• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Sunat Adalah Bagian Dari Kesehatan Genital Pria

Sunat Adalah Bagian Dari Kesehatan Genital Pria
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )



Sunat adalah sebuah prosedur bedah di mana kulup atau kulit yang menutupi area kepala penis pria dipotong hingga batas tertentu agar kepala penis dapat terlihat. Dan juga senat adalah salah satu bagian dari tindakan yang berguna bagi kesehatan organ kelamin seorang pria. pembedahan pada area kulit kulup ini dapat dilakukan pada rentang usia berapapun, namun di Indonesia sendiri lebih sering dilakukan sejak anak-anak.

Saat ini, sebagian besar alasan orang melakukan sirkumsisi atau sunat adalah untuk kesehatan medis dan sebagian juga memiliki alasan agama atau kepercayaan yang dianutnya. Hal ini mungkin akan mengarah pada beberapa ajaran agama yang memang menyarankan untuk seorang pria melakukan sunat atau sirkumsisi ini. Tapi hal ini juga tidak selalu dijadikan sebagai patokan untuk Anda yang ingin melakukan sirkumsisi atau sunat.

Kondisi-Kondisi Yang Disarankan Untuk Melakukan Sunat

Seorang pria mungkin memang diharuskan untuk melakukan tindakan sirkumsisi atau sunat ketika dirinya memiliki beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi kondisi alat kelaminnya jika tidak sesegera mungkin dilakukan sebuah tindakan. Dan diantaranya mungkin akan termasuk sebagai kondisi yang Anda alami untuk melakukan sunat adalah:

o Phimosis

Phimosis merupakan kondisi dimana kulit kulup mengalami penyempitan dan tidak dapat ditarik kembali ke posisi semula atau ke atas kepala penis. Hal ini terjadi karena adanya perlengketan yang terjadi diantara jaringan kulup dan biasanya kondisi ini dapat diobati dengan tindakan sirkumsisi atau sunat tersebut.

o Balanitis

Peradangan yang terjadi pada area kepala penis adalah balanitis atau balanoposthitis. Balanitis akan muncul sebagai gejala kemerahan, bengkak, dan juga disertai rasa nyeri ataupun dengan adanya beberapa luka pada area kepala penis serta kulit kulup Anda. ini mungkin terjadi karena adanya beberpa hal yang berpengaruh seperti infeksi, alergi, masalah kulit kronis, dan juga kulup panjang atau belum melakukan sunat.

o Memiliki kelainan atau kondisi bawaan lahir

Kondisi bawaan yang muncul sejak lahir memang tidak dapat diketahui secara jelas, namun jika hal tersebut terjadi pada area organ kelamin seorang pria. Maka Anda juga harus melakukan sebuah tindakan yang didasari pada anjuran atau saran yang telah diberikan oleh dokter Anda, dan biasanya sunat adalah cara yagn tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Setiap orang tentu memiliki kondisi dan berbeda-beda, sehingga Anda juga bisa memiliki alasan tersendiri untuk melakukan prosedur tersebut atau tidak. Kebanyakan kasus orang dengan kondisi-kondisi seperti diatas memang akan menjadi lebih baik ketika dirinya sudah melakukan tindakan atau prosedur pembedahan tersebut, yang berarti sunat adalah jalan terbaik yang bisa menjjadi pilihan Anda.

Baca Juga: Khitan Dewasa: Solusi Terhindar Dari Penyakit

chat

Manfaat Sunat Yang Bisa Anda Dapatkan

Seperti yang tertulis diatas bahwa sunat adalah bagian dari kesehatan organ kelamin pria, tetapi Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lain yang Anda dapatkan dari tindakan sirkumsisi atau sunat yang dilakukan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh misalnya seperti:

o Mengurangi risiko penyebaran penyakit menular seksual (PMS)

o Menghindari adanya berbagai macam peradangan andrologi

o Meminimalisir adanya infeksi saluran kemih (ISK) kronis pada pria

o Menjaga kebersihan area organ kelamin

Secara teknis sunat adalah operasi sederhana dengan tingkat risiko komplikasi yang relatif rendah atau hampir jarang ditemukan adanya sebuah komplikasi dari tindakan sirkumsisi atau sunat yang dilakukan oleh seorang pria. Yang berarti Anda juga harus mempertimbangkan tindakan tersebut, terlepas dari adanya beberapa hal yang sering dikaitkan dengan sunat seperti:

o Keyakinan

o Kebudayaan

o Interfensi keluarga

o Penampilan atau preferensi pasangan

Tidak semua sunat diharuskan untuk dilakukan saat usia anak-anak, karena saat ini seorang pria dewasa juga bisa melakukan tindakan sirkumsisi atau sunat kapan saja saat dirinya menginginkan atau membutuhkannya. Bahkan ketika sunat diindikasikan untuk alasan medis, kebanyakan akan dilakukan selama masa pria dewasa atau masa setelah aktivitas seksual.

Bagaimana Prosedur Sunat Akan Dilakukan?

Sunat adalah prosedur medis yang memang harus dilakukan dengan tenaga kesehatan khusus atau dokter yang menangani setiap keluhan pada area genital Anda. Sehingga Anda tidak dapat melakukan tindakan ini secara sembarang atau tanpa adanya pengawasan dokter. Prosedur sunat pada pria atau anak-anak mungkin akan memiliki sedikit perbedaan pada cara penanganannya.

Umumnya prosedur untuk sunat adalah seperti:

o Konvensional

Konvensional adalah prosedur bedah yang memang biasanya dilakukan untuk sirkumsisi atau sunat. Untuk prosedur ini mungkin Anda juga akan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lebih lama, sehingga prosedur ini tidak disarankan bagi Anda pria dewasa yang akan melakukan sirkumsisi atau sunat.

o Laser atau coutery

Prosedur yang dilakukan dengan menggunakan alat medis yang ini memang menjadi pilihan yang sering digunakan bagi pria dewasa atau anak-anak melakukan sirkumsisi. Selain menjadi metode yang relatif ringan karena dapat meminimalkan rasa sakit, Anda juga tidak akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih panjang saat melakukan sirkumsisi atau sunat dengan prosedur ini.

Klinik Utama Gracia memberikan pelayanan lengkap dan aman untuk setiap kebutuhan dan setiap kondisi Anda, sehingga klinik kami juga menangani tindakan sirkumsisi atau sunat baik dewasa maupun anak-anak dengan metode yang canggih dan modern. Kami selalu memprioritaskan Anda disetiap tindakan yang dilakukan agar sesuai dan lebih tepat.

Untuk kemudahan konsultasi dan reservasi Anda segera hubungi kami di nomor 081336361555 atau layanan chat online kami sekarang.

Baca Juga: Sunat Laser Dan Sunat Tradisional

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan