• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Tahukah Anda Tentang Peradangan Prostat?

Tahukah Anda Tentang Peradangan Prostat?
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )



Peradangan prostat atau prostatitis adalah peradangan andrologi yang terjadi pada organ reproduksi bagian dalam seorang pria. Saat Anda mengalami kondisi yang lebih buruk untuk sebuah keluhan prostatitis ini mungkin akan mempengaruhi pria dari segala usia. Prostatitis adalah peradangan organ reproduksi pria yang cukup umum tetapi juga termasuk dalam kondisi yang rumit.

Apa yang menjadi penyebab dari keluhan prostatitis dalam beberapa kasus dapat terjadi ketika seseorang juga memiliki kondisi yang lebih sering komplikatif. Prostatitis atau peradangan pada prostat dapat menyebabkan berbagai gejala yang bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Secara umum penyakit peradangan pada prostat memiliki beberapa jenisnya, dan diantaranya adalah:

o Prostatitis bakteri akut

o Prostititis bakteri kronis

o Prostatitis kronis atau sindrom nyeri panggul kronis

o Prostatitis inflamasi asimtomatik

Empat jenis peradangan prostat tersebut diantaranya mungkin memiliki kondisi yang tidak mudah untuk dipahami dengan baik. Dari keempat jenis keluhan prostat tersebut juga dapat menjadi indikasi penyebab mendasar adanya keluhan tersebut, infeksi dari jenis bakteri adalah yang paling sering didiagnosis. Namun dalam beberapa kasus juga kondisinya tidak dapat diketahui penyebab yang lebih spesifik.

Yang berarti Anda akan membutuhkan pemeriksaan dan perawatan untuk memastikan kondisinya secara langsung. Sebuah peradangan prostat yang muncul mungkin tidak akan menimbulkan gejala secara signifikan pada kesehatan Anda, tapi biasanya Anda akan mendapatkan kondisi yang lebih sulit jika tidak segera dilakukan perawatan.

Kelenjar Prostat Pada Organ Reproduksi Pria

Prostat adalah kelenjar kecil yang berbentuk seperti biji kenari dan menjadi bagian dari sistem organ reproduksi seorang pria. Setiap pria tentunya akan memiliki kelenjar prostat yang mana fungsi utama dari kelenjar prostat tersebut yaitu untuk membuat cairan yang bercampur dalam sperma atau air mani, cairan yang diproduksi dari kelenjar prostat akan sangat penting untuk kesuburan seorang pria.

Sehingga jika Anda mengalami sebuah masalah atau gangguan pada kelenjar prostat yang berarti bahwa seorang pria akan mendapatkan masalah pada sistem organ reproduksinya. Atau yang nantinya akan mengakibatkan keluhan lain pada area organ reproduksi Anda. Jangan biarkan peradangan prostat atau keluhan ini termasuk dalam kondisi yang cukup berbahaya dan berisiko saat kondisi keluhan Anda mulai mengalami beberapa gejala yang tidak biasa.

Prostat yang mengalami peradangan atau masalah biasanya akan memberikan gejala yang dapat dirasakan dari tahap ringan hingga sangat menyakitkan bagi seorang pria. Keluhan peradangan prostat akan sangat umum ditemukan pada setiap pria dengan usia yang lebih tua, namun bukan berarti jika seoran pria muda juga tidak dapat mengembagnkan kondisi ini.

Baca Juga: Penyebab Sering Buang Air Kecil

chat

Gejala Pada Prostatitis Atau Peradangan Pada Prostat

Gejala dari keluhan prostatitis biasanya dapat mencakup seperti:

o Disuria atau buang air kecil (BAK) yang menyakitkan

o Urgensi urin, ketidakmampuan untuk menunda buang air kecil (BAK)

o Frekuensi kemih yang meningkat atau lebih sering

o Ejakulasi yang terasa menyakitkan

o Sperma atau air mani yang bercampur dengan darah

o Nyeri punggung atau pinggang bawah, perut bagian bawah, serta kelamin

o Nocturia, sering berkemih pada malam hari

o Demam, panas dingin, atau mengigil

o Kondisi ISK kronis seperti penyumbatan kemih, aliran urin yang lemah, retensu urin dan lainnya

Secara keseluruhan kondisi dari peradangan pada kelenjar prostat seorang pria mungkin akan mengalami gejala yang lebih asimtomatik, dan inilah yang menjadikan alasan mengapa mereka tidak dapat melakukan pemeriksaan saat gejala masih dalam tahap awal. Selain itu kondisi kesehatan seorang pria yang memliki perbedaan juga yang menjadikan geja-gejala tersebut mungkin tidak semua dapat dirasakan.

Untuk didiagnosis dengan keluhan peradangan prostat bagi seorang pria tidak harus menunggu agar mendapatkan semua gejalanya, terkadang beberapa gejala yang dirasa tidak begitu sering terjadi juga dapat mengindikasikan adanya kemungkinan penyakit prostatitis bagi seorang pria. Jadi pastikan agar Anda menemui dokter atau tenaga medis khusus jika Anda merasakan beberapa gejalanya.

Menyembuhkan Peradangan Prostat Pada Pria

o Pengambilan sampel urin, darah, atau cairan prostat

o Pemeriksaan colok dubur

o Skrining terhadap PMS (penyakit menular seksual)

o Pencitraan dengan USG atau CT scan

o Tes PSA untuk memeriksa adanya kanker prostat

o Kultur darah atau biopsi prostat

Beberapa hal diatas tersebut merupakan kemungkinan tindakan pemeeriksaan yang akan dilakukan atau dianjurkan oleh dokter Anda. Tidak semua orang dapat menjalani pemeriksaan tersebut, karena dokter Anda hanya akan menyarankan pemeriksaan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda rasakan tersebut.

Karena penyebab keluhan peradangan prostat yang lebih rumit Anda mungkin akan mejalani beberapa pemeriksaan atau perawatan secara lebih rinci. Untuk kondisi yang lebih sulit dari peradangan prostat yang Anda alami juga dimungkinkan oleh adanya kelainan anatomi bawaan, yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan mengharuskan Anda agar melakukan perawatan yang lebih intensif.

Setiap pengobatan dari sebuah keluhan tentunya akan bergantung pada apa yang menjadi penyebabnya, dan untuk keluhan peradangan prostat akan ditambahkan dengan golongan atau klasifikasi jenisnya. Dengan begitu maka pengobatan untuk menyembuhkan peradangan pada prostat Anda akan lebih tepat dan sesuai.

Klinik Utama Gracia siap membantu untuk setiap keluhan andrologi dan ginekologi Anda serta pasangan, dengan sistem reservasi yang memudahkan dan peralatan medis yang memenuhi standar modern. Klinik kami hadir untuk memberikan pelayanan medis terbaik bagi kesehatan genital Anda. segera konsultasikan dengan tenaga medis profesional kami melalui layanan chat online atau telepon dengan nomor 081336361555 .

Baca Juga: Pengertian Penyakti BPH

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan