• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Variasi Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Variasi Pengobatan Infeksi Saluran Kemih
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )

pengobatan infeksi saluran kemih

Tahukah Anda bahwa infeksi saluran kemih ternyata disebabkan oleh masuknya bakteri yang bernama Escherichia coli atau yang biasa dikenal sebagai bakteri E coli yang biasanya ditemukan pada saluran pencernaan.

Tentu saja berkembangnya bakteri ini dapat merugikan di dalam saluran kencing karena bakteri saluran pencernaan ini bisa menimbulkan peradangan, mengeluarkan toksin atau racun yang mengiritasi saluran kencing sehingga biasanya seseorang akan mengalami rasa sakit ketika sedang buang air kecil.

Perlu Anda ketahui juga bahwa infeksi saluran kemih (ISK) lebih sering menyerang pada kaum wanita dibandingkan kaum pria, karena pada memiliki uretra lebih pendek dari seorang pria yang bisa memperpendek jarak bakteri sehingga harus melakukan perjalanan singkat untuk mencapai kandung kemih.

Apa Sajakah Gejala Infeksi Saluran Kemih?

  • Perasaan terbakar ketika buang air kecil
  • Lebih sering buang air kecil dibanding biasanya terutama ketika malam hari.
  • Merasakan nyeri atau tekanan pada punggung atau perut bagian bawah.
  • Air seni biasanya akan mengeluarkan bau, berdarah dan berwarna keruh.
  • Merasa lelah atau gemetar.
  • Merasa demam atau kedinginan (tanda infeksi mungkin telah mencapai ginjal.

Dan jika Anda sudah merasakan beberapa gejala diatas maka Anda diwajibkan untuk segera memeriksakan kepada medis karena bisa saja mengakibatkan situasi berbahaya lainnya.

Bagaimana Cara Pengobatan Infeksi Saluran Kemih?

Biasanya jika Anda curiga Anda memiliki infeksi saluran kemih maka Anda bisa mengunjungi dokter dan Anda akan diminta untuk memberikan sampel urin, yang akan diuji untuk kehadiran bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Menggunakan Antibiotik

Pengobatan infeksi saluran kemih pertama adalah dengan menggunakan antibiotik karena sangat berguna untuk membunuh bakteri.

Antibiotik merupakan pengobatan lini pertama untuk infeksi saluran kemih dan antibiotik ini diresepkan dari dokter. Pada umumnya seberapa lama Anda mengkonsumsi antibiotik ini tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan jenis bakteri yang ditemukan dalam air seni Anda.

Klik chat

Obat Infeksi saluran kencing sederhana yang biasa direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Trimethoprim
  • Fosfomycin
  • Doxycycline
  • Ciprofloxacin
  • Levofloxacin
  • Nitrofurantoin
  • Ceftriaxone
  • Azithromycin
  • Cephalexin

obat iskDokter mungkin juga akan meresepkan obat nyeri (analgesik) untuk kandung kemih Anda dan uretra untuk meringankan rasa terbakar saat buang air kecil, tapi rasa sakit biasanya akan berkurang setelah mengkonsumsi antibiotik. Salah satu efek samping yang umum dari analgesik adalah saluran kemih akan berubah warna menjadi oranye atau merah.

Meminum Banyak Cairan

Pengobatan infeksi saluran kemih yang kedua adalah dengan cara alami yaitu dengan meminum banyak cairan terutama air putih karena dengan meminum banyak air bisa membantu menyiram bakteri dari sistem pencernaan Anda.

Dan perlu Anda ingat juga bahwa selama Anda mengalami infeksi saluran kemih maka kurangi lah minuman berkafein karena minuman tersebut akan memperparah infeksi saluran kencing Anda.

Mengkonsumsi Sumber Vitamin C

Pengobatan infeksi saluran kemih selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi sumber vitamin C yang biasanya banyak terdapat pada buah-buahan segar seperti jeruk, tomat maupun pada buah lainnya.

Karena dipercayai mengkonsumsi vitamin C akan membuat urin Anda lebih asam sehingga bisa mengurangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kencing.

Itulah tadi berbagai macam pengobatan untuk infeksi saluran kemih dan misalkan Anda sudah mencoba cara tersebut namun masih belum sembuh juga maka ada baiknya Anda segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan