• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Terasa Sakit Saat Kencing? Waspada, Gejala Sistitis

Terasa Sakit Saat Kencing? Waspada, Gejala Sistitis
Nilai Rata-rata: 7.0 / 10 (4 orang penilai )



Pernahkah Anda mengalami rasa sakit saat ingin buang air kecil? Ketahuilah, bahwa kondisi seperti ini bisa terjadi disebabkan oleh sistitis atau cystitis. Tidak banyak dari pria maupun wanita yang mengetahui bahwa cystitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada kandung kemih dan merupakan kondisi yang harus di waspadai.

Biasanya rasa sakit ini terjadi karena adanya infeksi yang terjadi pada saluran kemih sehingga mengakibatkan peradangan yang mengakibatkan terganggunya sistem kemih hingga menginfeksi kandung kemih yang menyebabkan terjadinya sistitis. Gangguan ini biasanya lebih sering di alami oleh wanita dibandingkan pria.

Lalu, Apa Sebenarnya Penyebab Sistitis?

Umumnya, gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang area kandung kemih. Biasanya bakteri yang umum menjadi penyebab cystitis adalah Escherichia coli (E. Coli). Bakteri ini sering terjadi pada wanita yang melakukan hubungan seksual.

Tetapi, wanita yang tidak aktif melakukan hubungan seksual tetap memungkinkan untuk menderita gangguan ini dan biasanya disebabkan oleh area kelamin yang tidak bersih hingga mudah menjadi tempat berkembangnya bakteri. Berikut ini beberapa penyebab yang memungkinkan wanita menderita sistitis, selain infeksi bakteri :

• Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
• Menjalani pengobatan radiasi di area panggul
• Menggunakan alat bantu kencing atau kateter dalam jangka panjang

Selain itu, penyebab seorang wanita menderita gangguan ini bisa terjadi akibat menggunakan sabun pembersih Miss V yang mengandung bahan kimia. Sabun pembersih dengan bahan kimia akan mengakibatkan terjadinya iritasi pada area kelamin hingga menyebabkan peradangan.

Pria maupun wanita yang menderita penyakit, seperti diabetes, batu ginjal, prostat atau cedera tulang belakang akan mengakibatkan komplikasi yang berakibat pada peradangan di kandung kemih dan menjadi salah satu penyebab Anda untuk menderita sistitis.

Kenali Tanda Dan Gejala Sistitis

Tanda dan gejala gangguan ini akan ditandai dengan rasa tidak nyaman selama yang mempengaruhi sistem kemih. Selain rasa sakit saat kencing, Anda juga akan mengalami sakit pada perut bagian bawah dan biasanya ini dikenal sebagai sakit pada kandung kemih.

Penderita, akan mengalami perubahan pada urin yang berwarna keruh serta berbau tidak sedap. Beberapa kasus lain, penderita juga memungkinkan untuk mengalami urin yang bercampur dengan darah dan penderita sering merasa ingin buang air kecil.

Beberapa tanda lain akan Anda alami seperti terasa nyeri pada punggung, mengalami demam dan menggigil hingga muntah, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter. Karena, kondisi ini biasanya menandakan bahwa bakteri sudah menginfeksi ginjal.

Diagnosa Dan Pengobatan Sistitis

Saat Anda menderita gejala seperti di atas, maka segera periksakan diri Anda dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan. Biasanya dokter terlebih dahulu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab pasti Anda menderita gangguan ini.

Biasanya dokter akan memberikan beberapa resep seperti antibiotik untuk meredakan rasa sakit akibat gejala yang ditimbulkan. Pengobatan akan dilakukan selama 3 hingga 10 hari agar meminimalisir gejala dan peradangan akibat bakteri yang menginfeksi kandung kemih.

Dokter juga akan memberikan Anda beberapa resep obat lain untuk mengatasi rasa sakit yang muncul saat buang air kecil. Selain itu, dokter akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak agar membantu membuang bakteri yang berada pada kandung kemih untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Sebaiknya Anda menghindari berhubungan seksual secara bebas, karena aktivitas seperti ini bisa menjadi penyebab berkembangnya bakteri sangat mudah.  Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya peradangan pada kandung kemih pria maupun wanita.

Konsultasi Dokter

Apabila Anda merasakan sakit pada kandung kemih, sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter segera. Ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan infeksi yang menjadi semakin besar dan komplikasi yang akan membahayakan kesehatan Anda.

Jika Anda ingin melakukan pengobatan atau memiliki pertanyaan lain, silahkan konsultasikan kondisi dan gejala yang Anda alami dengan tim medis Klinik Utama Gracia melalui layanan konsultasi online di bawah ini. Jangan menganggap remeh kondisi seperti ini, karena dapat menyebabkan kondisi yang sangat serius dan mengakibatkan kondisi kesehatan yang sangat berbahaya.

Baca Juga : Waspadai, Anyang-Anyangan Setelah Behubungan Intim

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan