• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pernakah Anda mendengar apa itu Prostatitis? di bawah ini ada beberapa info menarik tentang prostatitis. Mari kita simak!

Prostatitis adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan peradangan yang terletak pada kelenjar prostat. Dan Kelenjar prostat adalah organ berbentuk seperti kenari yang merupakan bagian dari sistem reproduksi pria dan terletak tepat di bawah kandung kemih. Prostat merupakan suatu struktur dengan dua lobus yang mengelilingi uretra atau suatu saluran yang menyalurkan urin dari kandung kemih keluar tubuh melalui penis dan menghasilkan paling banyak cairan yang terkandung di dalam air mani. Air mani adalah cairan yang berwarna seperti susu yang mengandung protein dan nutrisi yang memelihara dan mengangkut sperma keluar dari penis sewaktu ejakulasi.

Pada prostatitis, pembengkakan kelenjar prostat akibat peradangan menyebabkan rasa nyeri dan kesulitan berkemih. Kebanyakan pria juga menunjukkan gejala nyeri pada saat ejakulasi sewaktu melakukan hubungan seksual. Terdapat empat tipe prostatitis.

Prostatitis Bakterialis Akut adalah bentuk yang jarang terjadi tetapi merupakan bentuk yang paling berat yang disebabkan karena infeksi bakteri yang tiba-tiba. Hal ini mudah untuk dikenali melalui awitan gejala yang timbul secara tiba-tiba, seperti nyeri saat berkemih, nyeri punggung bagian bawah, demam dan menggigil. Prostatitis Bakterialis Kronis yang juga disebabkan oleh infeksi bakteri tetapi gejalanya timbul secara bertahap dan bertahan selama lebih dari 3 bulan.

Prostatitis Kronis adalah bentuk paling sering dari prostatitis dan tidak disebabkanoleh infeksi bakteri. Penyebab pastinya biasanya tidak diketahui. Gejala-gejala sama dengan prostatitis bakterialis akut tetapi tanpa disertai demam.

Prostatitis Inflamatori Asimtomatik tidak menimbulkan gejala apapun dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja ketika melakukan tes untuk masalah lain. Prostatitis yang disebabkan oleh bakteri dapat ditangani dengan menggunakan antibiotik. Penghilang rasa nyeri juga dapat digunakan untuk mengendalikan gejala. Penderita kondisi ini tidak memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker prostat.

Pada halaman ini kita akan membahas tentang gejala dan penyebab dari penyakit prostatitis. Berikut penjelasannya.

Bagaimana gejala pada penyakit prostatitis?

Gejala prostatitis biasanya lebih sering mirip dengan gejala infeksi saluran kemih lainnya. Beberapa gejala prostatitis adalah:

1.Sulit atau nyeri atau panas saat buang air kecil.

2.Sering buang air kecil.

3.Demam bisa sampai menggigil.

4.Terasa nyeri punggung bawah

5.Nyeri pada batang kemaluan, testis atau perineum daerah antara testis dan anus.

6.Kurang mampu ereksi dan terkadang nyeri pada saat atau setelah ejakulasi.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya prostatitis.

prostat menjadi terinfeksi masih belum jelas. Bakteri yang menyebabkan prostatitis dapat masuk ke prostat dari uretra karena aliran mundur urin yang terinfeksi.

Selain itu ada beberapa kondisi tertentu yang meningkatkan risiko seseorang mengembangkan prostatitis. Faktor risiko tersebut adalah:

    1.Memiliki saluran kemih yang abnormal
    2.Baru-baru ini memiliki infeksi kandung kemih
    3.Melakukan hubungan anal
    4.Baru-baru ini menggunakan alat medis, seperti kateter urin
    5.Memiliki pembesaran prostat.

Ada tiga jenis penyakit prostatitis.

Jenis pertama dan kedua merupakan prostatitis bakteri akut dan prostatitis bakteri kronis. Kedua-duanya ini disebabkan oleh infeksi pada prostat. Prostatitis
dianggap kronis jika berlangsung lebih dari 3 bulan. Prostatitis juga dapat terjadi akibat otot-otot panggul atau kandung kemih yang tidak bekerja sempurna, jenis
yang satu ini masuk ke dalam prostatitis non bakterial kronis/sindrom nyeri panggul kronis dan merupakan kasus prostatitis terbanyak yang pernah terjadi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai gejala dan penyebab prostatitits, dan semoga sedikit info ini dapat bermanfaat bagi Anda terima kasih.

Seperti yang kita telah ketahui bahwa prostat hanya dimiliki oleh para kaum pria saja. Fungsinya adalah sebagai penghasil semen untuk menutrisi sperma Anda. Prostat berukuran sebesar biji kenari dan letaknya berdekatan dengan kandung kemih. Peradangan prostat atau prostatitis adalah suatu gejala peradangan yang disebabkan karena infeksi. Penyebab umumnya biasanya virus atau bakteri tetapi mungkin juga disebabkan oleh kondisi lain seperti cedera karena kecelakaan, operasi prostat sebelumnya, kelainan kinerja organ tertentu serta pemasangan kateter urin dan lain-lain.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengobati prostatitis:

Untuk mengatasi penyakit prostatitis bisa dengan cara medis. Seperti mengobati penyakit infeksi pada umumnya, obat yang diberikan untuk mengatasi penyakit ini ialah dengan memberikan obat obatan antibiotik. Pemberian antibiotik mungkin akan diterapkan dalam beberapa minggu, hal ini untuk mengobati atau menghilangkan terjadinya infeksi. Selain pemberian obat obatan antibiotik, pasien mungkin juga harus diberikan paracetamol dan ibuprofen. Pemberian obat obatan pereda sakit semacam ini diberikan untuk menurunkan panas jika pasien mengalami demam. Dalam beberapa kasus, terkadang pasien perlu diberikan obat obatan pereda sakit yang lebih kuat lagi.

Itulah informasi dasar tentang definisi Penyakit prostatitis. Walaupun penyakit ini merupakan penyakit yang jarang terjadi, namun penyakit merupakan penyakit yang patut kita waspadi. Karena jika hal ini terjadi, akan sangat menggangu kenyamanan hidup Anda.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan