• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Terinfeksi Penyakit Sipilis? Inilah Tanda Awal Sipilis

Terinfeksi Penyakit Sipilis? Inilah Tanda Awal Sipilis
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )



Apa yang Anda lakukan ketika tanda awal sipilis muncul? Tanda awal sipilis biasanya muncul sebagai bentuk luka atau lecet pada area sekitar alat kelamin dan ini sering disebut dengan chancre. Harus Anda tahu, jika kondisi keluhan sipilis masih bisa disembuhkan atau diatasi dengan pengobatan yang dilakukan dengan tepat dan tidak dilakukan secara sembarang untuk menghindari adanya bahaya yang lebih kompleks.

Tanda Sipilis Penyakit Kelamin

Sipilis merupakan salah satu penyakit kelamin yang bisa mengancam jiwa jika penanganan tidak dilakukan pada waktu dan metode yang tepat. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa keluhan sipilis akan mudah ditransmisikan melalui segala bentuk kontak seksual baik secara vaginal, anal, maupun oral, Sipilis akan sangat mudah menular dan ditularkan pada tahap atau tanda awal sipilis tersebut muncul.

Secara umum penyebab utama dari penyakit sipilis adalah akibat dari infeksi dari bakteri treponema pallidum, yang mana infeksi dari bakteri ini biasanya dapat diatasi pada tahap awal, gejala dan tanda awal sipilis. Tahap akhir penyakit sipilis mungkin akan lebih sulit untuk diidentifikasi dan bisa muncul pada jangka waktu yang lebih lama dari yang dibayangkan.

Tanda Awal Sipilis Menginfeksi Tubuh Anda

Tanda-tanda awal sipilis yang masuk menginfeksi tubuh Anda bisa berupa kondisi seperti :

• Luka terbuka yang berbentuk bulat dan memiliki tepi yang bergaris tegas dengan area sekitarnya.
• Tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada luka.
• Ketika ditekan atau disentuh terasa keras seperti tulang lunak.
• Dalam beberapa hari luka dapat hilang baik dengan perawatan maupun tidak.

Luka yang terjadi akan sangat mudah menular bahkan ketika Anda mungkin tidak melakukan aktifitas seksual secara langsung, misalnya seperti kontak dengan mulut atau tenggorokan bahkan jika secara tidak sengaja Anda menyentuh bagian tubuh lain setelah menyentuh luka sipilis tersebut. Jika seseorang sudah mendapatkan gejela atau tahap awal sipilis dan tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka orang tersebut juga berpotensi lebih untuk mendapatkan keluhan penyakit kelamin lainnya.

Penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV atau AIDS adalah risiko yang mudah untuk didapat ketika Anda sebelumnya sudah pernah mendapatkan riwayat infeksi dari penyakit sipilis. Dalam tahap awal penyakti sipilis tersebut mungkin akan mudah hilang untuk gejalanya, namun tahukah Anda jika hal tersebut justru malah membuat Anda masuk kedalam tahap yang lebih serius atau tahap lebih lanjut.

Bakteri yang masuk kedalam tubuh Anda akan bersifat non-aktif secara sementara hingga akhirnya mulai berjalan dan merusak seluruh organ-organ vital didalam tubuh Anda. Hal inilah yang mengakibatkan jika kondisi keluhan sipilis bisa mengakibatkan adanya kematian. Tidak semua tahapan dalam penyakit sipilis dapat dirasakan dan dialami oleh setiap orang yang mendapatkan infeksi.

Baca Juga : Apa Itu Sipilis? Apakah Penyakit Yang Berbahaya?

chat

Bagaimana Anda Bisa Menyadari Infeksi Sipilis?

Tanda awal sipilis tidak jarang mengecoh seseorang ketika gejalanya muncul karena tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lain yang signifikan pada kondisi kesehatan Anda, namun Anda juga harus bisa menyadarinya ketika infeksi masuk dan menimbulkan gejala fisik yang serius. Karena banyak orang yang baru menyadari kondisinya ketika gejala dari keluhan sudah memasuki tahap yang lebih serius.

Segera lakukan pemeriksaan atau pengecekan, jika menyadari adanya luka atau memiliki riwayat seksual yang aktif untuk menguji kondisi Anda secara medis dan lebih jelas untuk bagaimana cara menangani keluhan sipilis tersebut. Berikut adalah beberapa pengecekan dan pengujian yang bisa dilakukan diantaranya seperti :

• Uji venereal disease reseach laboratory (VDRL).
• Uji treponema pallidum particle agglutination (TPPA).
• Tes rapid plasma reagin (RPR).
• Pengujian dan tes terhadap kondisi penyakit menular seksual (PMS) lainnya.

Apa yang menyebabkan adanya kondisi yang lebih serius ketika seseorang mulai mendapatkan infeksi dari penyakit sipilis. Jangan biarkan kondisi tersebut menjadi kondisi yang lebih serius saat keluhaannya Anda anggap menjadi kondisi biasa. Jangan biarkan keluhan tersebut bisa merubah kondisi Anda secara sepenuhnya dan bisa membuat kondisi Anda jauh lebih menyulitkan.

Bahaya kerusakan organ vital yang bersifat permanen tentu akan mudah dialami ketika kondisi keluhan sipilis tersebut sudah dalam tahap akhir dan seperti yang Anda ketahui bahwa kondisi ini tentu akan sangat berbahaya hingga menimbulkan kematian atau penularan secara neonatal dari ibu yang terinfeksi pada bayinya selama proses kelahiran. Mempraktekkan kontak seksual yang baik dan aman serta pemeriksaan adalah tindakan yang harus Anda lakukan.

Klinik Utama Gracia memberikan solusi kesehatan bagi Anda yang mengalami keluhan masalah pada fungsi seksual maupun keluhan andrologi bagi pria. Dengan konsultasi kesehatan terbaik untuk mengatasi setiap keluhan organ reproduksi Anda dan pasangan, klinik kami hadir dengan pelayanan  kesehatan khusus organ reproduksi baik pria maupun wanita dan ditangani oleh deokter-dokter ahli yang profesional.

Konsultasi dan pertanyaan seputar kesehatan organ reproduksi Anda, silahkan hubungi 081336361555 untuk informasi lebih lanjut dengan dokter kami.

Baca Juga : 4 Gejala Sifilis Dan Cara Mengatasinya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan