• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ternyata Ini Loh Penyebab dan Akibat Keputihan Berlebihan

Ternyata Ini Loh Penyebab dan Akibat Keputihan Berlebihan
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )

akibat keputihan berlebihan

Keputihan merupakan hal alami yang akan terjadi pada seorang wanita, namun jangan pernah menganggap keputihan sebagai masalah kecil. Sebab akibat keputihan berlebihan dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Terjadinya keputihan sebenarnya merupakan hal yang baik, sebab membawa keluar sel-sel mati dan bakteri yang terdapat pada daerah genital serta berfungsi untuk membantu mencegah terjadinya infeksi.

Apa sih penyebab dan akibat keputihan berlebihan?

Pada umumnya keputihan yang normal dapat dilihat dari warna, konsistensi serta jumlah keputihan yang terjadi, sebab hal itu menjadi tanda-tanda yang sangat penting bagi kesehatan seorang wanita. Jika keputihan yang dialami sudah dianggap berlebihan atau lebih dari kadar biasanya, maka hal ini harus menjadi perhatian serius, sebab keputihan yang berlebihan terjadi dapat disebabkan oleh beberapa faktor fisiologis seperti:

Gairah seksual

Hal ini terjadi akibat dari vagina yang mengeluarkan cairan jernih atau keruh dan digunakan sebagai pelumas untuk membuat proses penetrasi menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi kedua pasangan.

Ovulasi

Ovulasi merupakan istilah yang digunakan saat ovum (telur) dilepaskan mulai dari ovarium hingga sampai ke dalam tuba falopi, dan bersiap untuk terjadinya fertilisasi. Kelenjar serviks akan mengeluarkan lendir ke dalam vagina dengan tujuan agar membantu sperma dalam menemukan telur.

Setelah dua minggu dari hari pertama menstruasi, jumlah keputihan yang diproduksi oleh vagina akan meningkat. Selama masa ovulasi, vagina akan meningkatkan pelumasnya agar saat berhubungan intim terasa lebih mudah serta meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

chat

Ketidakseimbangan Progesteron

Keputihan yang berlebihan juga terjadi akibat dari hormon progesteron yang mengalami peningkatan baik selama masa ovulasi dan selama masa kehamilan. Lonjakan kadar progesteron yang menyebabkan keputihan berlebihan juga terjadi saat kontrasepsi oral yang meningkatkan sekresi vagina. Jika hal ini terjadi, maka segera konsultasikan ke dokter atau apoteker agar diberikan pengganti obat kehamilan yang lainnya.

Kehamilan

Pada masa kehamilan, keputihan yang berlebihan biasanya akan sangat sering terlihat terutama saat masa awal kehamilan. Hal itu disebabkan karena kadar progesteron yang meningkat dan ditambah dengan meningkatnya aliran darah vagina. Bagi sel telur yang telah dibuahi dan dilindungi oleh cairan berlebih akan membuat aman dan telur juga dapat berkembang sebab telur berkembang di lingkungan rahim yang lembab.

Saat usia kehamilan berjalan, debit cairan keputihan biasanya akan menurun, namun hal ini tidak selalu terjadi. Bahkan terkadang, keputihan yang berlebih dapat terus terjadi hingga setelah melahirkan.

Akibat keputihan berlebihan sering juga dikeluhkan oleh para pria atau suami, sebab menurut mereka keputihan yang berlebih ini cukup mengganggu serta menurunkan kenikmatan saat melakukan hubungan intim. Keputihan yang berlebih juga membuat suasana di dalam vagina menjadi lebih lembab dan basar secara berlebihan.

Itulah beberapa faktor penyebab akibat keputihan berlebihan yang mengganggu serta membuat pasangan menjadi tidak nyaman. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih mendetail mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan