• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Sistitis

Sistitis Adalah
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )



Sistitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Kandung kemih merupakan salah satu organ dari bagian saluran kemih yang berfungsi sebagai tempat penampungan air kemih sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Sistitis merupakan suatu penyakit yang sangat mengganggu kenyamanan penderitanya terutama pada saat buang air kecil.

Sistitis biasanya dapat pulih dalam beberapa hari. Sistitis merupakan penyakit yang sering dialami wanita, karena disebabkan oleh ukuran uretra pada wanita lebih pendek dibanding pada pria. Sehingga mengakibatkan bakteri pada bagian daerah sekitar anus mudah masuk ke dalam kandung kemih. Sistitis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri E.coli yang tinggal di usus atau kulit menjalar ke kandung kemih. Pada keadaan normal kandung kemih seharusnya dalam steril.

Beberapa penyebab terjadinya sistitis adalah :

• Disebabkan oleh hubungan seksual
• Cebok yang salah setelah buang air kecil yaitu dengan cara dari belakang depan menyebabkan perpindahan bakteri E.coli
• Penderita yang memiliki riwayat menggunakan kateter urine
• Menggunakan diafragma sebagai kontrasepsi (KB)

Apa Saja Gejala Dari Penyakit Sistitis?

Gejala dari penyakit sistitis adalah

• Terjadinya frekuensi buang air kecil yang melebihi normal, tetapi yang keluar dengan jumlah sedikit.
• Muncul rasa sakit atau sensasi terbakar pada saat buang air kecil.
• Urine yang keruh atau berbau tajam.
• Muncul nyeri pada bagian daerah sekitar perut bagian bawah.
• Muncul darah pada bagian urine.
• Biasanya tubuh akan terasa kurang sehat atau muncul demam.
 

chat

Bagaimana Cara Mendiagnosa Sistitis?

Guna mendiagnosis penyakit radang kandung kemih (sistitis) biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Serta dokter akan menanyakan gejala dari riwayat penyakit yang sedang pasien alami. Diagnosis penyakit radang kandung kemih akan ditetapkan jika pemeriksaan tersebut dilengkapi dengan pemeriksaan penunjang. Dokter akan melakukan analisis sampel urine untuk mendeteksi adanya keberadaan bakteri dalam urine serta foto rontgen atau USG untuk mencari penyebab dari peradangan saluran kemih. Pemeriksaan biasanya dapat dilakukan kultur untuk melihat bakteri penyebab dan menentukan antibiotik yang sesuai.

Apa Bahaya Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Segera Diatasi

Sistitis adalah infeksi saluran kemih yang berbahaya jika tidak mendapatkan penanganan segera, karena dapat menyebabkan gangguan pada ginjal dimana Anda pada saat seseorang mengalami infeksi pada kandung kemih, bakteri akan dapat naik dan masuk hingga ke ginjal. Seseorang tersebut akan berisiko terkena infeksi ginjal (pyelonephritis) dengan gejala-gejala yang berupa nyeri pada punggung, mual, demam hingga menggigil.

Jika infeksi ginjal yang tidak segera ditangani dapat mengarah pada kerusakan permanen pada organ tersebut. Selain itu sistitis juga dapat menyebabkan terjadi nya Sepsis yaitu komplikasi ini dapat terjadi ketika infeksi menyebar dalam aliran darah. Sepsis termasuk dalam kondisi mematikan.

Bagaimana Cara Pengobatan Sistitis?

Setelah dokter mendiagnosis, kemudian jika pasien dinyatakan positif mengalami penyakit sistitis, kemudian dokter akan menentukan langkah untuk penanganan yang dibutuhkan oleh pasien. Pengobatan sistitis tergantung pada tingkat keparahan yang dialami pasien. Jika penyakit sistitis tidak mereda biasanya penanganan yang dapat dilakukan untuk penyakit sistitis adalah dengan pemberian obat antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri.

Biasanya dokter dapat menetapkan dosis antibiotik sesuai bakteri yang terdapat dalam urine dan tingkat keparahan cystitis. Pasien biasanya dianjurkan untuk menghabiskan seluruh obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter agar infeksi dapat hilang seluruhnya.

Klinik Utama Gracia Dapat Membantu Anda Menangani Sistitis

Klinik Utama Gracia merupakan Klinik terbaik spesialis penyakit kelamin yang terletak Di Jakarta. Memiliki banyak keunggulan dan mampu bersaing dengan klinik lainnya, yang memberikan hasil penanganan sistitis dengan efek sangat baik. Klinik Utama Gracia sudah banyak berpengalaman dalam bidangnya, memiliki peralatan medis yang modern dan dokter ahli yang professional dalam bidangnya.

Anda dapat berkonsultasi secara online dengan kami, untuk mendapatkan bantuan medis dengan cara klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 081336361555.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan