• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Waspada Lah Infeksi Saluran Kencing Pada Pria!

Waspada Lah Infeksi Saluran Kencing Pada Pria!
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Mungkin banyak yang lebih mengetahui bahwa infeksi saluran kencing banyak sekali dialami oleh para wanita. Walaupun begitu, bukan berarti hal ini tidak akan menyerang para pria. Pria juga tetap harus waspada dengan kemungkinan terjadinya infeksi saluran kencing pada pria. Terlebih pada mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun, penderita diabetes, mempunyai batu ginjal ataupun mengalami pembesaran pada kelenjar prostat, harus lebih mewaspadai kehadiran penyakit ini. Penyebab utama kondisi ini sebenarnya adalah bakteri yang menginfeksi bagian sistem kemih seseorang.

Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Gejala yang akan dialami oleh pria ketika terkena infeksi saluran kencing atau disebut juga infeksi saluran kemih tidak berbeda jauh dengan yang dialami oleh penderita wanita. Umumnya gejala yang muncul adalah terasa nyeri ketika buang air kecil, sering buang air kecil dengan urine sedikit, warna urin pekat bahkan bercampur darah, bau urin sangat menyengat, dan juga tubuh terasa lemas.

Karena gejalanya yang hampir menyerupai gejala penyakit lain, maka bisa terjadi kesalahpahaman ketika mengartikan keberadaan gejala ini sendiri. Untuk memastikannya, ada baiknya periksakan diri ke dokter agar dokter bisa memberikan diagnosa yang sesuai.

Mendiagnosis Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Walaupun banyak dari penderita infeksi saluran kencing yang dalam beberapa hari sudah membaik, namun tetap diperlukan pemeriksaan oleh dokter, terlebih bila gejala yang dialami terasa semakin memburuk.

chat

Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu, dengan menekan perut ataupun punggung apakah terasa sakit pada bagian-bagian tersebut. Namun bila diagnosis juga belum bisa dipastikan, maka pemeriksaan lain kemungkinan juga harus dilakukan seperti tes urine, tes darah dan juga tes pencitraan seperti USG, CT scan ataupun MRI.

Pengobatan Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Setelah mendapatkan diagnosis yang sesuai, maka dokter akan memberikan pengobatan dengan antibiotik, dimana bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada di sistem kemih. Gunakan antibiotik sesuai dengan anjuran dokter untuk menghindari resistensi bakteri pada antibiotik. Dokter juga kemungkinan akan memberikan obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi rasa sakit dan juga demam yang terjadi karena adanya infeksi.

Komplikasi Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Bila dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan yang tepat, maka infeksi yang terjadi pada pria ini dapat menyebabkan timbulnya komplikasi seperti infeksi berulang atau kambuhan, kerusakan ginjal, penyempitan uretra, bahkan mengancam nyawa bila infeksi sudah menyebar ke aliran darah.

Jangan menganggap kondisi ini sepele sehingga Anda tidak menanganinya segera, karena ternyata kondisi ini dapat menimbulkan konsekuensi yang lebih serius bila dibiarkan. Untuk itu, segera periksakan ke dokter bila Anda merasa ada gejala yang Anda alami. Dengan begitu dokter bisa memberikan pengobatan untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang akan terjadi karena infeksi saluran kencing ini.

Tak perlu ragu untuk menggunakan layanan chatting Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi langsung dengan staf medis kami. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan