• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Waspada Ciri Ciri Impoten Pada Pria!

Waspada Ciri Ciri Impoten Pada Pria!
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )


Salah satu permasalahan seksual pria yang paling umum terjadi adalah impotensi. Impotensi atau impoten atau disfungsi ereksi merupakan kondisi dimana pria tidak bisa memulai dan mempertahankan ereksi. Impoten ini berbeda maknanya dengan kemandulan atau infertilitas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab dan juga ciri ciri impoten pada pria.

Penyebab Impoten

Gangguan yang biasanya dialami oleh pria yang usianya di atas 40 tahun ini bisa disebabkan karena faktor-faktor tertentu. Seperti misalnya gangguan emosi, gangguan fisik, gaya hidup yang tidak baik, konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang, obesitas, gangguan endokrin, dan juga penyakit-penyakit tertentu misalnya diabetes, gangguan syaraf dan juga penyakit jantung.

Jenis Impoten

Impotensi atau impoten atau disfungsi ereksi dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

1. Disfungsi ereksi organik. Jenis ini dibagi lagi menjadi dua yaitu vaskuler dan neurogenik.

2. Disfungsi ereksi psikogenik. Penyebabnya adalah kondisi psikologis pria, dan bisa terjadi mendadak.

3. Disfungsi ereksi traumatik. Biasanya disebabkan karena cedera atau traumatik, seperti ketika setelah melakukan operasi prostatektomi radikal, sistektomi radikal, reseksi abdominal perineal, prostatektomi retropubik dan juga operasi yang lainnya.

4. Disfungsi ereksi farmakologis. Penyebabnya adalah obat-obatan tertentu seperti obat hipertensi yang bisa mempengaruhi sistem saraf pusat.

chat

Ciri Ciri Impoten

Pria yang mengalami impotensi, akan menyebabkan ciri ciri impoten berikut ini, yaitu akan sulit memulai ereksi jika akan melakukan penetrasi, sulit mempertahankan ereksi ketika berhubungan seksual, gairah seksual atau libido menjadi menurun, dan juga kehilangan ereksi pagi yang biasanya akan dialami pria normal.

Diagnosa Impoten

Untuk mengetahui penyebabnya, maka diperlukan pemeriksaan yang akan dilakukan dengan langkah-langkah berikut, yaitu pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah untuk memeriksa kemungkinan penyakit di tubuh, pemeriksaan hormon, tes urin untuk memeriksa kadar gula darah, USG untuk memeriksa kondisi pembuluh darah di area penis dan sekitarnya, dan juga pemeriksaan psikologis jika dirasa penyebabnya berasal dari faktor psikologis.

Mengatasi Impoten

Kondisi permasalahan seksual pria ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari merokok, menurunkan berat badan agar tidak berlebih, olahraga rutin, dan juga menghindari stres.

Sedangkan mengobati impoten akan dilakukan tergantung penyebab yang mendasari kondisi tersebut. Jika penyebabnya adalah masalah psikologis, maka dokter akan menyarankan pengobatan dengan psikiater atau psikolog. Tetapi jika disebabkan adanya penyakit tertentu, maka perlu dilakukan pengobatan untuk mengatasi penyakit-penyakit tersebut.

Selain itu dokter kemungkinan juga akan memberikan obat yang bisa meningkatkan aliran darah menuju penis, agar penis mampu untuk memulai dan juga bertahan ketika ereksi.

Efek Buruk Impoten

Banyak pria merasa malu dan ragu untuk memeriksakan kondisi seksual yang mereka alami. Padahal impoten bisa menimbulkan efek buruk jika tidak segera diatasi, yaitu terjadinya kecemasan yang berlebih yang akan membuat pria menjadi minder dan sulit menemukan pasangan, permasalahan rumah tangga karena ketidakpuasan pasangan, rendahnya kemampuan membuat pasangan bisa hamil, dan juga bisa menjadi penyebab stres sehingga menurunkan produktivitas.

Itulah beberapa hal tentang impoten yang harus diketahui. Jika Anda mengalami ciri ciri impoten, sebaiknya segera periksakan diri untuk mendapatkan diagnosa mengenai penyebab dari kondisi tersebut. Lebih dini ditemukan penyebabnya, maka penanganan juga bisa segera dilakukan, sehingga permasalahan seksual tersebut tidak akan mengganggu keharmonisan Anda dengan pasangan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan