• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Vaksin! Lakukan Sebelum Efek Kutil Kelamin Muncul

Vaksin! Lakukan Sebelum Efek Kutil Kelamin Muncul
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )



Komplikasi atau efek kutil kelamin pada seseorang memang biasanya akan muncul pada jangka waktu yang lama, karena didasari oleh pertumbuhan virus yang bergantung pada sistem kekebalan tubuh orang tersebut. Kebanyakan orang dengan infeksi HPV (human papilloma virus) tidak akan mengembangkan kutil yang terlihat dan virus secara sementara akan hilang atau bersifat non-aktif. Ini akan berarti Anda mungkin tidak tahu apakah Anda atau pasangan masih mengembangkan virus tersebut atau tidak.

Gejala Yang Ditunjukan Pada Infeksi HPV

o Anda mungkin melihat pertumbuhan kecil, berdaging, benjolan atau perubahan kulit yang mungkin muncul di mana saja di atau di area genital atau anal.

o Seringkali mereka sangat kecil, atau sangat sulit dilihat, sehingga Anda tidak tahu Anda memilikinya.

o Mereka bisa benjolan kecil rata atau halus atau cukup besar, benjolan seperti kembang kol.

o Kutil dapat muncul sendiri atau dalam kelompok.

o Kutil kelamin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit tetapi kadang-kadang gatal dan menyebabkan beberapa peradangan.

o Mereka dapat menyebabkan pendarahan dari anus atau uretra.

o Jika aliran urin Anda terdistorsi, ini mungkin merupakan tanda kutil di uretra.

Pada dasarnya seseorang mungkin akan memiliki masalah kesehatan serius jika kondisinya terus berjalan atau tanpa ada penanganan yang tepat guna mencegah kondisi lebih buruk untuk area genitalnya. Pastikan bahwa Anda tidak melakukan kontak seksual berisiko atau tidak aman untuk menghindari adanya risiko terburuk bagi tubuh dan organ reproduksi Anda.

Baca Juga: HPV, Penyebab Utama Kutil Kelamin Apakah Berbahaya?

chat

Pengaruh HIV Sebagai Efek Kutil Kelamin

Memiliki penyakit menular seksual (PMS) seperti kutil kelamin dapat meningkatkan risiko terkena  HIV. Begitu sebaliknya jika Anda hidup dengan HIV maka Anda juga berpotensi untuk memiliki kutil kelamin karena sistem kekebalan yang lebih lemah. Virus yang telah menginfeksi seseorang memang akan lebih sulit untuk disembuhan atau dihilangkan seluruhnya dari dalam tubuh. Sehingga Anda mungkin akan memiliki kondisi yang cukup serius atau menyebabkan efek kutil kelamin serius dan membutuhkan penanganan secara intensif. Penting untuk mendiskusikan dengan profesional kesehatan Anda bagaimana pengobatan untuk kutil kelamin dapat berinteraksi dengan obat HIV (jika Anda positif HIV).

Peran Vaksin HPV Sebelum Infeksi Kutil Kelamin

Berbicara tentang kesehatan seksual, efek kutil kelamin bisa muncul ketika Anda juga memiliki potensi atau kesempatan lebih untuk mendapatkan infeksinya. Anda juga harus tau jika tindakan pencegahan atau antisipasi adalah langkah awal yang bisa Anda lakukan. Vaksinasi HPV saat ini tersedia untuk mencegah adanya penyebaran virus kutil kelamin secara luas, namun ini juga bisa jutujukan untuk wanita. dimana seorang wanita yang terinfeksi HPV mungkin bisa mengembangkan kanker serviks sebagai efek kutil kelamin atau infeksi virusnya.
 

Tujuan Vaksinasi Dilakukan

Tindakan vaksinasi dapat dilakukan dengan tujuan untuk:

o Menghindari adanya infeksi kanker serviks pada perempuan yang telah aktif melakukan kontak seksual

o Risiko penularan virus HPV yang menyebabkan adanya kutil kelamin kronis

o Mengurangi bahaya kanker penis dan kanker vagina

o Menghambat adanya perkembangan sebuah infeksi sebelum mandapatkan penanganan lebih lanjut

Yang terbaik adalah memiliki vaksin sebelum Anda mulai berhubungan seksual secara aktif agar kondisi sistem tubuh dan vaksin yang dilakukan dapat bekerja secara maksimal. Meskipun pada kenyataannya sebuah vaksin tidak menjamin bahwa Anda tidak akan mengembangkan penyakit kutil kelamin di masa depan, namun vaksin dilakukan guna mencegah adanya efek kutil kelamin yang lebih buruk bagi kesehatan atau sistem organ tubuh Anda.

Di Klinik Utama Gracia Anda akan mendapatkan perawatan dan pengobatan terpadu yang dipilih dengan hasil pemeriksaan terbaik sesuai dengan kondisi serta kebutuhan Anda. Nah, tunggu apalagi? coba tanyakan langsung dengan dokter kami di nomor 081336361555 atau via chat online dengan klik link dibawah ini.

Baca Juga: Kutil Kelamin Apakah HIV? Inilah Perbedaannya Secara Umum

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan