksi oleh kelenjar dalam vagina dan serviks sambil membawa sel-sel yang telah mati serta beberapa bakteri sehingga vagina tetap bersih dan sehat.

Para wanita pasti bertanya-tanya sebenarnya apa penyebab keputihan pada wanita? Serta bagaimana cara mencegah dan mengobatinya?

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Para wanita akan selalu bertanya mengenai penyebab keputihan? Keputihan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

Kurang memakan makanan yang berserat

Makanan yang berserat dapat berupa sayur dan buah. Jenis makanan ini sangat bagus sekali untuk dikonsumsi setiap hari sebab manfaat dan khasiatnya yang sangat banyak. siapapun dapat mengkonsumsi makanan ini tanpa ada batasan usia atau umur.

Makanan berserat juga dapat melancarkan buang air besar, mencegah terjadinya kerusakan kulit serta menjauhkan dari berbagai macam penyakit. Untuk itu seseorang yang kurang mengkonsumsi makanan yang berserat lebih beresiko terkena penyakit ini.

Kadar Gula Darah Tinggi

Jika Anda menderita penyakit gula, Anda harus berhati-hati. Sebab penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani secara cepat. Penyebab penyakit ini adalah seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Gula darah juga menjadi salah satu penyebab keputihan pada wanita.

Stress

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang pikiran anda sehingga dapat mempengaruhi tubuh Anda. Penyebab seseorang mengalami stress dapat dikarenakan beberapa hal seperti, pekerjaan, rumah tangga dan keuangan. Salah satu obat untuk mengurangi stress adalah madu yang dapat Anda temui dimanapun. Stress juga menjadi faktor penyebab seseorang mengalami keputihan.

Datangnya Haid

Keputihan datang juga dapat disebabkan oleh masa atau siklus haid yang akan datang pada seorang wanita. Haid atau menstruasi biasanya dialami oleh wanita setiap 7 hari dalam sebulan.

Hormon

Hormon yang terjadi pada usia remaja sekitar usia 12 tahun ke atas juga dapat menjadi salah satu faktor terjadinya keputihan. Pada dasarnya hormon pada setiap wanita berbeda-beda ada yang stabil dan tidak. Keputihan yang terjadi akibat hormon akan menyebabkan organ intim Anda menjadi bau.

Menggunakan Celana Ketat

Menggunakan celana ketat juga merupakan faktor pemicu terjadinya keputihan pada wanita. Pemakaian celana yang ketat akan mengakibatkan berbagai macam faktor-faktor pemicu terjadinya keputihan.

Celana dalam yang basah

Celana dalam yang basah, dimana di dalamnya banyak terdapat bakteri dan jamur merupakan salah satu faktor penyebab utama keputihan. Untuk itu jika Anda merasa bahwa celana dalam Anda basah, segeralah menggantinya dengan celana dalam yang telah kering.

Salah dalam pemakaian sabun

Apa penyebab keputihan pada wanita yang selanjutnya? Penggunaan sabun yang salah. Hal ini dikarenakan tingkat kadar ph keasaman antara sabun dengan vagina Anda tidak sesuai.

Demikianlah artikel mengenai apa penyebab keputihan pada wanita. Semoga artikel ini menjadi lebih bermanfaat untuk Anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan