• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ternyata Ini Tanda Tanda Selaput Dara Robek

Ternyata Ini Tanda Tanda Selaput Dara Robek
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Setiap wanita umumnya memiliki sebuah lapisan tipis pada vagina, yang jaraknya hanya sekitar 1 hingga 2 cm dari permukaan vagina. Lapisan yang disebut dengan selaput dara ini berfungsi untuk melindungi vagina dari benda asing yang bisa saja masuk. Karena bertekstur tipis, maka akan sangat mudah robek karena hal-hal tertentu. Tapi apakah ada tanda tanda selaput dara robek?

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa ketika selaput dara robek, maka wanita dianggap sudah tidak lagi perawan, karena sudah pernah melakukan hubungan seksual sehingga selaput dara bisa menjadi robek. Hal ini sebenarnya juga didasari pada minimnya pengetahuan masyarakat mengenai selaput dara yang dimiliki wanita. karena kebanyakan dari mereka menganggap bahwa selaput dara terletak di bagian dalam vagina, sehingga hanya bisa rusak ketika terjadi penetrasi yang berasal dari penis pria saat melakukan hubungan seksual.

Padahal sebenarnya selaput dara yang teksturnya sangat tipis tersebut, bukan hanya dapat rusak karena hubungan seksual saja. Robeknya selaput dara karena hal lain selain hubungan seksual ini terjadi karena beberapa alasan, selaput dara memiliki kondisi yang tidak elastis, tipis, rapuh, dan berada dekat dengan permukaan vagina.

Penyebab Robeknya Selaput Dara

Selaput dara yang tipis dapat mudah sekali mengalami robekan ketika wanita melakukan aktivitas tertentu, seperti ketika berkuda atau bersepeda, melakukan peregangan, mengalami kecelakaan yang membuat luka pada area vagina, dan juga melakukan masturbasi. Hal-hal tersebut umumnya dapat membuat selaput dara robek, terlebih bila selaput dara yang dimiliki wanita sangat rapuh.

Pendapat mengenai keperawanan wanita yang didasari oleh keutuhan selaput dara membuat para wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual namun selaput daranya sudah robek menjadi ketakutan. Mereka takut akan dianggap sebagai wanita yang sudah tidak perawan sebelum menikah. Padahal kenyataan sebenarnya mereka memang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual, namun selaput dara yang dimilikinya robek karena hal lain.

chat

Tanda Tanda Selaput Dara Robek

Namun apakah wanita dapat mengetahui bahwa selaput daranya sudah robek atau belum? Bagaimana cara mengetahui kondisi selaput dara yang dimiliki wanita? Adakah tanda tanda selaput dara robek?

Pertanyaan di atas mungkin seringkali terbayang di pikiran Anda. Sebenarnya kondisi keutuhan selaput dara akan sulit untuk diketahui. Namun umumnya selaput dara yang robek akan membuat wanita mengalami pendarahan yang cenderung tidak banyak. Hal ini juga yang membuat banyak orang berpikir bahwa wanita yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual akan selalu mengeluarkan darah yang menjadi tanda selaput daranya telah robek.

Walaupun tidak sepenuhnya salah, namun terkadang selaput dara yang robek juga tidak menyebabkan terjadinya perubahan atau tanda yang berarti. Sebenarnya pendarahan yang dianggap sebagai tanda selaput dara robek tersebut terjadi karena adanya robekan pada bagian selaput dara yang memiliki pembuluh darah. sehingga bila pendarahan tidak terjadi, bisa dikarenakan kemungkinan bahwa selaput dara memang sangat elastis sehingga tidak robek, ataupun selaput dara yang dimiliki wanita tersebut hanya terdiri dari sedikit pembuluh darah.

Namun Anda harus waspada pula ketika Anda terus menerus mengalami pendarahan setiap kali berhubungan, karena bisa menjadi tanda kondisi tertentu yang harus mendapatkan perhatian lebih.

Selain itu, bila selaput dara yang Anda miliki sudah tidak lagi utuh karena hal lain selain hubungan seksual, ataupun Anda ingin mengembalikan keutuhan selaput dara agar dapat merasakan kembali menjadi ‘perawan’, maka Anda dapat melakukan operasi keperawanan atau operasi selaput dara di Klinik Utama Gracia.

Anda akan ditangani oleh dokter yang profesional dan terpercaya dalam menangani prosedur operasi selaput dara tersebut.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan