• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Waspadai, Anyang-Anyangan Setelah Berhubungan Intim

Waspadai, Anyang-Anyangan Setelah Berhubungan Intim
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

Para pasangan muda yang baru saja menikah mereka akan lebih banyak melakukan hubungan seks. Mereka sudah selalu menantikan setiap malam bisa tidur bersama pasangan yang dicintainya untuk merasakan pengalaman pertama bercinta bersama orang yang kita sayang selama ini. Sejak malam pertama hingga satu bulan ke depan, mungkin anda akan lebih sering melakukan hubungan seks setiap malam. Saking intensnya melakukan hal ini, anda harus waspada karena hubungan seks yang intens akan menyebabkan anda mengalami anyang-anyangan setelah berhubungan intim.

Anyang-anyangan usai berhubungan seks, awalnya tidak pernah diketahui oleh pasangan yang masih hangat-hangatnya. Karena mereka seperti ‘lupa’ mengenai ancaman yang bisa saja terjadi pada dirinya saat mereka melakukan hubungan bersama pasangan. Anda harus dapat menghindari anyang-anyangan usai bercinta agar pertarungan anda di ranjang tidak pernah terganggu oleh apapun, termasuk anyang-anyangan

Sebenarnya Apa itu dan Penyebab Anyang-Anyangan?

Mungkin banyak dari anda yang belum begitu mengetahui apa itu anyang-anyangan. Anyang-anyangan adalah kondisi yang menyebabkan anda selalu ingin melakukan buang air kecil, meskipun frekuensi urine yang anda buang sangatlah sedikit. Selain selalu ingin buang air kecil, penderita anyang-anyangan sering mengeluhkan timbulnya rasa sakit saat buang air kecil.

Anyang-anyangan sendiri sering dikaitkan dengan infeksi saluran kencing (ISK). Penyakit ini lebih sering menyerang wanita dibandingkan oleh pria, karena wanita memiliki ukuran saluran kencing yang lebih pendek dibandingkan dengan pria. Sehingga sangat mudah menyebabkan wanita mengalami anyang-anyangan.

Anyang-Anyangan Setelah Berhubungan Intim

Anyang-anyangan setelah berhubungan intim sering sekali terjadi, untuk itu anda harus menghindarinya. Kondisi seperti ini sering disebut dengan sistitis honeymoon. Gejala anyang-anyangan yang disebabkan usai melakukan hubungan seks dengan pasangannya.

Kondisi seperti ini sering terjadi pada pasangan yang baru menikah dan pasangan yang sudah lama tidak melakukan hubungan seks. hal ini disebabkan oleh sering melakukan hubungan intim, lalu berhenti mungkin karena pasangan sedang dinas keluar kota ataupun keluar negeri dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi anyang-anyangan ini pun sering juga menyerang pasangan baru yang baru pertama kali melakukan hubungan seks.

chat

Hal tersebut bisa disebabkan oleh penetrasi penis yang cukup intens dan mungkin terlalu bersemangat sehingga menyebabkan lecet pada vagina, dan akan menjadi gejala anyang-anyangan. Kondisi ini jangan dibiarkan, tetapi anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Karena bisa berbahaya.

Selain adanya gesekan, anyang-anyangan setelah berhubungan seks bisa juga disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam vagina, karena kurang menjaga kebersihan vagina, atau penis yang tidak bersih ketika akan melakukan hubungan seks. Sehingga masuk bakteri dan menyebabkan anyang-anyangan.

Segera atasi masalah tersebut, baik dengan berkonsultasi dengan dokter atau melakukan pemeriksaan medis. Jika dibiarkan, dikhawatirkan dapat membuat bakteri naik ke ginjal, sehingga ginjal pun ikut terinfeksi.

Gejala Anyang-Anyangan

Gejala yang paling umum dari anyang-anyangan akan membuat anda merasa tidak nyaman. Sehingga dapat menganggu aktivitas harian anda, seperti:

  • Demam
  • Rasa sakit atau panas saat buang air kecil
  • Ingin selalu buang air kecil, namun air urine yang keluar sedikit
  • Jika sudah cukup parah, air urine bisa tercampur darah

Pencegahan

Anda bisa mencegah anyang-anyangan setelah berhubungan intim dengan cara membersihkan vagina sebelum melakukan hubungan seks. Meminta kepada pasangan untuk membersihkan penis terlebih dahulu untuk menghindari bakteri yang menempel, melakukan buang air kecil sebelum melakukan hubungan seks, dan usai berhubungan seks lakukan buang air kecil kembali.

Semoga tips ini dapat membantu anda terhindar anyang-anyangan usai melakukan seks dengan pasangan. Sehingga kenikmatan seks anda tidak terganggu oleh kehadiran anyang-anyangan yang dapat menyerang anda.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan