• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Selain Melalui Hubungan Seks, Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?

Selain Melalui Hubungan Seks, Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Sering sekali muncul pertanyaan apakah penyakit sipilis menular atau tidak? Dan apabila sudah terinfeksi apakah berbahaya? Simak penjelasan dibawah ini untuk menemukan jawabannya.

Sipilis atau sering disebut penyakit raja singa merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit sipilis dapat menginfeksi bagian kulit, mulut, alat kelamin, serta sistem saraf pada tubuh kita.

Penyakit sipilis ini biasanya menjangkit kaum gay atau lesbian, tetapi juga dapat menyerang wanita dan pria heteroseksual. Banyak sekali cara penularan yang bukan berasal dari hubungan seksual seperti dengan menggunakan alat mainan seks yang sama dengan orang-orang yang telah terinfeksi penyakit ini.

Apakah penyakit sipilis menular atau tidak? Penularan yang paling tinggi terjadi adalah akibat perilaku seksual baik perilaku seksual secara oral, anal maupun bagian alat kelamin wanita. Beberapa hal yang dapat menyebabkan tejadinya penularan infeksi penyakit sipilis selain dari hubungan seksual antara lain adalah :

• Penggunaan jarum suntik bersamaan seperti pada pengguna narkoba suntik maupun melalui jarum suntik dalam pembuatan tato atau tindik.

• Dari wanita hamil ke bayi yang dikandung. Disebut sebagai kongenital sipilis. Infeksi ini bisa menyebabkan kematian bayi dalam kandungan.

Bakteri penyebab terjadinya penyakit sipilis adalah bakteri yang tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia, sehingga infeksi sipilis tidak ditularkan melalui kejadian di bawah ini :

• Memakai toilet yang sama tidak menyebabkan penularan penyakit sipilis
• Memegang gagang pintu yang sama
• Berbagi peralatan makan yang sama
• Berbagi kolam renang dan kamar mandi yang sama

Baca Juga : Ketahui Pengobatan Sipilis Pada Pria Dan Wanita
 

chat

Bagaimana Cara Penularan Penyakit Sipilis?

• Pada umum nya penyakit sipilis ditularkan melalui kontak seksual, bakteri Treponema pallidum biasanya memasuki tubuh melalui luka kecil atau melalui selaput lendir.

• Penyakit sipilis dapat ditularkan dari seseorang yang mengidap penyakit ini. Penyakit sipilis dapat dideteksi dari luka yang diakibatkan pada alat kelamin eksternal, anus, vagina, atau di dalam rektum. Luka ini juga dapat muncul pada daerah bibir dan mulut. Resiko tertular sipilis sangat tinggi jika berhubungan seks dengan orang yang mengidap penyakit ini. Penyakit sipilis Tidak hanya melalui seks vaginal, tetapi juga pada anal, dan oral seks.

• Penyakit sipilis juga dapat menyebar melalui aktivitas seperti berciuman atau dapat pula menular melalui ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama masa kehamilan atau proses persalinan.

• Perlu Anda ketahui bahwa bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia, dan penyakit ini juga tidak dapat ditularkan melalui :

1. Pemakaian toilet umum dengan pengidap sipilis.
2. Memakai peralatan makan yang sama.
3. Memakai pakaian secara bergantian.
4. Mandi di kolam renang atau pun kamar mandi yang sama.

Apa Saja Bahaya Sipilis?

Penyakit sipilis menular atau tidak? Penyakit raja singa atau sipilis adalah penyakit menular seksual yang kronis dan menahun, sipilis disebut kronis karena penyakit sipilis bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lain. Oleh sebab itu sipilis disebut dengan penyakit raja singa yang memangsa banyak korbannya.

Beberapa waktu kemudian serangan penyakit sipilis seolah-olah menurun, akan tetapi Anda harus waspada terhadap penyakit ini. Sebab penyakit sipilis masih berbahaya dan Anda harus mengetahui lebih jelas tahapan penyakit. Karena sangat menular dan bisa merusak seluruh organ tubuh penderitanya hingga menyebabkan kematian.

Misalnya pembuluh darah dan syaraf lebih bahayanya, penyakit sipilis dapat menular kepada bayi yang dikandung ibu hamil yang menderita penyakit sipilis. Keganasannya dari penyakit sipilis dapat mengakibatkan bayi mengalami cacat bawaan lahir, oleh sebab itu sebaiknya lakukan pengobatan sedini mungkin untuk mencegah berbahaya akibat penyakit sipilis.

Klinik Utama Gracia Dapat Membantu Anda Mengobati Sipilis

Klinik Utama Gracia merupakan Klinik terbaik spesialis penyakit kelamin yang terletak Di Jakarta. Memiliki banyak keunggulan dan mampu bersaing dengan klinik lainnya, yang memberikan hasil penanganan sipilis dengan efek sangat baik. Klinik Utama Gracia sudah banyak berpengalaman dalam bidangnya, memiliki peralatan medis yang modern dan dokter ahli yang professional dalam bidangnya.

Anda dapat berkonsultasi secara online dengan kami, untuk mendapatkan bantuan medis dengan cara klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 081336361555.

Baca Juga : 4 Gejala Sifilis Dan Cara Mengatasinya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan