• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Perkembangan Kutil Di Kelamin Apakah Berbahaya?

Perkembangan Kutil Di Kelamin Apakah Berbahaya?
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Tumbuhnya kutil di kelamin apakah berbahaya dan sama dengan tumbuhnya kutil yang ada didaerah lain? Ini adalah jenis kutil yang tidak sama dengan kutil pada umumnya, namun Anda harus lebih memperhatikan letak dan jumlah tumbuhnya kutil tersebut didalam tubuh guna mengatasi keluhannya dan mencegah adanya pertumbuhan kutil menjadi besar atau lebih berbahaya bagi kesehatan dan tubuh Anda.

Tumbuh Kutil Di Kelamin Dan Penyebabnya

o Genital warts

o Kondiloma akuminata

o Kembang kol

Beberapa istilah atau sebutan lain diatas adalah sama halnya untuk menunjukan adanya keluhan kutil kelamin. Ini adalah pertumbuhan di area genital secara abnormal yang cukup berisiko bagi seseorang yang memiliki riwayat kontak seksual secara aktif. Kutil di kelamin apakah berbahaya adalah penyakit menular seksual(PMS), penyakit yang bisa Anda dapatkan dari berhubungan seksual dengan seseorang yang menderita infeksi tersebut. Anda bisa mendapatkan PMS dari hubungan seks vaginal, anal atau oral.

Gejalanya dapat terlihat seperti benjolan kecil berwarna kulit atau berkelompok yang terbentuk seperti kembang kol atau jengger ayam. Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang disebut human papilloma virus (HPV). Beberapa jenis HPV, termasuk yang menyebabkan keluhan kutil kelamin, dapat meningkat atau berubah kondisinya menjadi risiko kanker pada beberapa orang.

Baca Juga: Ini Efek Kutil Kelamin Pria Jika Anda Terinfeksi

chat

Tumbuhnya Kutil Di Kelamin Apakah Berbahaya?

Virus yang menyebabkan kutil kelamin, mungkin juga menyebabkan kondisi kanker atau pertumbuhan sel abnormal didalam organ reproduksi atau sistem tubuh. Yang paling umum dapat menyebabkan kanker serviks untuk wanita dan kanker penis pada pria. Sebagian besar wanita yang telah didiagnosis menderita kanker serviks, juga menderita kutil kelamin dan terinfeksi HPV.

Selain itu, HPV juga telah dikaitkan dengan beberapa kondisi kanker lainnya seperti:

o kanker vulva (area genital wanita)

o kanker anal (anus)

Tidak semua infeksi HPV menjadi kanker. Tetapi melakukan tes pap smear secara teratur, di mana dokter mengambil sampel dari serviks (pembukaan rahim) pada wanita akan sangat dianjurkan untuk menemukan kanker serviks lebih awal. Risiko terberat kutil kelamin pada wanita dapat menyebabkan beberapa komplikasi selama kehamilan atau kelahiran. Kutil di kelamin apakah berbahaya juga memiliki tingkatan yang sama seriusnya untuk pria jika terus dibiarkan.

Indikasi Saat Kutil Kelamin Terus Berkembang

Pada wanita:

Bagaimana jika kutil kelamin Anda terus berkembang dan kutil di kelamin apakah berbahaya? Kutil mungkin bertambah besar selama kehamilan dan memblokir area vagina, dimana sistem tubuh seorang wanita tidak memiliki kemampuan yang cukup stabil untuk melawan infeksi virusnya. Meskipun sangat jarang, bayi yang dilahirkan bisa mengembangkan tumbuhnya kutil di tenggorokan. Ini mungkin masalah yang sangat serius hingga mengalami kesulitan bernapas. Jadi, operasi laser dilakukan untuk menghilangkan kutil dari tenggorokan guna memungkinkan bayi bernafas atau melakukan operasi caesar untuk mengurangi risiko penularan melalui jalan lahir.

Pada Pria:

Kutil di kelamin apakah berbahaya juga pada pria? Hal ini umumnya menyebabkan buang air kecil (BAK) yang menyulitkan atau tidak dapat dilakukan secara tuntas, akibat kemungkinan pertumbuhan kutil pada saluran uretra atau menutupi saluran kemihnya. Jika kutil ditemukan di dalam penis pria kondisi seperti displasia hingga kanker penis atau pertumbuhan sel abnormal pada area kulit kulup juga bisa terjadi. Kondisi untuk pria yang memiliki kontak seksual dengan pria juga memungkinkan adanya perkembangan kanker anal dan juga HIV.

Kunjungi Dokter Kami Segera!

Klinik Utama Gracia merupakan klinik khusus untuk organ reproduksi pria dan wanita, dan menangani setiap keluhan penyakit menular seksual (PMS) secara intensif. Didukung oleh metode pelayanan kesehatan terbaik dan unggulan, kami hadir untuk memberikan solusi kesehatan yang Anda butuhkan. Jangan tunda lagi, kunjungi klinik kami untuk pemeriksaan langsung!

Ajukan pertanyaan konsultasi awal Anda pada kami secara gratis melalui chat online dan teledokter kami di nomor 081336361555 agar lebih mudah dalam akses layanan terbaik kami.

Baca Juga: Waspada Komplikasi Kutil Kemaluan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan