• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Tanda Dan Macam Macam Warna Keputihan Wanita

Tanda Dan Macam Macam Warna Keputihan Wanita
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Macam macam warna keputihan yang terjadi pada wanita memang memiliki beberapa jenisnya, dan tidak jarang juga dapat menjadi tanda dari adanya kondisi tertentu. Dalam beberapa kondisi, seorang wanita dapat memiliki keluhan keputihan akibat adanya 2 faktor yang menjadi pemicu yaitu:

o Faktor internal

o Faktor eksternal

Kedua faktor tersebut biasanya juga diartikan menjadi sebuah penyebab dari dalam maupun penyebab dari luar kondisi tubuhnya sendiri. Meskipun keputihan wanita dapat dikatakan sebagai kondisi yang normal. Akan tetapi ketika kondisinya sudah disertai dengan munculnya beberapa macam macam warna keputihan yang tidak seperti umumnya, tentu kondisi ini akan dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius dan berbahaya bagi kesehatan organ reproduksinya.

Kali ini Anda harus tau macam macam warna keputihan yang dapat muncul pada vagina dan juga apakah hal tersebut adalah tanda yang normal untuk Anda rasakan. Karena saat ini banyak wanita yang lebih cenderung membiarkan keluhan keputihannya berlangsung tanpa ada penanganan yang dilakukan. Hingga akhirnya menimbulkan bahaya keputihan yang berisiko dalam jangka panjang pada sistem organ reproduksinya.

Penyebab Dan Macam Macam Warna Keputihan Pada Wanita

Macam macam warna keputihan yang muncul pada seorang wanita juga bisa menandakan adanya beberapa kondisi medis tertentu pada area organ reproduksi bagian dalamnya. Meskipun keputihan wanita juga dapat berfungsi penting dalam sistem reproduksi wanita, akan tetapi jika kondisinya sudah mulai menunjukan tanda-tanda dan gejala yang lebih mengarah pada kondisi yang tidak biasa atau abnormal tentulah Anda juga harus segera mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang tepat.

Apa saja macam macam warna keputihan yang perlu Anda waspadai dan apa yang menjadi penyebabnya? Anda mungkin akan memiliki warna keputihan seperti:

o Coklat hingga kemerahan

Keputihan berwarna coklat atau kemerahan memang dapat terjadi, beberapa orang mungkin akan mengira jika kondisi ini adalah menstruasi. Namun, biasanya kondisi ini akan lebih muncul diluar siklus menstruasi Anda. Sehingga waktunya bisa lebih panjang dibandingkan dengan siklus menstruasi pada umumnya. Untuk keputihan ini biasanya akan lebih disebabkan oleh adanya peradangan ginekologi serius yang cukup kronis.

o Kuning kehijauan seperti nanah

Apa yang membuat keputihan Anda menjadi berwarna kuning kehijauan (nanah) biasanya adalah dari infeksi menular seksual (IMS) seperti bakteri penyebab penyakit gonore atau kencing nanah. Selain adanya keluhan keputihan yang muncul biasanya Anda juga akan merasakan beberapa gejala infeksi saluran kemih (ISK).

o Putih susu atau keabu-abuan

Pada dasarnya memang warna keputihan adalah putih, namun jika warna putih tersebut lebih pekat seperti putih susu bahkan keabu-abuan berarti Anda memiliki infeksi yang disebabkan oleh jamur atau organisme mikroskopik lainnya. Jika terus dibiarkan kondisi keluhan keputihan ini juga dapat mengakibatkan adanya masalah kesehatan serius bagi organ reproduksinya.

o Putih bersih atau bening

Keputihan memang normalnya tidaklah menimbulkan warna apapun, dan lebih cenderung bening atau bersih. Dan jika Anda mengalami keputihan tersebut maka dapat diartikan masih dalam kondisi yang normal. Biasanya keputihan ini akan dialami oleh seorang wanita pada masa ovulasi, kehamilan, ataupun faktor hormonal.

Dalam beberapa kondisi misalnya seperti karena infeksi, penggunaan alat kontrasepsi yang kurang tepat, atau faktor hormonal, dimana seseorang akan mendapatkan beberapa kondisi yang nantinya akan meningkatkan risiko dirinya untuk mendapatkan keluhan keputihan tersebut. Macam macam warna keputihan wanita tentu dapat menjadi sebuah tanda dari kondisi kesehatan organ reproduksi bagian dalamnya.

Jika Anda seorang wanita mendapati adanya warna yang berbeda pada keputihannya maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan atau konsultasi secara langsung, mendatangi dokter atau tenaga medis yang memang berkompeten dalam mengatasi masalah ginekologi atau organ reproduksi pada wanita adalah pilihan terbaik.

Baca Juga: Mencegah Keputihan Bau Dan Gatal Pada Wanita

 

chat

Mengatasi Keputihan Sesuai Dengan Warnanya

Bagaimana Anda harus mengatasi keluhan keputihan secara tepat berdasarkan macam macam warna keputihan yang dialami? Mengapa Anda perlu mengatasi keluhan sesuai dengan warna keputihan yang keluar pada area vagina, hal ini dikarenakan adanya beberapa kondisi yang akan membutuhkan perawatan yang lebih intensif atau lebih serius.

Misalnya seperti keluhan yang disebabkan oleh infeksi menular seksual, tentu akan membutuhkan perawatan yang berbeda dengan keluhan yang disebabkan oleh jamur. Pemeriksaan untuk menentukan penyebab keluhan dan juga kondisi secara pasti Anda tersebut tentunya akan dibutuhkan jika ada beberapa gejala lain yang muncul seperti:

o Rasa sakit atau nyeri

o Gatal dan bau

o Tidak nyaman dan menganggu

o Ruam atau luka akibat reaksi keputihan yang Anda alami

Melakukan konsultasi dengan dokter ahli yang tepat adalah pilihan terbaik untuk Anda lakukan, yang mana Anda juga harus lebih memperhatikan pengobatan apa yang akan dilakukan dan disarankan oleh dokter Anda. Beberapa jenis pengujian dan tes akan dilakukan atau dianjurkan oleh dokter Anda setelah melihat kondisi dan juga pemeriksaan fisik sebagai pemeriksaan awalnya.

Pemeriksaan panggul untuk mengambil sampel cairan baik dari serviks maupun keputihan yang Anda alami adalah jenis pemeriksaan yang umunya dilakukan untuk setiap keluhan keputihan. Setelah sampel didapat, tahap selanjutnya adalah melakukan uji mikroskopik atau laboratorium guna menentukan jenis penyebab keluhan serta penyakitnya.

Macam macam keluhan keputihan yang terjadi pada seorang wanita dapat disembuhkan secara total dan tuntas, hanya saja seorang wanita diharuskan agar dapat menentukan pengobatan keputihan yang tepat dan sesuai. Meski sebagian besar macam macam warna keputihan dapat terjadi pada setiap wanita disegala usia, Anda juga dapat melakukan tindakan pencegahan atau antisipasi guna mengurangi kemungkinan adanya kondisi bahaya keputihan yang fatal.

Konsultasi mudah, aman, dan terpercaya di Klinik Utama Gracia, kami melayani setiap masalah kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan. Segera klik link konsultasi chat online kami atau telepon di nomor 081336361555 untuk pertanyaan dan informasi jelasnya.

Baca Juga: Apa Saja Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan