• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Phimosis Pada Pria

Phimosis Adalah | Pengertian Phimosis Pada Pria
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (14 orang penilai )

phimosis

Phimosis

Phimosis adalah salah satu gangguan pada tubuh manusia yang timbul pada organ kelamin pria atau laki-laki. Jadi Pengertian Phimosis adalah keadan dimana kulit luar ujung penis atau preputium yang menempel di bagian ujung penis dan sulit untuk di tarik ke arah belakang. Jika keadaan seperti ini di biarkan dan tidak secara tepat ditangani tentu akan mengakibatkan penderita keadaan phimosis ini menjadi tidak sehat. Dokter Klinik Utama Gracia menganjurkan kepada Anda para pria yang mengalami hal seperti ini untuk segera melakukan tindakan pemotongan kulup atau sunat, tindakan ini dilakukan dengan memotong dan membuka kulit ujung penis agar kulit tersebut dapat terbuka dan penderita dapat melancarkan proses pembuangan air seni.

Phimosisi mungkin merupakan suatu keadaan yang normal dan sering ditemukan pada bayi laki-laki yang baru lahir. Dan biasanya laki-laki yang mengalami hal seperti ini ketika beranjak ke masa pubertas, maka phimosis tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Memang keadaan yang sangat menyulitkan keadaan bagi para kaum pria, karena keadaan ini menyebabkan kulup atau kulit luar penis ini tidak dapat ditarik ke atas karena kondisi kulit yang melingkupi kepala penis terebut.

Pernakah Anda mendengar kata Preputium, preputium adalah kulit yang mengelilingi dan menutupi penis laki-laki. Prepetium terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan dalam dan lapisan luar sehingga kulit penis  dapat ditrik ke depan dan belakang pada penis laki-laki. Pada lapisan bagian bagian dalam preputium melekat di bagian glans penis. Terkadang perlekatan ini cukup luas sehingga hanya bagian lubang untuk berkemih yang dapat terbuka.

 

phimosis adalah

Klinik Utama Gracia Indonesia

Phimosis Kongenital Dan Phimosis Sebenarnya

1. Phimosis kongenital  timbul ketika bayi laki-laki lahir, sebenarnya hal ini merupakan kondisi yang normal dan biasa terjadi pada masa anak-anak bahkan sampai masa remaja. Kulit preputium yang selalu melekat erat pada organ glans penis dan tidak dapat ditarik ke bagian belakang pada saat bayi pria lahir. Tapi seiring bertambahnya umur serta produksi hormon dan faktor pertumbuhan lain maka akan terjadi proses keratinisasi pada lapisan epitel dan deskuamasi antara organ glans penis dan lapis dalam preputium sehingga kulit yang menempel pada ujung penis dapat terpisah dari glans penis. Menurut para staff terahli kami berdasarkan penelitian yang terjadi mereka mendapatkan bahwa sebagaian kecil bayi laki-laki atau pria yang mengalami kulit preputium dapat ditarik ke belakang penis secara menyeluruh pada saat keadaan bayi pria baru lahir hanya beberapa pesen saja. Sebagian kemungkina besar bayi sampai pada saat usia 3 tahun mengalami ini bisa sampai 30% dan hanya sebgaian sangat kecil  bahkan langka terjadi  laki-laki yang mengalami hal seperti ini sampai usia mereka berada di usia 17 tahun. Adapaun penelitian lain di dunia menyatakan hanya 10% dari 100 anak pria yang berusia 5-13 tahun yang mengalami  seluruh kulit preputiumnya dapat ditarik ke arah belakang bagian penis.

2. Pimosis yang sebenarnya adalah keadaan yang timbul dan terjadi setelah bayi lahir dan beranjak dewasa. Hal ini sangat berkaitan dengan kebersihan kelamin yang kurang baik, peradangan kronik glans pada penis dan kulit preputium. Untuk itu penting sekali bagi kaum pria agar selalu menjaga kebersihan kelamin mereka agar terhindar dari masalah phimosis ini.

Pengklasifikasian Phimosis

Penelitian medis phimosis pada anak-anak telah di lakukan oleh banyak tim Klinik Utama Gracia. Ketika pria memasuki usia sepuluh tahun 50% dari kaum pria harus bisa menarik mereka kulit kulup mereke sendiri agar bagian kulit kulit ini bisa merenggang sehingga kulup akan terus dalam keadan baik dan normal. Di tahun 1993 para pakar peneliti mempelajari Kikiros dan pengobatan lain untuk mengatasi phimosis pada anak laki-laki. Salah satunya adalah dengan menggunakan krim steroid dan peregangan terhadap kulit ini secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa penjelasan mengenai phimosis yang wajib Anda khususnya para pria ketahu secara jelas. Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi Anda semua terima dan ketahui segalanya dengancerat tentang phimosis ini  kasih
 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan