• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Tes Darah Pada Manusia

Tes Darah - Penjelasan Tes Darah
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

TES DARAH DAN INFERTILITAS WANITA

tes darah

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam melakukan uji evaluasi infertilitas pada wanita, sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter spesialis. Dokter spesialis akan mengarahkan jika akan dilakukan pemeriksaan selanjutnya yaitu berupa tes darah. tes darah bisa membantu dalam melakukan pemeriksaan infertilitas wanita. Seorang wanita yang belum hamil setelah 12 bulan, bisa melakukan evaluasi uji infertilitas. Selanjutnya bisa dilakukan setiap 6 bulan sesuai dengan usia wanita tersebut. Kenapa harus dilakukan pemeriksaan interfilitas pada wanita? Berikut ada sebagian dari masalah pada wanita yang melakukan pemriksaan infertilitas :

1. Wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur ( lebih dari 35 hari terpisah atau tidak dalam periode)

2. Adanya masalah pada uterus ( Rahim), tabung, atau masalah lain dalam rongga perut

Berikut adalah tes darah yang dilakukan untuk uji evaluasi infertilitas, yaitu :

  1. Hormon tiroid-stimulating hormone (TSH) dan kadar prolactin yang berguna untuk mengidentifikasi gangguan tiroid dan hiperprolaktinema, yang dapat menyebabkan masalah kesuburan, ketidkaturan menstruasi, keguguran berulang.
  2. Tes darah untuk dehydroepiandrosterone sulfate (DHEAS), dimana pemeriksaan tes darah ini untuk mempertimbangkan kadar hormone testoteron pada wanita yang mengalami siklus menstruasi sehingga dapat membantu mengetahui adanya ovulasi apakah sudah terjadi atau belum.
  3. Tes darah dalam bentuk pemeriksaan urin, untuk menentukan keberadaan LH( luteinzing hormone) dalam urin dan dapat mendeteksi peningkatan hormone yang terjadi sebelum ovulasi. tes darah ini juga bisa menentukan masa kesuburan. Walaupun tes darah ini sangat mahal, tetapi kebanyakan wanita akan melakukan tes darah ini.

Hal yang harus di ingat adalah yang bisa melakukan tes ini adalah wanita dengan siklus menstruasi yang konsisten 25-35 hari, bisa dilakukan tes darah.

tes darah adalah

Klinik Utama Gracia Indonesia

Untuk melakukan tes darah dalam evaluasi menentukan infertilitas, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke spesialis terlebih dahulu, dikarenakan harus direkomendasikan dari hasil pemeriksaan fisik dokter spesialis tersebut. Jika diketahui ada masalah, maka selanjutnya akan dilakukan penanganan dalam bentuk terapi dll. Ahli medis klinik utama gracia mengungkapkan bahwa dalam melakukan pemeriksaan tes darah, memang akan mengeluarkan biaya yang banyak, akan tetapi jika anda sudah melakukan pemeriksaan tes darah, dokter lebih gampang untuk menentukan diagnose dan melakukan penanganan secara cepat dan tepat. Harus dilakukan secara focus dalam melakukan evaluasi untuk infertilitas dan biaya yang sangat selektif, untuk menemukan semua faktor penyebab dari ketidaksuburan. Dokter akan rekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan sebaiknya pasangan suami istri, dikarenakan bisa ditemukan hasil tes darah yang relevan. Walaupun dalam keadaan tettentu wanita yang paling utama.

Pemeriksaan Tes Dara Pada Laki-Laki

Menurut tim ahli Klinik Utama Gracia ada 2 pemeriksaan tes darah pada pria atau laki yaitu :

1. Analisis mitrasemen  laki-laki, yaitu berupa analisis air mani yang memberikan panduan tentang jumlah, gerakan dan bentuk sperma

2. Histerosalpingogram (HSG), ini merupakan prosedur X-ray untuk melihat apakah saluran tuba terbuka dan apakah bentuk Rahim normal atau tidak.

Sekilas informasi tentang pemeriksaan tes darah dalam menentukan kesuburan wanita, silahkan hubungi website klinik utama gracia untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan