• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Perbedaan Pengertian Ejakulasi Dini Dan Impotensi

Perbedaan Pengertian Ejakulasi Dini Dan Impotensi
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )

Pengertian ejakulasi dini kadang sering disalahartikan sebagai impotensi, padahal keduanya sangat berbeda. Ejakulasi dini dan impotensi atau disfungsi ereksi memang merupakan permasalahan seksual pria. Namun ejakulasi dini lebih banyak dialami, daripada impotensi. Agar tidak salah untuk mengartikannya, untuk itu Anda harus mengetahui pengertian ejakulasi dini dan juga impotensi beserta hal lain yang penting untuk diketahui oleh setiap pria.

Pengertian Ejakulasi Dini Dan Impotensi

Ejakulasi dini merupakan kondisi pria yang mengalami klimaks atau keluarnya sperma yang terlalu cepat ketika melakukan hubungan seksual. Jadi ejakulasi ini bisa saja terjadi sebelum atau bahkan beberapa saat setelah melakukan penetrasi seksual. Walaupun sebenarnya tidak ada waktu pasti yang bisa membuat ejakulasi pria dikatakan sebagai ejakulasi dini, namun rata-rata pria mencapai ejakulasi setelah penetrasi adalah lima setengah menit.

Sedangkan impotensi atau disfungsi ereksi merupakan kondisi pria yang tidak bisa memulai ataupun mempertahankan ereksi. Jangan disalahartikan bahwa impotensi sama dengan mandul. Karena mandul merupakan kondisi pria yang tidak subur, bukannya tidak bisa ereksi.

Penyebab Ejakulasi Dini Dan Impotensi

Faktor penyebab yang bisa membuat pria mengalami ejakulasi dini bisa karena psikologis ataupun fisik. Seperti misalnya cemas, stres, depresi, gangguan pada prostat, dan juga tiroid. Bisa juga disebabkan karena penggunaan obat tertentu. Ejakulasi dini ini bisa terjadi pada semua pria, tidak tergantung pada umur. Namun jika ejakulasi dini hanya terjadi sesekali, maka itu adalah suatu hal yang wajar. Kecuali jika lebih dari 50 persen hubungan seksual yang pernah Anda lakukan mengalami ejakulasi dini, jika terjadi, maka segera temui dokter.

chat

Hampir sama dengan ejakulasi dini, impotensi juga bisa terjadi karena faktor psikologis dan juga fisik, seperti cemas, stres, gaya hidup tidak sehat, konsumsi obat tertentu, gangguan di sistem saraf, gangguan peredaran darah, kelainan pada struktur penis, dan juga gangguan pada keseimbangan hormon. Impotensi ini banyak terjadi pada pria yang sudah berusia 40 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan juga pria di bawah usia tersebut bisa mengalami kondisi ini.

Pengobatan Ejakulasi Dini Dan Impotensi

Karena kondisi yang berbeda, maka pengobatan untuk keduanya pun sudah pasti berbeda. Ejakulasi dini biasanya tidak membutuhkan penanganan yang sulit, apalagi jika kondisi ini hanya sesekali saja Anda alami. Anda bisa mengobati ejakulasi dini dengan cara menggunakan kondom yang lebih tebal agar sensitivitas penis menjadi menurun, selain itu juga cobalah untuk mengalihkan pikiran Anda ketika melakukan hubungan seksual.

Jika ejakulasi dini sering terjadi, maka dokter biasanya akan memberikan obat-obatan yang termasuk dalam jenis antidepresan. Anda juga bisa melakukan terapi bersama pasangan untuk mengatasi kondisi ini.

Sedangkan untuk pengobatan impotensi biasanya akan dilakukan dengan penanganan penyebab dari impotensi tersebut sesuai dengan hasil diagnosis yang sudah dilakukan dokter. Karena biasanya impotensi akan sembuh ketika penyebabnya sudah ditangani dengan tuntas.

Selain itu Anda bisa mendukung pengobatan dengan cara mencegah terjadinya stres, olahraga yang teratur, konsumsi makanan sehat, menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, dan juga menurunkan berat badan jika Anda mengalami obesitas.

Itulah pengertian ejakulasi dini dan impotensi, beserta penjelasan lainnya terkait kedua permasalahan seksual pria tersebut. Jika Anda mengalami dua permasalahan ini, sebaiknya konsultasikan segera pada dokter, agar mendapatkan solusi yang terbaik. Hal ini diperlukan demi menjaga keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan.

Konsultasikan kondisi Anda pada staff Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online yang berada pada halaman ini. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan