• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Selaput Dara Yang Belum Robek Pada Wanita

Selaput Dara Yang Belum Robek Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

Selaput dara yang belum robek menjadi tanda atau patokan seorang wanita yang masih perawan. Hal ini didasari pemikiran masyarakat yang menganggap kondisi selaput dara pasti akan rusak bila wanita sudah pernah melakukan hubungan seksual atau dikatakan sudah tidak perawan. Padahal ada kemungkinan lain yang bisa membuat selaput dara menjadi rusak walaupun wanita belum pernah melakukan hubungan seksual sama sekali.

Membran tipis yang berada 1 sampai 2 centimeter dari vulva ini memang merupakan selubung yang menutupi bukaan vagina. Namun bukan berarti selaput ini menutupi keseluruhan bukaan, karena umumnya selaput dara akan berbentuk seperti cincin yang memiliki lubang di tengahnya. Lubang tersebut akan berfungsi sebagai tempat keluar darah ketika wanita dalam periode menstruasi. Walaupun begitu, bentuk selaput dara wanita tidak akan sama antara satu dengan yang lainnya.

Selaput Dara

Bila selaput dara yang robek menjadi tanda wanita sudah tidak perawan karena dianggap sudah pernah melakukan hubungan seksual, lalu bagaimana bila wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual namun memiliki selaput dara yang belum robek? Apakah penyebutan kata ‘masih perawan’ tetap berlaku bila wanita sudah pernah melakukan hubungan seksual namun kondisi selaput daranya masih utuh?

Di beberapa kasus, ada wanita yang tidak mengalami kerusakan atau robekan pada selaput dara yang dimilikinya walaupun sudah pernah melakukan hubungan seksual berkali-kali. Di kebanyakan wanita, malah sering terjadi robekan atau kerusakan pada selaput dara karena aktivitas lain, walaupun belum pernah melakukan hubungan seksual sama sekali. Aktivitas seperti berolahraga ekstrem, bersepeda, berkuda, ataupun kecelakaan yang menimbulkan cedera pada selaput dara.

chat

Walaupun begitu, para wanita kemungkinan tidak akan mengetahui kondisi tersebut. Karena tidak ada gejala yang menunjukan bahwa kondisi selaput dara sudah rusak atau robek. Namun terkadang ada sedikit pendarahan yang terjadi ketika selaput dara robek. Hal ini juga dipercaya menjadi tanda bahwa wanita masih perawan ketika melakukan hubungan seksual pertama kali dan mengeluarkan sedikit pendarahan. Padahal tidak semua wanita akan mengalami hal tersebut.

Selaput Dara Yang Belum Robek

Melihat kondisi selaput dara yang belum robek memang tidak akan bisa kita lakukan sendiri. Hal ini karena letak selaput dara yang berada di dalam dan harus melalui pemeriksaan oleh dokter untuk menentukan kondisinya. Walaupun dokter bisa melihat kondisi selaput dara yang dimiliki wanita, namun dokter tidak bisa menentukan apa penyebab robekan atau kerusakan selaput dara wanita tersebut, apakah karena pernah melakukan hubungan seksual ataupun karena aktivitas lain.

Pada wanita yang memiliki selaput dara yang masih utuh, akan cenderung kesulitan ketika dilakukan penetrasi. Hal ini terjadi karena ada selaput yang hanya memiliki lubang kecil yang berada di bukaan vagina tempat penetrasi dilakukan. Namun bisa juga kondisi ini tidak terjadi, karena sifat selaput dara yang dimiliki lebih elastis, dan bisa meregang tanpa mengalami robekan atau kerusakan.

Operasi Selaput Dara

Karena masih banyaknya masyarakat yang berpikiran bahwa selaput dara adalah sebuah tanda keperawanan, maka muncul lah prosedur operasi selaput dara. Prosedur ini dilakukan untuk mengembalikan selaput dara menjadi utuh seperti wanita yang ‘masih perawan’. Prosedur operasi akan dilakukan sesuai dengan kondisi selaput dara yang Anda miliki. Untuk itulah dilakukan pemeriksaan terlebih dulu untuk memastikan kondisi selaput dara. Walaupun dilakukan pada area vital, namun prosedur operasi ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan termasuk dalam operasi kecil.

Bila Anda ingin berkonsultasi dengan staf Klinik Utama Gracia, Anda bisa menghubungi staf kami melalui layanan chatting.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan