• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Waspada Komplikasi Kutil Kemaluan Wanita

Waspada Komplikasi Kutil Kemaluan Wanita
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Kutil kemaluan atau kutil kelamin, atau yang biasa juga disebut dengan kondiloma akuminata, adalah penyakit yang banyak menyerang dan dialami oleh wanita, walaupun pria juga sebenarnya bisa mengalami penyakit menular seksual ini. Kutil kemaluan wanita bisa muncul pada vagina, rahim, leher rahim, pangkal paha dan juga anus. Kemunculan kutil pada area genital dapat membuat penderitanya merasa sakit, nyeri, dan juga gatal pada bagian yang ditumbuhi kutil atau bagian yang terinfeksi virus penyebab kutil kelamin.

Penyebab

Kutil kemaluan wanita ini bisa terjadi karena adanya infeksi human papillomavirus. Karena area kelamin adalah area yang lembab dan juga mudah basah, maka bisa menjadi tempat virus menyerang. Seseorang yang memiliki kelenjar keringat yang banyak di area vital juga sangat mudah terinfeksi virus ini. Selain itu penderita diabetes mellitus, mengalami stres dan juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, dapat meningkatkan resiko terinfeksi human papillomavirus atau HPV.

Penyebaran

Karena kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual, maka penyebarannya pun pasti akan terjadi melalui kontak seksual, seperti saat melakukan penetrasi, seks anal, menggunakan mainan seks, ataupun melakukan oral seks. Penyakit ini tidak akan bisa menular melalui pelukan, ciuman, ataupun berbagi barang-barang.

chat

Komplikasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa penyebab dari penyakit kutil kemaluan wanita adalah HPV. Virus ini juga adalah virus yang dapat menyebabkan kanker, terutama kanker serviks. Hal inilah yang membuat wanita harus menjalani serangkaian pemeriksaan yang lebih mendetail jika mengalami kutil kelamin. Karena bisa ada kemungkinan bahwa HPV penyebab kanker ikut menginfeksi tubuh wanita. Untuk mendapatkan diagnosa yang pasti, sebaiknya lakukan pemeriksaan pap smear jika sudah pernah melakukan hubungan seksual ataupun pernah terinfeksi kutil kemaluan.

Selain itu, penderita wanita yang sedang hamil juga akan mengalami komplikasi seperti kesulitan buang air kecil, dan juga vagina akan sulit untuk meregang saat persalinan karena kutil yang tumbuh di dinding vagina membuat kemampuan peregangan vagina menjadi menurun. Adapula kemungkinan dimana terjadinya pendarahan saat mengejan ataupun melakukan hubungan seksual, karena adanya kutil yang tumbuh.

Jika Anda mengalami gejala kutil kemaluan wanita seperti muncul daging berwarna kemerahan di area genital, berukuran kecil namun tumbuh berkelompok, tampak seperti jengger ayam atau kembang kol, terasa gatal, tidak nyaman dan juga sakit, itu adalah ciri-ciri kutil kelamin yang harus Anda waspadai. Kemudian segera konsultasikan keluhan Anda pada dokter, agar dokter dapat melakukan diagnosis pada kondisi yang Anda alami.

Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan biasa untuk melihat kondisi kutil yang berada di area genital Anda. Namun jika kutil belum tumbuh, ataupun berada di dalam area genital, maka dokter akan melakukan pemeriksaan yang lebih mendetail untuk memastikan diagnosis pada kondisi Anda.

Setelah itu dokter akan memberikan penanganan awal berupa obat topikal yang akan dioleskan pada area kutil. Bila pengobatan tersebut tidak menunjukkan perubahan, maka prosedur ablasi bisa dilakukan dengan menghilangkan kutil yang tumbuh di area genital. Prosedur ini juga umumnya akan disarankan untuk penderita yang merupakan ibu hamil agar pengobatan tidak membahayakan bayi yang sedang dikandung.

Anda bisa juga melakukan konsultasi pada staf medis Klinik Utama Gracia untuk menyampaikan keluhan terkait kutil kemaluan yang Anda alami. Staf medis kami akan memberikan solusi untuk permasalahan Anda. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan