• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Tanda Keputihan Coklat Kental Pada Wanita

Tanda Keputihan Coklat Kental Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Keputihan coklat kental bisa terjadi dalam jangka waktu yang panjang atau muncul secara tiba-tiba dan hal ini dapat menandakan adanya masalah kesehatan bagi seorang wanita. Umumnya seorang wanita memang akan mengalami dan memiliki keluhan keputihan dalam masa hidupnya, dan keputihan juga bisa menjadi salah satu sistem mekanisme alami yang dimiliki oleh organ reproduksi seorang wanita.

Keputihan yang terjadi pada seorang wanita tentu memiliki alasan tersendiri, dan biasanya keputihan ini akan berfungsi untuk menjaga area vagina dan organ bagian dalam Anda tetap dalam kondisi bersih dan sehat dengan meluruhkan sel-sel mati. Selain itu keputihan juga bisa menjadi sebuah tanda atau gejala dari adanya sebuah infeksi.

Berikut adalah beberapa kemungkinan tanda penyebab atau indikasi lain yang menjadikan seorang wanita mengalami keluhan keputihan coklat kental:

Keputihan Coklat Kental Pada Periode Menstruasi

Jika Anda mengalami keluhan keputihan berwarna coklat kental yang disertai dengan adanya bercak darah saat periode menstruasi, tentu hal ini termasuk dalam kondisi yang bisa dikatakan dalam tahap normal. Hal tersebut biasanya hadir menjelang akhir siklus menstruasi Anda, dimana pada masa menjelang akhir siklus menstruasi tubuh Anda sudah mulai menurunkan jumlah darah yang dilepaskan dari dalam rahim.

Sehingga warna cokelat yang cenderung kental tersebut menandakan pendarahan yang lambat dari rahim Anda, akibat darah yang sudah tidak mengalir dengan cepat seperti ketika awal datangnya periode menstruasi. Sebagian besar wanita yang mengalami ini mungkin hanya berbentuk bercak atau noda yang tidak disertai dengan adanya keluhan-keluhan lainnya.

Keputihan Coklat Kental Pada Masa Ovulasi

Perubahan warna keputihan yang mengarah pada warna coklat yang lebih pekat dan kental juga biasanya terjadi ada wanita dimasa ovulasi. Masa ovulasi adalah masa dimana seorang wanita sudah siap untuk proses pembuahan dari sprema. Kondisi pada masa ovulasi akan mendorong perubahan kepekaan dari cairan serviks yang diproduksi dan menyebabkan bercak yang tidak teratur.

Masa ini mungkin akan lebih dipengaruhi oleh siklus hormonal yang terjadi pada seorang wanita. Dan jika terjadi bercak atau noda yang terjadi diluar siklus mentruasi Anda setelah melakukan kontak seksual, maka ini bisa menjadi tanda kehamilan pada seorang wanita. Begitupula sebaliknya, bercak yang muncul pada fase awal kehamilan juga bisa menjadi tanda keguguran pada seorang wanita. Anda mungkin harus memperhatikan jelas waktu terjadinya keluhan dan segera melakukan pemeriksaan guna memastikan kondisinya.

Baca Juga: Tanda Dan Macam Macam Warna Keputihan Wanita

chat

Keputihan Coklat Kental Tanda Menopause Wanita

Seorang wanita yang sudah masuk dalam periode menopause biasanya akan lebih rentan untuk menfalami bercak kecoklatan yang kental atau tebal dalam jangka waktu panjang sebagai efek peluruhan sisa sel-sel mati yang ada disekitar dinding organ reproduksi bagian dalam. Sehingga wanita dalam masa menopause ini akan lebih banyak mengembangkan keluhan keputihan sebagai bgaiandari siklus akhir pada organ reproduksi bagian dalamnya. Jika ini terjadi tanpa disertai dengan adanya gejala keluhan lain, maka Anda hanya perlu menerapkan praktik kebersihan yang baik untuk mengatasinya.

Keputihan Coklat Kental Tanda Peradangan Serius

Kondisi peradangan dan infeksi serius pada organ reproduksi bagian dalam seorang wanita yang sudah dalam tahap kronis bisa menimbulkan beberapa gejala dengan keputihan coklat, nyeri perut bagian bawah atau pinggang, keputihan gatal dan berbau, siklus menstruasi tidak teratur, nyeri saat berhubungan seksual, disertai dengan keluhan lainnya akan mudah dirasakan sebagai efek dari keluhan seperti endometriosis, radang panggul, kanker serviks, maupun sindrom ovarium polikistik. Masalah kesehatan organ reproduksi bagian dalam tersebut biasanya dapat dimulai dari tahap ringan hingga berat.

Butuh Informasi dan konsultasi? Hubungi layanan konsultasi kami di nomor 081336361555 . Prioritas layanan kesehatan untuk setiap keluhan ginekologi Anda secara khusus dan intensif Anda ada di klinik kami. Lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia sekarang untuk waktu penanganan keluhan terbaik.

Baca Juga: Jenis Keputihan Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan