• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ternyata 5 Hal ini Merupakan Penyebab Penyakit Gonorrhea

Ternyata 5 Hal ini Merupakan Penyebab Penyakit Gonorrhea
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (6 orang penilai )

gonorrhea

Penyakit kencing nanah atau gonorrhea adalah satu penyakit berbahaya yang tergolong ke dalam penyakit menular seksual. Sebenarnya apa sih penyebab penyakit gonorrhea?

Neisseria Gonorrheae adalah kuman yang menjadi penyebab penyakit ini. Kuman ini menginfeksi saluran lendir yang terdapat pada tubuh manusia, seperti dubur, alat kelamin, tenggorokan, dan selaput lendir di bagian mata manusia. Kuman ini menyebar sangat cepat melalui hubungan seksual, terutama bagi seseorang yang secara aktif melakukan hubungan seksual, seperti berganti pasangan seks, serta kurang menjaga kebersihan organ vital.

Penderita gonorrhea satu dengan lainnya tidak selalu mengalami gejala yang sama, akan tetapi penyebab dari semua itu tetaplah sama yaitu kuman dan bakteri. Jenis kelamin serta tingkatan penyakit gonore yang sedang dialami sangatlah mempengaruhi gejala-gejala yang timbul.

Apabila gonorrhea menyerang laki-laki, maka gejala yang ditimbulkan antara lain yaitu keluarnya cairan nanah dari saluran kencing, ujung buah zakar yang memerah dan membengkak yang disertai dengan rasa panas dan perih seperti terbakar.

Gejala gonore pada wanita antara lain yaitu munculnya rasa nyeri pada bagian perut, terjadinya infeksi pada saluran kencing, vagina atau serviks, bertambahnya jumlah cairan pada vagina, sakit ketika buang air kecil, serta air kencing yang mempunyai warna kuning kehijauan.

Penyebab Penyakit Gonorrhea

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab, antara lain yaitu:

Pergaulan

Pergaulan saat ini sangat mengkhawatirkan terutama dengan pergaulan yang tanpa mengenal batas sehingga banyak anak usia remaja dan dewasa yang dengan bebasnya melakukan aktifitas apapun termasuk seks bebas tanpa menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom dan lain-lain.

Dengan melakukan hubungan intim tanpa menggunakan alat pengaman seperti kondom, justru akan menjadi pemicu terjadinya gonore. Karena itu sangat disarankan untuk menggunakan alat-alat kontrasepsi saat melakukan hubungan seks agar terhindar dari gonorrhea.

Lingkungan

Faktor lingkungan yang kotor dan kumuh, ternyata dapat memicu terjadinya gonore, hal ini dikarenakan lingkungan yang kotor dan kumuh menjadi sarang dari berbagai kuman dan penyakit. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan gonorrhea.

Perlu diperhatikan bahwa penyebab penyakit ini adalah kuman dan bakteri, oleh sebab itu faktor lingkungan tidak dapat disepelekan, jika lingkungan kotor maka dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit ini.

chat

Sex bebas

Sex bebas merupakan penyebab utama dari gonore. Hal ini terjadi karena penyebaran kuman gonore melalui hubungan seks yang tidak menggunakan alat kontrasepsi, dengan kurangnya anak-anak usia remaja dan dewasa dalam mencari informasi mengenai seks yang sehat tentunya sangat mempengaruhi pemahaman mereka dalam melakukan hubungan seks.

Oleh karena itu anak-anak usia remaja dan dewasa supaya diberikan informasi yang benar mengenai cara melakukan seks yang sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit menular seksual, salah satunya yaitu gonorrhea.

Bakteri atau kuman

Telah dijelaskan bahwa bakteri atau kuman merupakan penyebab paling utama dari penyakit gonore. Kuman dan bakteri bersarang pada lingkungan yang kotor dan kumuh, sehingga lingkungan yang kotor dan kumuh jelas sangat mempengaruhi terjadinya penyakit ini. Oleh karena itu selalu jagalah kebersihan lingkungan sekitar rumah Anda agar dapat terhindar dari penyakit gonorrhea.

Kurang menjaga kebersihan organ vital

Seseorang yang tidak dapat menjaga kebersihan organ intim tentunya sangat beresiko terserang gonore. Selain terserang penyakit gonorrhea, penyakit menular seksual lainnya seperti kutil kelamin juga dapat menyerang seseorang yang tidak mampu menjaga kebersihan organ intimnya. Oleh karena itu selalu jagalah kebersihan organ intim Anda agar terhindar dari penyakit gonorrhea.

Itulah informasi mengenai penyebab penyakit gonorrhea serta beberapa faktor yang menyebabkan gonorrhea. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin mengetahui mengenai penyebab lainnya, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan