• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Waspada, Inilah 4 Tahapan Gejala Sipilis Pada Pria

Waspada, Inilah 4 Tahapan Gejala Sipilis Pada Pria
Nilai Rata-rata: 8.5 / 10 (4 orang penilai )



Penyakit sipilis pada pria dan wanita merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan penyakit ini juga sering disebut sebagai penyakit raja singa oleh masyarakat sekitar dimana umumnya ditularkan melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi sipilis.

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab sipilis pada pria adalah karena adanya bakteri bernama Treponema Pallidum, bakteri ini sering menginfeksi pada bagian kulit, mulut, alat kelamin, serta bisa menginfeksi syaraf seseorang.

Selain itu jika penyakit sipilis ini terdeteksi lebih awal maka penyakit sipilis pada pria ini akan mudah disembuhkan tanpa menyebabkan kerusakan permanen, akan tetapi jika penyakit sipilis yang tidak diobati dan didiamkan terlalu lama maka akan memberikan dampak serius yang sangat mengerikan karena bisa menyebabkan kerusakan pada otak, saraf dan jantung.

Bagaimana Penyebaran Penyakit Sipilis Pada Pria dan Wanita?


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit ini ditularkan oleh bakteri Treponema Pallidum dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan penderita
sipilis.

Jika terdapat luka biasanya luka tersebut berada pada alat kelamin seperti pada Mr P, rektum, sedangkan pada wanita luka tersebut bisa berada di Miss V, rektum dan anus dan luka ini juga dapat menginfeksi pada bagian bibir dan mulut yang disebabkan oleh seks oral.

Bahkan banyak orang yang belum mengetahuinya jika penyakit ini dapat menginfeksi wanita hamil yang bisa menularkannya pada bayinya yang disebut sipilis kongenital dan ternyata membutuhkan perhatian serius dari dokter.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit sipilis tidak bisa ditularkan melalui kontak biasa, seperti berbagi tempat duduk toilet, pegangan pintu, berenang bersama, bak air panas, bak mandi, pakaian bersama dan peralatan makan, meski demikian Anda harus tetap waspada terhadap penularan penyakit ini.

Inilah Gejala Penyakit Sipilis Pada Pria Menurut Tahapan nya

- Gejala Sipilis Tahap Primer
Tahap primer maupun tahap pertama penyakit sipilis ini umumnya ditandai dengan timbulnya satu luka, tetapi mungkin juga terdapat banyak luka.

Dan biasanya durasi infeksi ini sampai muncul gejala berkisar 10 sampai 90 hari (umumya 21 hari), gejala yang timbul pertamakali seperti timbulnya jerawat, lalu dengan cepat membentuk ulserasi ataupun adanya
luka terbuka yang mungkin sulit untuk sembuh.

Luka tersebut nantinya akan terjadi ulkus yang kuat berbentuk bulat, berukuran kecil dan tidak menyakitkan. Jika berada di dalam Miss V atau anus maka perkembangan penyakit ini akan sangat cepat.

Bakteri Treponema Pallidum ini juga ternyata dapat menginfeksi tepat melalui bagian tubuh yang luka, gejala ini biasanya berlangsung tiga sampai enam minggu. Namun jika pengobatan tidak diberikan maka infeksi ini dapat berlanjut ke infeksi tahap selanjutnya yaitu sipilis tahap sekunder, dan pada tahap ini penyakit ini sangat mudah untuk ditularkan.

Baca Juga: Cara MUdah Mengobati Sipilis

- Gejala Sipilis Tahap Sekunder
Tahap sekunder sipilis biasanya ditandai dengan timbulnya ruam pada kulit dan selaput lendir, pada tahap ini biasanya dimulai dengan gejala pengembangan ruam pada satu atau lebih area tubuh, dan ruam ini biasanya menyebabkan rasa gatal.

Ruam yang berhubungan dengan sipilis sekunder biasanya muncul pada awal seseorang terinfeksi dan mungkin akan sembuh dalam beberapa minggu. Ruam khas pada sipilis sekunder dapat tampak sebagai bintik-bintik kasar, berwarna merah, atau kemerahan pada area telapak tangan dan kaki bagian bawah.

Namun ruam dengan penampilan berbeda dapat muncul pada area tubuh lain dan terkadang ruam tampak seperti ruam yang disebabkan oleh penyakit lainnya. Terkadang ruam yang terkait dengan gejala sekunder begitu samar sehingga tidak begitu diperhatikan.

Selain itu kemungkinan besar bisa menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti demam, inflamasi pada kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan merasa kelelahan.

Dan sama seperti sipilis tahap primer, pada tahap sekunder ini jika tidak segera diobati akan berlanjut ke tahap yang lebih serius yaitu tahap laten.

- Gejala Sipilis Tahap Laten
Tahukah Anda bahwa tahap sifilis laten ataupun tahapan ketiga ini biasanya dimulai saat 12 bulan pertama setelah seseorang terinfeksi sifilis?

Dan biasanya tidak adanya gejala sipilis tahap laten ataupun bisa dikatakan bahwa sipilis ini tertidur ataupun tidak aktif, akan tetapi seseorang masih sangat menular selama tahap laten ini sehingga penderita masih tetap bisa menularkannya kepada pasangan seksnya.

- Gejala Sipilis Tahap Tersier
Jika sipilis tahap laten tidak segera disembuhkan maka infeksi sipilis bisa memasuki tahap akhir yaitu tahap tersier dan pada tahap akhir sipilis akan merusak beberapa organ dalam tubuh seperti otak, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan juga persendian.

Biasanya kerusakan di dalam tubuh ini terdeteksi setelah beberapa tahun. Tanda dan gejala sipilis pada tahap akhir ini meliputi kesulitan mengkoordinasi gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan, dan dimensia (pikun).

Baca Juga: Mau Terhindari Sipilis, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Selain itu perlu Anda waspadai karena kerusakan ini cukup serius dan pada beberapa kasus penyakit ini dapat menyebabkan kematian, dan walaupun penderita telah menjalani pengobatan pada tahap ini akan tetapi kerusakan yang telah disebabkan tidak dapat dikembalikan.

Bagaimanakah Saya Tahu Jika Saya Telah Memiliki Sipilis
Jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks dan memiliki salah satu gejala sipilis seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi Anda dan pasangan kepada

Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik terbaik yang bisa membantu Anda mengatasi penyakit kelamin.
Biasanya dokter akan melakukan beberapa tes ataupun pemeriksaan kepada pasien seperti tes darah untuk menentukan apakah seseorang terkena sipilis. Karena setelah seseorang terinfeksi biasanya tubuh akan menciptakan antibodi terhadap sipilis dapat dilihat dengan tes darah yang mudah dan aman.

Selain itu tingkat antibodi yang rendah akan tetap bertahan di dalam tubuh selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun bahkan setelah penyakit ini diobati.

Bagaimanakah Sipilis Pada Pria dan Wanita Diobati?



Sipilis pada tahap primer mungkin mudah untuk disembuhkan, karena proses penyembuhan biasanya dengan menggunakan terapi tertentu dari resep dokter kurang dari satu tahun.

Dosis mungkin akan ditingkatkan pada penderita yang mengalami sipilis lebih dari satu tahun dan pengobatan akan membunuh bakteri sipilis dan akan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Namun, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa pengobatan tidak akan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi dan tidak ada pengobatan di rumah atau obat sipilis yang dijual bebas di pasaran yang bisa menyembuhkan pasien, maka dari itu segara lakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat melakukan proses pengobatan dengan cepat.

Jika Anda mengalami gejala penyakit sipilis pada pria dan wanita seperti di atas dan ingin mengatasi hal tersebut maka ada baiknya untuk datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang paling tepat.

Karena Klinik Utama Gracia menawarkan pelayanan medis dengan pelayanan terbaik dengan menggunakan peralatan medis yang canggih dan modern serta didukung oleh Dokter yang professional dan telah berpengalaman dan Anda juga bisa memanfaatkan fitur chat online di atas.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan