• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Wanita Dengan Keluhan Keputihan Berdarah

Wanita Dengan Keluhan Keputihan Berdarah
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Keputihan berdarah atau keputihan bercampur darah mungkin akan terdengar asing bagi sebagian wanita, namun tahukah Anda jika keputihan berdarah termasuk dalam kondisi yang berbahaya? Saat ini banyak wanita yang tidak terlalu memperdulikan keluhan keputihannya dan lebih menganggap bahwa keputihan adalah kondisi yang normal terjadi.

Akan tetapi, tahukan Anda perbedaan antara keputihan yang normal dan keputihan yang tidak normal? Sebagian besar wanita tidak akan menyadari kondisinya ketika mengalami keputihan yang tidak normal dan akan cenderung mengetahuinya ketika sudah dalam jangka waktu yang lama. Padahal keluhan keputihan yang dialami oleh seorang wanita tidaklah seharusnya dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa adanya pengobatan yang dilakukan.

Memperhatikan kondisi dan juga kesehatan organ reproduksi bagi seorang wanita adalah sebuah kewajiban yang penting untuk dilakukan. Dan jika Anda mendapati keputihan berdarah atau mungkin beberapa noda darah di celana tetapi tidak dalam masa menstruasi maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan atau pengecekan lebih lanjut untuk tau kondisi Anda secara pasti.

Penyebab Adanya Keputihan Berdarah

Apa saja kondisi yang bisa mempengaruhi seseorang mengalami keputihan berdarah dan menjadi penyebabnya? Apa yang bisa menjadi penyebab adanya keluhan keputihan berdarah tentu akan ditangani dengan adanya pemeriksaan dan juga perawatan yang tepat untuk semua kondisi Anda. Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin akan mendapatkan penyebab keputihan tersebut misalnya seperti:

o Infeksi

Infeksi pada mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, bahkan organisme lainnya adalah penyebab keluhan keputihan yang paling sering dan umum didiagnosis untuk keluhan keputihan.

o Kondisi medis

Sesorang dengan kondisi medis tertentu akan lebih berpotensi untuk mendapatkan keluhan keputihan yang abnormal atau juga adanya keluhan keputihan berdarah. Dalam kondisi ini seorang wanita mungkin akan mendapatkan keluhan misalnya seperti kanker serviks, maupun kondisi kronis lainnya.

o Gangguan siklus hormonal

Seorang wanita yang sudah melewati atau akan masuk pada periode menopause, yaitu masa dimana kondisi siklus hormonal seorang wanita sedang tidak dalam kondisi yang stabil dan akan lebih mudah untuk membawa keluhan-keluhan ginekologi lainnya.

Beberapa kondisi tersebut tentu akan sangat mudah untuk terjadi pada setiap aspek kehidupan dari seorang wanita. Karena sebagain besar seluruh wanita akan mengalami dan juga berpotensi untuk mendapatkan segala jenis bentuk kondisi-kondisi tersebut. Sehingga Anda juga diharuskan untuk melakukan beberapa tindakan lebih lanjut untuk menghindari adanya kondisi yang berbahaya dan fatal.

Baca Juga: Akibat Dari Keputihan Yang Dialami Wanita
 

chat

Gejala Dan Indikasi Pada Keluhan Keputihan Berdarah

Gejala Keputihan abnormal dengan warna yang kecoklatan atau kemerahan seperti darah dan dirasakan saat sedang tidak dalam masa menstruasi tentu itu termasuk dalam kondisi keluhan keputihan yang tidak seperti biasanya. Dimana seseorang mungkin akan lebih merasa bahwa dirinya sedang dalam masa menstruasi namun tidak dalam jangka waktu yang lebih teratur.

Bagaimana cara mendiagnosis keluhan keputihan? Dengan melihat gejala dan tanda apa yang dialami oleh seorang wanita, maka Anda juga dapat menyimpulkan apa yang nantinya menjadi sebuah kondisi yang serius untuk kesehatan seksual Anda serta dapat juga berlangsung dalam jangka yang lebih lama. Berikut adalah beberapa gejala-gejala yang muncul ketika Anda memiliki keluhan yang mengarah pada keputihan berdarah:

o Pengeluaran keputihan atau kotoran yang berdarah atau seperti bercampur bercak darah

o Nyeri pada area perut bagian bawah dan juga pinggang

o Sakit saat sebelum atau sesudah melakukan hubungan seksual

o Jangka waktu keluhan yang berlangsung lama dan atau lebih sering

o Disertai dengan adanya bau, kemerahan, iritasi, atau gatal pada area vagina

o Masa menstruasi yang lebih menyakitkan

Gejala-gejala tersebut dapat muncul pada setiap wanita, oleh karena itu Anda juga harus bisa membedakan mana yang termasuk dalam kondisi pada masa menstruasi dan mana yang termasuk dalam keluhan keputihan dengan kondisi yang bercampur darah atau disertai bercak darah didalamnya.

Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin akan menghasilkan keluhan-keluhannya yang berbeda dan tidak dapat diperkirakan untuk mendapatkan pengobatan yang sama satu sama lainnya. akan sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan dan beberapa pengecekan secara berkala ketika seorang wanita sudah aktif secara seksual.

Hal ini disarankan karena adanya beberapa alasan dan kondisi yang dapat muncul sebagai bentuk lain dari keluhan keputihan berdarah yang Anda rasakan. Indikasi dari keluhan keputihan berdarah yang dialami oleh seorang wanita diantaranya dapat mengarah pada beberapa penyakti seperti berikut yaitu:

o Kanker serviks

Secara umum, gejala yang ditimbulkan oleh kanker serviks mungkin akan sangat lambat dirasakan dan bahkan akan cenderung untuk lebih samar. Dan hal inilah yang menyebabkan keluhan tersebut akan lebih sulit untuk diidentifikasi pada tahap awalnya.

o Polip serviks

Hampir sama dengan kondisi kanker serviks, namun polip serviks mungkin akan lebih mudah untuk diatasi dan ditangani untuk gejala awalnya. Gejala yang hampir sama, dimana seorang wanita dapat memiliki keluhan keputihan berdarah yang dialami diluar siklus menstruasinya.

o Endometriosis

Endometrisos adalah sebuah peradangan atau penyakit ginekologi pada seorang wanita dengan gejala yang mungkin akan sangat menyakitkan ketika sedang dalam masa menstruasi, bahkan Anda juga mungkin akan mendapati bercak darah pada area vagina atau celana Anda.

o Kehamilan ektopik

Adalah kehamilan atau perkembangan janin dengan proses tidak sempurna pada tuba fallopi yang dapat menyebabkan pendarahan atau bercak darah yang keluar pada vagina Anda. kondisi ini mungkin tidak dapat Anda sadari sehingga banyak yang beranggapan keluhannya adalah keputihan atau bahkan dianggap menstruasi.

Kapan Anda Harus Melakukan Pengobatan?

Gejala yang sudah dirasakan dalam jangka panjang, keluhan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Serta jika gejalanya sudah dirasakan menyakitkan atau hingga menganggu aktifitas keseharian, maka saat itulah Anda harus melakukan pengobatan atau pemeriksaan untuk mengetahui secara pasti kondisi keluhan yang Anda alami tersebut.

Keluhan keputihan yang normal biasanya akan muncul satu minggu sebelum atau sesudah masa menstruasi, dan jika Anda menganggap keluhan tersebut sebagai bagian dari siklus menstruasi maka umumnya Anda hanya mendapatkan rentang waktu 21 sampai 35 hari dari periode awal datangnya menstruasi tersebut hingga periode awal berikutnya.

Waspada terhadap segala keluhan ginekologi bagi seorang wanita adalah penting untuk dirinya dan juga kesehatan organ reproduksinya, dimana seorang wanita yang mendapatkan masalah atau gangguan pada area reproduksi khsusunya bagian dalam tentu akan lebih berisiko dan juga sangat berbahaya bagi kesehatan atau kelangsungan hidupnya.

Tunggu apalagi? Segera konsultasikan keluhan keputihan Anda di Klinik Utama Gracia, untuk memudahkan Anda silahkan klik layanan chat konsultasi kami atau hubungi dokter kami dinomor 081336361555

Baca Juga: Akibat Keputihan Berlebihan Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan