• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Sunat, Pilihan Terbaik Untuk Kulup Panjang

Sunat, Pilihan Terbaik Untuk Kulup Panjang
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (3 orang penilai )



Kulup panjang pada pria dapat menjadi sebuah kondisi yang normal namun juga bisa termasuk dalam kondisi kelainan atau gangguan. Akan tetapi kondisi ini dapat diatasi dan ditangani secara medis dengan baik pada sebagian besar keluhan kulup yang panjang. Mengapa Anda juga harus melakukan perawatan jika Anda memiliki kondisi kulup panjang?

Mengapa kulup panjang termasuk dalam kondisi yang normal namun juga dikatakan sebagai sebuah kelainan yang membutuhkan penanganan medis. Dalam hal ini akan menjelaskan bahwa kulup panjang akan dikatakan dalam kondisi yang normal ketika hal tersebut terjadi pada bayi atau anak laki-laki, dalam artian memang pada umumnya akan memiliki kondisi kulup yang panjang dari lahir hingga batas usia tertentu.

Dan bagaimana jika kulup yang panjang termasuk dalam kondisi kelainan atau sebuah keluhan? Semakin bertambahnya usia seorang pria maka kondisi tersebut juga lah yang dapat menyebabkan adanya perubahan kondisi pada area alat kelaminnya atau memunculkan sebuah keluhan. Kelainan bawaan secara fisik dari lahir juga bisa menjadi sebuah kondisi yang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang ada hingga dewasa.

Apa Fungsi Kulup Pada Alat Kelamin Pria

Secara umum untuk sistem organ reproduksi pria memiliki 2 bagian, yang setiap bagiannya juga memiliki organ-organ yang saling berpengaruh untuk jalannya fungsi organ reproduksinya. Kulup penis adalah bagian dari kelenjar yang berfungsi untuk melindungi area penis Anda dari adanya infeksi atau kondisi serius pada area penis.

Kulit longgar yang melapisi area penis seorang pria itulah yang disebut dengan kulup, lapisan tersebut adalah struktur khusus yang unik dengan fungsi imunologi, protektif, mekanis, erogen, dan juga tentunya seksual yang cukup penting pada pria. Fungsi Ini akan lebih sulit ketika Anda juga memiliki beberapa masalah kesehatan lain yang terjadi pada area sekitar kulup maupun penis.

Sebuah kulup yang belum melakukan sirkumsisi atau sunat memang akan memiliki kondisi kulup yang lebih panjang, tetapi dalam beberapa kondisi seseorang juga bisa memiliki kulup yang lebih panjang ketika dirinya sudah melakukan sirkumsisi. Beberapa kondisi tersebut dapat terjadi akibat dari adanya faktor pertambahan usia maupun faktor eksternal lainnya.

Baca Juga: Khitan Dewasa: Solusi Terhindar Dari Penyakit

chat

Risiko Untuk Pria Dengan Kulup Yang Panjang

Pria dewasa yang memiliki kulup lebih panjang biasanya dapat dengan mudah untuk mengembangkan kondisi lain yang berisiko bagi kesehatannya. Beberapa pria mungkin akan mendapatkan kondisi seperti:

o Balanitis

Balanitis adalah peradangan pada area kepala penis yang menunjukan adanya gejala kemerahan pembengkakan, bahkan rasa yang menyakitkan. Peradangan pada kepala penis terjadi ketika adanya penumpukan smegma (kotoran penis) yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kondisi iritasi dan juga infeksi pada area penis yang tertutup oleh kulup akibat tidak dapat dijangkau untuk dibersihkan.

o Phimosis

Kulup panjang pada pria dewasa dapat meningkatkan adanya kondisi keluhan phimosis, yang mana phimosis adalah kondisi dimana kulup pada seorang pria tidak dapat ditarik kembali sperti semula dan menyebabkan adanya rasa sakit. Seorang pria mungkin akan memiliki keluhan phimosis fisiologis atau juga phimosis patologis ketika dirinya memiliki kondisi kulup yang panjang.

Secara umum kedua risiko tersebut lah yang sangat dimungkinkan untuk mudah didapat ketika seorang pria mengalami kulup panjang. Sehingga kondisi-kondisi tersebut tentunya akan membutuhkan penanganan medis yang tepat dan sesuai. Jika tidak, maka Anda akan memiliki kesempatan lebih untuk mendapatkan masalah genital yang berbahaya. Lalu bagaimana cara Anda mengatasi keluhan kulup panjang jika mengakibatkan masalah kesehatan genital?

Apakah Sunat Menjadi Pilihan Terbaik Kulup Panjang?

Ya, saat ini tindakan sunat atau sirkumsisi adalah bagian dari cara mengatasi masalah kulup yang panjang pada seorang pria. Mengapa tindakan medis dengan sirkumsisi atau sunat bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda? Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi alasan Anda memilih sirkumsisi atau sunat lebih baik untuk dilakukan:

o Kondisi medis

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kondisi medis seperti phimosis, balanitis, kanker penis, infeksi saluran kemih (ISK), ataupun peradangan andrologi lainnya akan mudah menyebabkan risiko infeksi pada area organ reproduksi bagian dalam Anda. Sehingga alasan medis juga sangat mendukung untuk dilakukannya tindakan sirkumsisi atau sunat pada kulup panjang.

o Penyakit menular seksual (PMS)

Seorang pria yang melakukan sirkumsisi atau sunat lebih kecil kemungkinanya untuk dapat mengembangkan adanya infeksi menular berbahaya misalnya seperti HIV dan lainnya. Selain itu Anda juga harus lebih mempertimbangkan kondisi pada pasangan seksual ketika Anda juga memiliki kulit kulup yang panjang.

o Agama dan budaya

Dalam beberapa kebudayaan dan agama, seorang pria akan lebih dianjurkan untuk melakukan sirkumsisi atau sunat. Untuk keperluan tertentu juga banyak orang tua bahkan akan melakukan sirkumsisi pada anak laki-lakinya sejak kecil sehingga menghindari adanya kondisi-kondisi tertentu yang tidak diinginkan.

o Kebersihan

Kulup yang disirkumsisi tentunya akan lebih mudah untuk dibersihkan, dan berbeda jika dibandingkan dengan kulup yang tidak disirkumsisi. Sehingga alasan inilah yang diterapkan untuk menjaga kebersihan penis Anda, serta guna menghindari adanya risiko infeksi atau iritasi kronis pada area penis.

Saat ini tidak ditemukan bahwa sirkumsisi atau sunat akan menimbulkan beberapa kondisi yang berbahaya, dan justrus sebaliknya jika Anda tidak melakukan tindakan tersebut. Sama seperti prosedur pembedahan lainnya dimana sirkumsisi atau sunat dewasa maupun anak-anak hanya akan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup relatif singkat.

Sehingga Anda tidak perlu merasa takut atau khawatir untuk melakukan tindakan tersebut, selama tindakan tersebut dilakukan oleh tenaga medis profesional dan berkompeten. Klinik Utama Gracia juga dapat menangani tindakan sirkumsisi atau sunat, baik untuk anak-anak maupun juga untuk dewasa. Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter kami untuk informasi lebih lengkap melalui chat online atau telepon ke 081336361555 .

Baca Juga: Menjaga Kebersihan Kulup

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan