• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Waspada Gejala Penyakit Kelamin Pria Saat Ini

Waspada Gejala Penyakit Kelamin Pria Saat Ini
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )



Gejala penyakit kelamin pria memiliki beberapa macamnya, dan mungkin Anda akan lebih menyadari gejalanya berdasarkan jenis penyakit kelamin apa yang menginfeksi tubuh. Dalam kondisi tertentu terkadang Anda juga mungkin akan lebih disarankan untuk melakukan beberapa pengecekan dan uji laboratorium guna memastikan kondisinya.

Apa yang membuat sebuah kondisi menjadi pemicu adanya infeksi disebut juga dengan penyebab, dan penyebab dari penyakit kelamin juga memiliki beberapa jenis dan macamnya. Dan hal ini juga akan mempengaruhi munculnya sebuah gejala penyakit kelamin pria maupun wanita. Apa saja penyebab dan gejala penyakit kelamin pria yang bisa diindentifikasi?

Gonore Atau Kencing Nanah

Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakti kelamin yang sering diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae. Gejala penyakit kelamin pria ini mungkin akan lebih terasa ketika Anda merasakan sebuah kondisi yang mana pada area lubang saluran uretra Anda mulai mengeluarkan sebuah sekresi atau kotoran dengan warna kuning kehijauan yang seperti nanah.

Namun Anda juga mungkin akan memiliki kondisi lain yang hampir sama dengan penyakit gonore ini. Yaitu infeksi klamidia, yang mana biasanya gejala penyakit kelamin pria ini akan memiliki sekresi atau kotoran lebih sedikit dan masih dalam warna putih keruh atau seperti air kelapa. Hal ini akan terlihat samar dan memiliki gejala lain yang hampir sama dengan gonore atau kencing nanah yang disertai dengan gejala-gejala pada sistem saluran kemih Anda.

Kutil Kelamin

seorang pria akan mudah mengalami sebuah infeksi dari penyakit kelamin dikarenakan mereka akan lebih memiliki tingkat kontak seksual yang lebih berisiko jika dibandingkan dengan seorang wanita. gejala penyakit kelamin pria dengan diagnosis kutil kelamin biasanya akan memiliki kondisi gejala seperti:

o Munculnya kutil atau daging yang menonjol pada permukaan kulit diarea sekitar alat kelamin

o Tidak menimbulkan rasa sakit atau mungkin juga bisa tidak terlihat

o Memiliki bentuk seperti jengger ayam atau kembang kol

o Biasanya akan ditemukan tumbuh secara satuan

Seorang pria atau wanita yang mendapatkan infeksi kutil kelamin tentu diharuskan untuk mendapatkan sebuah penanganan dan perawatan yang lebih, mengingat bahwa penyebab dari infeksi penyakti kutilk kelamin ini adalah human papilloma virus (HPV). Jadi Anda mungkin akan mendapatkan keluhan kutil yang berulang atau kambuh meskipun sudah dilakukan pengobatan.

Herpes Genital

Herpes genital adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya gejala sebuah benjolan yang bisa pecah dan berisi cairan. Penyebab dan gejala penyakit kelamin pria ini dapat digolongkan menjadi 2 berdasarkan jenis atau strain dan juga tempat munculnya keluhan, yaitu herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) atau herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2). Virus akan mulai masuk kedalam tubuh Anda melalui kontak kulit ke kulit yang dilakukan secara langsung.

Meskipun HSV-2 lebih cenderung menjadi penyebab adanya keluhan herpes genital, namun HSV-1 juga bisa menimbulkan adanya sebuah infeksi yang berpindah ketika seseorang melakukan kontak seksual secara langsung atau tidak langsung. Jika Anda mendapatkan beberapa kondisi yang misalnya seperti dibawah maka ini termasuk dalam gejala penyakit kelamin pada pria

o Muncul bentolan disekitar area alat kelamin yang berisi air dan bisa pecah ketika tersentuh atau tergaruk

o Menimbulkan rasa sakit arau nyeri pada area lingkungan yang terinfeksi

o Biasanya akan ditemukan dalam bentuk gerombombol

o Ketika gelembung pecah, Anda mungkin akan mendapatkan sebuah luka atau keropeng

Baca Juga: Ini Cara Mencegah Penyakit Kelamin Terbaik

chat

Sipilis Atau Raja Singa

Sipilis atau raja singa sering disalah artikan oleh sebagian besar orang menjadi sebuah penyakit kelamin gonore atau kencing nanah. Bakteri treponema pallidum adalah penyebab adanya gejala penyakit kelamin pria dan wanita ini, setiap orang dari segala usia yang memang secara aktif dalam melakukan kontak seksual dapat berkesempatan untuk mendapatkan infeksi penyakit ini nantinya.

Penyakit kelamin ini sendiri memiliki beberapa tahapan dan akan memiliki gejala yang berbeda pula disetiap tahapannya. Sipilis akan sangat berbahaya bahkan bisa mematikan jika seseorang terlambat untuk mendapatkan penanganannya, dimana waktu atau lamanya infeksi dari bakteri penyebab penyakit raja singa ini sangatlah berpengaruh dan menjadi faktor penting.

Tanda dan gejala penyakit kelamin pria dengan sipilis secara umum diantaranya adalah:

o Luka (chancre) di area kelamin yang tidak terasa sakit dan keras

o Ruam merah kecoklatan pada area telapak tangan dan kaki atau seluruh bagian tubuh tetapi tidak menimbulkan rasa gatal

o Seringnya mengalami gangguan pada sistem saraf atau juga penurunan kemampuan otak

o Gejala seperti mirip flu yang berlangsung dalam jangka panjang

HIV (Human Imunodeficiency Virus)

HIV adalah sebuah virus yang menjadikan seseorang mengalami infeksi dalam sistem kekebalan tubuhnya. Jenis penyakit ini termasuk dalam salah satu penyakit kelamin berbahaya, karena irus ditransmisikan ketika seseorang melakukan kontak seksual vaginal, anal, dan juga oral. Seorang pria yang mendapatkan sebuah infeksi penyakit ini mungkin akan lebih dicirikan dengan beberapa gejala seperti:

o Demam seperti terkena flu

o Sakit kepala

o Pembengkakan kelenjar getah bening

o Kelelahan yang abnormal

o Kehilangan berat badan atau nafsu makan

Ketika virus terus berkembang dan mulai menghancurkan sel-sel kekebalan tubuh, Anda mungkin akan mengalami gejala yang berat dan dapat bertahan hingga jangka waktu lama. Sehingga banyak ornag yang mungkin tidak dapat menyadari kondisi ini khususnya gejala penyakit kelamin pada pria. Karena seorang pria memiliki peran untuk mentransmisikan sebuah penyakit kelamin secara lebih jika dibandingkan pada wanita.

Konsultasikan Pada Klinik Utama Gracia

Kenapa Anda harus mendatangi Klinik Utama Gracia? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk setiap penyakit kelamin akan memiliki jenis, gejala, serta juga penyebab yang berbeda-beda. Sehingga jika Anda merasa atau mencurigai adanya sebuah gejala atau keluhan tentunya yang Anda butuhkan adalah sebuah konsultasi dan pemeriksaan yang tepat.

Klinik kami hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan secara khusus untuk mengatasi setiap gejala penyakit kelamin pria dan wanita. Anda dan pasangan tidak perlu merasa khawatir atau takut untuk melakukan pemeriksaan, karena pemeriksaan yang dilakukan secara bersama akan lebih menentukan kondisi jelas antara keduanya dan menghindari adanya efek timbal balik infeksi secara terus menerus.

Dengan sistem satu pasien satu dokter, tentu Anda akan lebih ditangani secara khusus dan intensif oleh dokter profesional kami secara tepat. Konsultasi dan reservasikan jadwal pemeriksaan Anda sekarang melalui telepon di nomor 081336361555 untuk informasi lebih lanjut dengan tenaga medis kami.

Baca Juga: Kenali Penyebab Dan Cara Penyakit Kelamin Menular

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan