• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

PID Adalah Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

PID Adalah Penyakit Radang Panggul Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

Pernah mendengar tentang penyakit PID? PID adalah kependekan dari pelvic inflammatory disease. Penyakit yang dikenal dengan nama penyakit radang panggul ini bisa dialami oleh wanita yang berusia 15 sampai 24 tahun yang sudah aktif secara seksual.

Lebih jelasnya, PID adalah infeksi yang terjadi di tuba fallopi, rahim, ovarium, leher rahim atau panggul wanita. Efek yang akan ditimbulkan dari PID adalah terjadinya infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita, nyeri panggul yang kronis dan juga terjadinya kehamilan ektopik.

Penyebab

Salah satu penyebab PID adalah penyakit menular seksual, seperti klamidia dan gonore. Bakteri penyebab kedua penyakit ini dapat menginfeksi leher rahim, dan menyebar dari vagina menuju ke organ reproduksi atas. Di beberapa kasus, penyebab penyakit ini belum diketahui dengan pasti. Namun umumnya bakteri yang hidup di vagina bisa saja mengakibatkan terjadinya penyakit ini.

Adapula faktor pemicu dari terjadinya penyakit radang panggul ini, yaitu keguguran, persalinan, aborsi, berganti-ganti pasangan seksual, melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, memiliki riwayat penyakit radang panggul, penyakit menular seksual, dan juga kebiasaan membersihkan vagina (vaginal douching).

Gejala

Penderita penyakit radang panggul ini tidak selalu mengalami gejala, bahkan di sebagian besar kasus, gejala ini sulit dikenali. Namun jika muncul, gejala yang akan terjadi yaitu sakit pada bagian panggul dan perut bagian bawah, mengalami nyeri saat buang air kecil, dan juga terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual. Selain itu, penderita juga bisa mengalami demam tinggi, mual, muntah, dan mengalami keputihan abnormal yang berwarna kuning atau hijau.

Penderita penyakit radang panggul juga akan mengalami periode menstruasi yang lama dan terasa menyakitkan, serta terjadi pendarahan di luar menstruasi ataupun setelah melakukan hubungan seksual.

chat

Pengobatan

Sebelum melakukan pengobatan, umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan diagnosa. Setelah bertanya tentang gejala yang dialami penderita, dokter akan mengambil sampel cairan dari vagina atau leher rahim, untuk melihat adakah infeksi bakteri. Selain itu, tes lain seperti tes darah, tes urine, tes kehamilan, USG, CT scan ataupun MRI mungkin juga akan disarankan untuk Anda lakukan.

Setelah mendapatkan diagnosis yang tepat, maka pasien akan diberikan pengobatan berupa antibiotik. Pemberian antibiotik ini biasanya pada pasien yang masih berada di tahap awal penyakit radang panggul tersebut. Selain antibiotik, pasien juga akan diberikan obat pereda rasa sakit. Jika penyakit ini sudah tergolong berat, pasien bisa mendapatkan antibiotik melalui infus.

Pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi IUD, kemungkinan dokter akan menganjurkan untuk melepasnya jika pengobatan tidak kunjung membuahkan hasil setelah beberapa hari. Selain itu dokter akan menyarankan pasangan seksual Anda juga menjalani pemeriksaan dan pengobatan. Melakukan hubungan seksual selama masa pengobatan juga kemungkinan akan dilarang oleh dokter, sampai penyakit ini bisa tertangani.

Bila sudah memasuki tahap yang lebih serius, dokter akan menyarankan melakukan operas pengangkatan rahim atau histerektomi ataupun pengangkatan ovarium atau ooforektomi. Biasanya prosedur tersebut dilakukan jika antibiotik dinilai tidak juga efektif menyembuhkan infeksi yang terjadi ataupun karena munculnya abses di organ yang terinfeksi tersebut. Prosedur pengangkatan ini dilakukan agar infeksi tidak menyebar ke panggul ataupun perut.

Jika Anda mengalami gejala PID atau penyakit radang panggul, segera periksakan kondisi Anda agar tidak menjadi lebih parah dan menyebabkan infertilitas. Selain itu, jika Anda sedang melakukan pengobatan, maka sebaiknya dilakukan hingga tuntas, agar tidak terjadi infeksi yang berulang.

Konsultasikan dengan dokter ataupun staf medis Klinik Utama Gracia terkait dengan penyakit radang panggul yang Anda alami. Lebih cepat mendapatkan diagnosis yang pasti, akan lebih cepat juga pengobatan dilakukan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan