• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Wajib Tau! Penyebab ISK Dan Gejala ISK Ini

Wajib Tau! Penyebab ISK Dan Gejala ISK Ini
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )

Infeksi saluran kencing atau ISK merupakan kondisi yang disebabkan karena adanya infeksi pada area sistem kemih. Penyebab ISK yang utama adalah karena bakteri, baik itu bakteri yang berasal dari anus, ataupun bakteri penyebab penyakit menular seksual. Selain itu, ada beberapa penyebab ISK lainnya yang dapat memicu terjadinya infeksi ini, beserta dengan gejala ISK yang akan terjadi.

Penyakit ISK ini paling sering terjadi pada wanita, namun para pria juga bisa saja mengalami kondisi ini. ISK seringkali diremehkan, karena di beberapa kasus, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun sebenarnya, ISK bisa menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal karena bakteri yang menyebar dan naik ke ginjal. Hal ini tentunya akan berbahaya. Untuk itu, ketahui penyebab ISK dan juga gejala ISK berikut ini.

Penyebab ISK

1. Bakteri

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika bakteri merupakan penyebab utama dari terjadinya infeksi pada sistem kemih ini. Bakteri yang dapat menyebabkan ISK adalah bakteri E.coli yang berasal dari saluran cerna, bakteri gonococcus yang merupakan penyebab gonore, dan juga bakteri Chlamidia trachomatis yang merupakan penyebab klamidia, dimana gonore dan klamidia merupakan penyakit menular seksual.

Pada wanita, infeksi bakteri ini sangat mudah terjadi karena wanita memiliki jarak yang pendek antara saluran uretra dan juga anus sehingga bakteri dari anus sangat mudah berpindah ke saluran kemih.

2. Kebersihan Kelamin Yang Tidak Dijaga Dengan Benar

Area kelamin adalah area sensitif yang harus mendapatkan perhatian lebih saat membersihkannya, terutama bagi wanita. Cara membersihkan alat kelamin yang salah malah dapat memicu bakteri untuk berkembang biak semakin banyak. Untuk itu, wanita harus membersihkan area kelamin dengan dari arah depan ke belakang. Anda juga disarankan tidak terlalu sering menggunakan sabun berpewangi ataupun pembersih yang cenderung akan merusak ekosistem alami di vagina, yang akan menyebabkan bakteri jahat dapat mudah berkembang biak.

chat

3. Tidak Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seksual

Anda disarankan untuk membuang air kecil setelah melakukan hubungan seksual, terutama pada wanita. Ketika berhubungan, maka bakteri dapat masuk ke vagina, dan menyebabkan infeksi. Bila Anda membuang air kecil setelah berhubungan, maka bakteri yang masuk tersebut bisa ikut dikeluarkan bersama dengan urin.

4. Kurang Konsumsi Air Putih

Ketika konsumsi air putih sedikit, maka ginjal kehilangan cairan untuk berfungsi dengan baik. Sehingga membuat Anda menjadi jarang untuk buang air kecil. Kurangnya cairan pada ginjal akan memicu bakteri untuk tumbuh, dan akhirnya terjadi infeksi saluran kencing.

Gejala ISK

1. Buang Air Kecil Lebih Sering

Penderita ISK umumnya akan merasakan seringnya buang air kecil, terlebih saat malam hari. Namun umumnya urin yang akan dikeluarkan hanya sedikit. Dan tentunya hal ini sangat mengganggu keseharian.

2. Sakit Buang Air Kecil

Gejala ISK lainnya yang akan muncul yaitu munculnya rasa sakit dan sensasi seperti terbakar saat buang air kecil. Hal ini disebabkan karena ada bagian dari sistem kemih yang mengalami peradangan.

3. Urine Berbau Menyengat Dan Berwarna Pekat

Adanya bakteri pada saluran kencing akan membuat bau urine yang dikeluarkan menjadi berbau menyengat. Sedangkan perubahan warna menjadi lebih pekat pada urine terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang mencoba untuk melawan infeksi yang terjadi, sehingga bisa terjadi darah yang ikut keluar bersama urine.

Setelah mengetahui penyebab dan juga gejala infeksi saluran kencing di atas, maka segera waspadai atau juga cegah keberadaan penyakit ini. Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan