• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Samakah Penyakit Kutil Kelamin Wanita Dan Pria?

Samakah Penyakit Kutil Kelamin Wanita Dan Pria?
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (4 orang penilai )



Penyakit kutil kelamin wanita mungkin akan lebih bersifat asimtomatik jika dibandingkan dengan penyakit kutil kelamin pada seorang pria. Dan jika terlalu lama dibiarkan tentu akan berakibat lebih fatal dan lebih berisiko pada kondisi kesehatannya. Selain dikenal dengan nama kutil kelamin, beberapa orang mungkin akan menggunakan nama lain dari keluhan tersebut seperti:

o Kondiloma akuminata

o Genital warts

o Jengger ayam

o Kutil vagina

Apa Penyebab Dari Penyakit Kutil Kelamin

Jenis virus HPV (human papilloma virus) adalah penyebab penyakit kutil kelamin wanita dan pria. akan tetapi HPV juga memiliki banyak jenis atau strain yang nantinya mereka juga bisa menyebabkan adanya keluhan lain. Namun sebagian besar jenis HPV akan menghasilkan infeksi kutil kelamin sebagai efeknya, dan beberapa jenis diantaranya akan menyebabkan penyakit lain bagi wanita.

Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin akan lebih rentan untuk mendapatkan infeksi penyakit kutil kelamin. Kondisi ini akan lebih dikhususkan pada orang-orang yang memang sudah secara aktif melakukan kontak seksual baik vaginal, anal, maupun oral. Jika penyakit kutil kelamin wanita terjadi, maka ada beberapa kemungkinan yang meliputi kondisi tersebut yang diantaranya adalah:

o Wanita yang sudah aktif secara seksual di usia muda

o Memiliki kontak langsung atau berdekatan dengan area luka sifilis (chancre)

o Riwayat seksual yang tidak bersih atau sering berganti pasangan

o Memiliki pasangan seksual yang didiagnosis dengan infeksi menular seksual

o Sistem kekebalan tubuh yang yang lemah

Meskipun Anda seorang wanita yang memiliki faktor-faktor risiko seperti diatas, tidak berarti Anda juga akan mendapatkan kondisi tersebut. Namun faktor risiko diatas tersebut memang akan meningkatkan peluang seseorang untuk dapat terinfeksi virus penyebab adanya penyakit kutil kelamin wanita. Dan Anda juga tidak dapat beranggapan bahwa tidak memiliki faktor risiko berarti tidak akan mendapatkan kesempatan terjadi infeksi.

Samakah Gejala Penyakit Kutil Kelamin Wanita Dan Pria?

o Pertumbuhan benjolan yang lembut atau bergelombang

o Berwarna daging atau kulit (lebih terang atau gelap)

o Permukaaan yang tidak rata atau seperti akar

o Terlihat seperti jengger ayam, kembang kol, atau puting susu

o Tidak menimbulkan rasa sakit

Secara umum memang gejala penyakit kutil kelamin wanita dan pria tentunya sama, mungkin yang membedakan adalah letak secara spesifik dari tumbuhnya kutil tersebut. Karena jika penyakit kutil kelamin wanita biasanya akan terletak pada pembukaan vagina, labia atau bibir vagina, leher rahim atau serviks, dan area sekitar alat reproduksi lainnya.

Dan hal ini juga dapat menimbulkan adanya gejala-gejala lain pada area alat reproduksi Anda misalnya seperti:

o Perdarahan vagina

o Keluarnya cairan dari daerah vagina (seperti keputihan)

o Gatal dan sensasi terbakar

o Ketidaknyamanan yang parah

o Adanya bau yang tidak menyenangkan

Dalam beberapa waktu penyakit kutil kelamin wanita juga dapat mengakibatkan adanya kondisi keluhan serius pada area organ reproduksi bagian dalamnya. Karena untuk wanita, jenis HPV tertentu juga dapat mengidentifikasikan adanya kondisi kanker serviks, yang berarti bahwa kondisi ini dapat menjadi lebih rumit untuk seorang wanita yang terinfeksi.

Baca Juga: Infeksi Virus Kutil Kelamin Laki Laki

chat

Indikasi HPV untuk penyakit Kutil Kelamin Atau Kanker Serviks

Untuk dapat mengetahui secara pasti infeksi HPV dapat mengindikasikan adanya penyakit kutil kelamin atau kanker serviks pada seorang wanita, akan dibutuhkan pemeriksaan medis guna memastikan kondisinya. Berikut adalah pemeriksaan yang digunakan untuk mengindikasikan infeksi HPV pada seorang wanita secara lebih spesifik.

o Pap smear

Pap smear adalah pemeriksaan atau uji medis guna memeriksan kondisi sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina seorang wanita. Lebih khusus, pemeriksaan pap smear digunakan untuk mendeteksi adanya kemungkinan pertumbuhan kanker pada area leher rahim wanita. pemeriksaan ini akan disarnkan bagi wanita yang memang sudah aktif secara seksual, sehingga kondisinya juga akan lebih mudah untuk diidentifikasi.

o Kolposkopi

Hampir sama dengan pap smear, pemeriksaan kolposkopi juga digunakan untuk mendeteksi dan memeriksa adanya sel-sel abnormal yang berkembang didalam atau disekitar area alat reproduksi wanita. Melihat secara lebih dekat area yang terinfeksi atau abnormal dengan pemeriksaan kolposkopi adalah tindakan yang memang harus dilakukan oleh dokter. Sehingga biopsi atau pengujian HPV dapat dilakukan dengan benar.

Kedua jenis pemeriksaan tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda juga melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli atau penyedia layanan kesehatan khusus yang tepat. Karena tidak semua tindakan tersebut dapat dilakukan secara sembarang guna menghindari adanya risiko atau bahaya serius. Banyaknya kondisi klinik yang mungkin terjadi antara satu orang dengan orang lainnya juga akan mendorong untuk dilakukannya tes tambahan atau juga sebaliknya.

Penyakit Kutil Kelamin Wanita Harus Diobati

Setiap penyakit memang harus diobati, dan tidak terkecuali dengan penyakit kutil kelamin wanita. Masuk dalam klasifikasi penyakit menular seksual (PMS) yang berarti bahwa infeksi kutil kelamin tersebut juga berpotensi untuk menular dengan adanya segala bentuk aktifitas seksual. Sangat penting bagi Anda untuk melakukan pengobatan dan perawatan  guna menghentikan perkembangan virus dan juga mencegah adanya penularan pada pasangan seksual Anda.

Pilihan pengobatan untuk penyakit kutil kelamin wanita dapat berupa:

o Obat-obatan

Dalam kondisi ringan, pemberian jenis obat topikal mungkin akan dianjurkan oleh dokter Anda saat melakukan pemeriksaan. Anda mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lebih lama untuk memastikan kutilnya benar-benar hilang dan tetap akan memerlukan pantauan dari dokter Anda.

o Perawatan bedah atau operasi

Ini adalah tindakan yang paling sering disarankan oleh dokter dan menjadi pilihan bagi setiap pasien untuk menghilangkan penampakan fisik dari kutil kelamin yang dimilikinya. perawatan ini dapat berupa eksisi, elektrokauter, cryotherapy, atau bedah laser bisa menjadi pilihan dalam perawatan bedah atau operasi untuk mengobati kutil kelamin.

o Konseling atau tindak lanjut

Konseling atau tindakan lanjutan diperlukan untuk melihat apakah pilihan pengobatan yang dilakukan bekerja dengan baik dalam kondisi Anda. Selain itu, konseling untuk perawatan pasangan Anda juga penting dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit dan adanya timbal balik infeksi jika pengobatan hanya dilakukan pada salah satu pihak saja.

Meskipun berbagai pilihan perawatan tersedia untuk mengobati penyakit kutil kelamin wanita dan pria. Namun informasi bahwa sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus tidak dapat dihilangkan sepenuhnya dari dalam tubuh juga harus Anda ketahui. Sehingga adanya kemungkinan untuk kambuh atau berulang akan tetap ada bahkan setelah perawatan berhasil dilakukan.

Pentingnya perawatan dilakukan adalah untuk menghindari adanya kondisi lebih fatal, berkembangnya bahaya atau komplikasi, serta transmisi infeksi dari virus tersebut. Yang harus Anda lakukan setelah perawatan adalah menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh agar tetap dalam keadaan baik, sehingga perawatan tersebut juga digunakan untuk menekan pertumbuhan virusnya agar tidak menyebar keseluruh area tubuh Anda.

Lebih cepat pemeriksaan dan perawatan maka akan lebih cepat pula proses pemulihan kondisi Anda. Lakukan konsultasi dan perawatan untuk mengobati kutil kelamin Anda di Klinik Utama Gracia sekarang. Untuk pertanyaan dan konsultasi lebih jelas, silahkan hubungi dokter kami di nomor 081336361555 .

Baca Juga: Ketahui Beberapa Hal Penting Tentang Kutil Kemaluan

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan