• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Wajib Tau! Ciri Ciri Keputihan Normal Dan Abnormal

Wajib Tau! Ciri Ciri Keputihan Normal Dan Abnormal
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Keputihan adalah suatu hal yang umumnya wajar untuk dialami wanita. Namun keputihan bisa terjadi secara normal ataupun abnormal. Keputihan normal disebut juga dengan keputihan fisiologis, sedangkan keputihan abnormal disebut keputihan patologis. Ciri ciri keputihan normal dan abnormal pun berbeda, dan harus dipahami oleh setiap wanita. Hal ini diperlukan agar para wanita dapat membedakan, apakah keputihan yang dialaminya adalah normal atau abnormal.

Ciri Ciri Keputihan Normal

Keputihan merupakan suatu cairan yang keluar dari vagina wanita. Cairan tersebut berasal dari kelenjar pada dinding vagina dan leher rahim yang dikeluarkan untuk menjaga kebersihan vagina. Jadi sebenarnya, keputihan normal merupakan sistem vagina untuk membersihkan dirinya.

Ciri ciri keputihan normal bisa terlihat dari warnanya yang bening atau putih susu, tidak memiliki bau, konsistensinya tebal dan juga lengket menjelang haid, serta akan terasa basah dan licin menjelang masa ovulasi. Jumlah keputihan akan cenderung meningkat pada saat-saat tertentu, seperti sedang berolahraga, gairah seksual meningkat, menjelang masa menstruasi, menjelang masa ovulasi, konsumsi pil KB, dan juga saat Anda merasa stres.

Jika Anda mengalami ciri-ciri di atas, maka tidak perlu mengkhawatirkan kemunculannya. Hal tersebut terbilang normal atau wajar, dan bukanlah tanda adanya gangguan pada organ reproduksi Anda.

chat

Ciri Ciri Keputihan Abnormal

Berbeda dengan sebelumnya, keputihan abnormal ini merupakan tanda jika ada suatu gangguan. Keputihan abnormal ini bisa terjadi karena infeksi penyakit menular seksual, penyakit radang panggul, infeksi bakteri, infeksi jamur, penggunaan obat tertentu, bahkan menjadi tanda kanker serviks.

Untuk itulah diperlukan pemahaman akan ciri-ciri keputihan abnormal, agar wanita bisa lebih waspada terhadap kondisi tertentu yang dialami tubuh terutama organ reproduksinya. Ada beberapa ciri-ciri dari keputihan abnormal yaitu:

1. Warna

Warna keputihan abnormal umumnya akan kekuningan, kehijauan, ataupun abu-abu, yang bisa menjadi tanda kondisi tertentu. Pada infeksi bakteri, biasanya warna keputihan akan kekuningan, ataupun abu-abu. Keputihan juga bisa berwarna kehijauan bila terjadi penyakit menular seksual trikomoniasis. Sedangkan keputihan berwarna putih seperti susu bisa mengindikasikan infeksi jamur.

2. Aroma

Seharusnya keputihan tidak mengeluarkan aroma yang cenderung tidak sedap. Namun bila ini terjadi bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami keputihan abnormal. Keputihan abnormal bisa mengeluarkan aroma seperti bau amis ataupun berbau busuk yang tentunya merupakan tanda adanya masalah pada organ reproduksi Anda.

3. Gejala Penyerta

Keputihan abnormal bukan hanya bisa dilihat dari warna ataupun aroma yang dimilikinya, namun juga dari gejala lain yang menyertainya. Misalnya seperti keputihan yang berbuih, bisa menjadi tanda trikomoniasis. Keputihan yang disertai gatal bisa menjadi tanda infeksi jamur ataupun bakteri. Dan keputihan disertai pendarahan bisa karena infeksi gonore ataupun klamidia yang keduanya merupakan penyakit menular seksual.

Itulah ciri ciri keputihan normal dan abnormal yang harus diketahui dan dipahami setiap wanita. Hal ini penting untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya gangguan pada organ reproduksi Anda. Dengan mengetahui kondisi tersebut secara dini, maka penanganan akan mudah dilakukan, dan dapat mudah disembuhkan.

Bila ciri-ciri keputihan abnormal di atas sering atau pernah Anda alami, akan lebih baik bila Anda melakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat untuk permasalahan Anda tersebut. Bila diperlukan, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai keputihan pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online yang tersedia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan