• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Tahukah Kamu di Mana Letak Selaput Dara?

Tahukah Kamu di Mana Letak Selaput Dara?
Nilai Rata-rata: 7.4 / 10 (5 orang penilai )

Apakah Anda masih perawan? Sebagian orang mungkin tidak mengetahui apakah mereka masih perawan atau tidak, dan tahukah Kamu dimana letak selaput dara?.  Perawan adalah orang yang tidak pernah melakukan hubungan seks, tapi tidak sesederhana itu, banyak orang yang menganggap mereka yang baru pertama kali melakukan hubungan seks akan merobek selaput dara dan tidak perawan lagi, namun ada sebagian orang yang sudah lebih dari sekali melakukan hubungan seks masih mengeluarkan darah pada vagina saat penetrasi.

Keperawanan atau selaput dara bisa saja robek karena banyak faktor penyebab, baik dilakukan sesama lawan jenis pada saat melakukan penetrasi kevagina, pemerkosaan yang terkadang merenggut paksa keperawanan, masturbasi, menggunakan toys sex, ada juga yang kehilangan keperawanan akibat aktivitas fisik seperti bersepeda, terbentur, atau jatuh. Lalu dimana letak selaput dara? Dan penting tidak kita tahu dimana letak selaput dara.

baca juga Selaput Dara yang Robek Pada Wanita

Apa Itu Selaput Dara? Dan Dimana Letak Selaput Dara?

Kebanyakan orang tidak mengetahui selaput dara yang dimiliki seperti apa dan dimana letak selaput dara?, namun Anda harus paham apa itu selaput dara dan dimana letak selaput dara?.

Selaput dara adalah selembar kulit atau jaringan yang menutupi lubang vagina. Selaput dara terbentuk pada ke 3 atau ke 4 waktu kehamilan. Dan ini akan tetap utuh sampai dirusak, hubungan seksual pada umumnya, dan biasanya dilakukan dengan aktivitas atau memasukan benda asing kedalam vagina.

Selaput dara dapat meregang sendiri atau bahkan pecah selama masa pertumbuhan dan perkembangan bisa dan sudah tidak ada lagi selaput dara pada masa kematangan penuh. Untuk alasan ini mungkin banyak orang yang sudah kehilangan keperawanannya. Gadis yang aktif bermain, aktivitas fisik dan menggunakan tampon atau pembalut yang tidak sesuai mungkin tidak memiliki selaput dara lagi.

Jika selaput dara robek atau pecah biasanya akan timbul perdarahan dan rasa sakit, jika rupture atau perdarahan tersebut bukan melakukan hubungan seks pertama kali, namun ada sebagian kasus saat terjadi rupture kecil masih bisa sembuh atau kembali seperti semula, selaput dara cenderung tipis pada anak-anak dan akan menebal pada masa pubertas karena pengaruh hormon.

Ada banyak hal yang  berbeda untuk mempelajari selaput dara dan sangat penting menurut budaya tertentu. Sebagian budaya menganggap bagi mereka para wanita yang memberikan keperawanan pada suami pada malam pertama adalah sesuatu yang terhormat. Pada riwayat sebelumnya dilakukan pemeriksaan keperawanan sebelum menikah, namun hal ini sudah tidak lagi dilakukan karena banyak faktor yang membuat kehilangan selaput dara.

chat

 

Anda Ingin Perawan Lagi Dan Selaput Dara Anda Tetap Utuh?

Belakangan ini tren operasi selaput dara atau keperawanan sudah tidak dianggap lagi tabu oleh sebagian orang, banyaknya faktor yang membuat orang kehilangan selaput dara, baik akibat kehilangan keperawanan sebelum menikah, hal ini yang membuat orang melakukan operasi selaput dara sebelum menikah.

Dimana Letak Selaput Dara?

Dimana letak selaput dara? Selaput dara terletak diantara dua vulva,  dan ini sebenarnya tidak menutupi pembukaan vagina sepenuhnya. Hal ini yang membuat lipatan atau lubang vagina sangat kecil, saat wanita tumbuh, lipatan jaringan akan terbuka, merenggang dan bahkan robek saat terbuka. Beberapa kejadian mungkin akan terasa sakit dan terjadi perdarahan.

Selaput dara memiliki berbagai jenis dan bentuk, diantaranya:

• Hymen Interforata

Ini adalah kejadian dimana selaput dara benar-benar menutupi seluruh bagian vagina. Kondisi ini biasanya tidak terdiagnosis sampai mereka dewasa atau memasuki masa pubertas, pada periode pertama menstruasi darah tidak dapat mengalir keluar.

Hymen Microperforate

Bila ini terjadi, selaput dara juga sepenuhnya menutup lubang vagina, darah mestruasi bisa mengalir keluar, tapi pada wanita perawan tidak dapat menggunakan tampon.

Saptate Hymen

Ini adalah keadaan dimana selaput dara terbagi menjadi dua dan letaknya bukan diatas vagina, kondisi ini juga tidak mengganggu aliran darah pada saat menstruasi. Namun dapat menghalangi penggunaan tampon pada saat perawan.

Bedah Perbaikan Selaput Dara

Anda sudah tidak perawan? Dan Anda ingin mengembalikan keperawanan Anda? Mungkin Anda dapat melakukan hal dibawah ini.

Operasi selaput dara bisa dilakukan karena beberapa alasan, baik untuk memperbaiki selaput dara yang rusak atau mengeluarkan jaringan selaput dara ekstra yang menghalangi vagina.  Berikut ini adalah beberapa operasi yang bisa dilakukan:

• Hymenoplasti

Ini pada dasarnya adalah operasi yang dilakukan untuk melakukan operasi selaput dara yang rusak Karena alasan pribadi. Selaput dara ditutup dengan melakukan pembedahan sehingga pada saat pertama kali penetrasi saat berhubungan seks akan mengeluarkan darah. Beberapa orang mungkin memilih hal ini karena alasan pribadi, juga pada mereka yang pernah mengalami pemerkosaan.

• Hymenektomi

Ini adalah prosedur yang digunakan untuk membuka selaput dara yang bersifat imferporata, microforporate, dan saptate. Biasanya selaput dara yang anatomis benar-benar bisa direnggangkan dan pecah pada saat berhubungan intim atau penggunaan tampon yang menyebabkan banyak trauma. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa arteri yang membentang disepanjang selaput dara dan bisa menyebabkan perdarahan hebat. Memilih Hymenoktomi dapat menurunkan risiko perdarahan dan membuat darah menstruasi keluar lebih mudah.

chat

 

Demikian penjelasan mengenai dimana letak selaput dara, semoga menambah pengetahuan Anda tentang dimana letak selaput dara ,dan bagi Anda yang merasa kehilangan keperawan dan ingin melakukan operasi selaput dara Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis. Jika Anda ingin bertanya lebih jauh mengenai operasi selaput dara Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik icon online diatas atau Anda dapat datang langsung di Klinik Utama Gracia.

Klinik Utama Gracia telah berpengalaman menyembuhkan berbagai masalah kelamin, dengan dokter yang telah berpengalaman dibidangnya dan peralatan yang canggih dan modern, serta biaya yang terjangkau.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan