• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Pernahkah Anda Keputihan Seperti Ampas Tahu?

Pernahkah Anda Keputihan Seperti Ampas Tahu?
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Keputihan seperti ampas tahu? Pernahkan Anda mendapatkan keluhan keputihan tersebut? setiap wanita tentu akan lebih familiar dengan sebuah keluhan keputihan, namun sebelumnya tahukan Anda tentang keputihan ampas tahu? Saat ini banyak keluhan dan kondisi yang dapat menjadikan seseorang bisa berkesempatan lebih untuk mendapatkan keluhan keputihan tersebut.

Sangat mudah bagi seorang wanita untuk mendapatkan kondisi keluhan keputihan seperti ampas tahu atau juga keluhan keputihan abnormal lainnya. Secara umum keputihan adalah salah satu sistem mekanisme dari dalam tubuh seorang wanita yang terjadi secara alamiah. Akan tetapi banyak orang juga yang tidak dapat menyadari kondisinya sehingga cencerung lebih membiarkan keluhan terjadi.

Produksi keputihan dari satu orang ke orang lainnya tentunya bervariasi dan juga memiliki konsistensi yang bisa berubah-ubah, serta yang lebih mencolok adalah penampilan atau bentuk dari keputihan itu sendiri. Hal tersebut akan didukung oleh beberapa faktor yang mana mendukung adanya keluhan yang dirasakan, dan ini termasuk seperti:

o Hormonal
o Infeksi
o Siklus menstruasi
o Kehamilan

Penyebab Utama Keputihan Seperti Ampas Tahu

Penyebab dari keputihan seperti ampas tahu biasanya lebih didominasi oleh adanya infeksi kandidiasis vagina, infeksi jamur candida ini menyebabkan iritasi bahkan peradangan serius pada vagina dan vulva vagina. Dalam beberapa kasus keluhan tersebut seseorang bisa memiliki dua kemungkinan yang bisa didapat yaitu termasuk dalam kondisi yang menular atau tidak menular.

Dikarenakan jamur penyebab keluhan dapat menyebar melalui kontak seksual, namun seorang wanita yang tidak aktif secara seksual juga bisa mendapatkan keluhan keputihan ampas tahu tersebut. Sehingga untuk dapat memastikan kondisi seseorang dengan baik, pemeriksaan dengan dokter akan dibutuhkan dan diperlukan dalam mengidentifikasi keluhan secara pasti.

Seorang wanita dengan infeksi kandidiasis biasanya akan memiliki tanda dan gejala keputihan yang meliputi:

o Keputihan dengan warna yang lebih pekat atau tebal
o Berbentuk seperti ampas tahu atau keju cottage
o Adanya rasa gatal pada area genital
o Iritasi atau kemerahan disekitar vulva vagina
o Gejala infeksi saluran kemih (ISK)
o Munculnya bau dari keputihan atau rasa terbakar pada area genital Anda

Sama halnya dengan gejala keluhan keputihan abnormal lain, keluhan keputihan seperti ampas tahu juga memiliki gejala umum yang hampir sama. Yang membedakana dalah bentuk atau tekstur dari keputihannya dan juga warna dari keputihan tersebut. Dapat dipastikan jika seseorang juga akan lebih berpotensi untuk mendapatkan keputihan abnormal jika dirinya juga memiliki kebersihan pribadi yang buruk.


Baca Juga: Keputihan Yang Normal VS Keputihan Tidak Normal

Indikasi Keluhan Dari Keputihan Seperti Ampas Tahu

Apa saja bagian dari dalam organ reproduksi yang juga bisa termasuk dalam indikasi keluhan dari keputihan seperti ampas tahu tersebut. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa keputihan adalah salah satu bagian dari siklus organ reproduksi seorang wanita yang bisa dikatakan normal, jika kondisinya juga tidak didominasi dengan adanya gejala-gejala lain.

Yang berarti adalah jika seorang wanita mengalami sebuah infeksi pada organ reproduksi bagian dalamnya tentu memberikan efek bagi area disekitarnya, sehingga sangat mudah untuk menyebabkan keluhan lain muncul sebagai bahaya atau komplikasinya. Apa saja jenis keluhan atau penyakit yang bisa disebabkan oleh kondisi tersebut? berikut adalah diantaranya:

o Erosi serviks

Erosi servik termasuk dalam salah satu penyakit ginekologi yang mana tentu kondisi ini akan berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi bagian dalam seorang wanita. Erosi serviks terjadi ketika sel atau kelanjar lunak yang melapisi bagian dalam saluran serviks menyebar ke permukaan luar.

o Radang panggul

Kondisi peradangan ini akan bersifat lebih kompleks bagi seorang wanita dimana pada area panggul mereka meliputi rahim, ovarium, serta tuba fallopi. Kondisi ini mungkin akan lebih dirasakan menyakitkan dan juga berbahaya bagi kesehatan seluruh organ genital Anda.

o Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS) adalah salah satu kondisi dimana yang juga bisa muncul akibat keluhan keputihan Anda atau juga menjadi kondisi yang mengakibatkan adanya bahaya yang ditimbulkan.

o Vaginitis

Peradangan pada vagina adalah vaginitis, keluhan keputihan seperti ampas tahu juga bisa diindikasikan sebagai keluhan vaginitis. Dimana kondisi ini mungkin akan lebih sering ditemukan dan didiagnosis oleh dokter Anda.

 

chat

Mengatasi Keputihan Seperti Ampas Tahu

Bagaimana cara Anda mengatasi keluhan keputihan seperti ampas tahu? Dalam beberapa kasus keluhan keputihan ampas tahu seorang wanita akan lebih menyadarinya ketika keluhan tersebut juga sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Dibutuhkan pemeriksaan dan perawatan yang harus Anda lakukan untuk mengatasi keluhan tersebut secepatnya guna menghindari adanya bahaya.

Secara medis Anda tentu akan membutuhkan perawatan dengan bantuan dokter, dan selain itu hal ini juga digunakan untuk mengatasi kondisi yang lebih serius akibat infeksi yang ditimbulkan. Dokter Anda tentu akan lebih menyarankan untuk melakukan beberapa tes dan uji klinik yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menegakkan diagnosisnya misalnya seperti:

o Pemeriksaan fisik
Pemeriksaan fisik yang menyangkup juga konsultasi didalamnya akan sangat membantu dokter Anda dalam mendapatkan informasi secara langsung mengenai riwayat kesehatan serta juga juga kondisi Anda.
o Uji dan tes laboratorium
Pengujian dan tes dengan mengambil sampel sekresi keputihan, urin, darah, maupun sampel lain yang bisa digunakan dalam proses diagnosis tentunya akan dilakukan oleh dokter Anda. Pengujian ini biasanya akan sangat membantu dalam menentukan jenis penyebab keluhan secara pasti.

Setelah proses pemeriksaan sudah dilakukan serta Anda juga sudah mendapatkan diagnosisnya dengan tepat maka perawatan adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan guna menyembuhkan keluhannya tersebut. Keberhasilan dalam sebuah perawatan yang baik akan diperoleh dengan adannya kerjasama yang baik pula dari Anda dan juga dokter.

Untuk menentukan dimana dan dengan siapa Anda harus melakukan pemeriksaan tentunya akan menjadibagian yang penting bagi Anda. Dengan pemeriksaan dan perawatan yang tepat maka Anda juga akan terhindar dari perawatan yang dilakukan secara sembarangan atau tidak sesuai dengan kondisinya.

Klinik Utama Gracia memberikan pelayanan medis yang lengkap dan terpadu untuk setiap keluhan di organ reproduksi baik wanita maupun pria. Jangan tunggu keluhan Anda bertambah parah, hubungi kami dinomor 081336361555 atau klik link konsultasi kami untuk terhubung dengan layanan chat online.
 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan