• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil - Penyebab Sering Buang Air Kecil
Nilai Rata-rata: 7.8 / 10 (5 orang penilai )

sering buang air kecil

Apakah Anda sering buang air kecil setiap saat? Anda bingung penyebabnya apa? Agar Anda tidak terlalu sering ke kamar mandi lagi mari kita simak sekilas tentang penyebab sering buang air kecil. Beberapa orang akan mengalami masalah ini, tanpa ada indikasi atau penyebab sering buang air kecil yang dialami. Akan tetapi beberapa orang akan mengalami sering BAK karena ada indikasi yaitu salah satunya menderita penyakit.

Karena beberapa penyakit juga, dapat menyerang Anda dan mengakibatkan anda sering ke kamar kecil. Kebanyakan orang dapat menampung urin pada kantong kemih dalam sehari, melakukan aktivitas ke toilet sebanyak 4-8 kali sehari. Ada juga yang mengalami hal yang sama jika pada malam hari. Orang yang sering BAK, biasanya terjadi pada malam hari. Adapun penyebabnya jika sering buang air kecil, tetapi pada malam hari bisa jadi Anda terlalu banyak minum atau terlalu dekat dengan waktu tidur, dan Anda mengalami suatu penyakit.

Setiap orang memiliki masalah dan penyebab yang berbeda-beda. Karena ada beberapa orang disertai demam, adapun karena seseorang itu terdesak harus buang kecil, bisa jadi Anda memiliki infeksi saluran kemih, dan ada pun beberapa penyebab lain yaitu :

Penderita Diabetes

Penyakit diabetes sering menimbulkan rasa untuk buang air kecil. Ini merupakan gejala awal yang terjadi pada penderita diabetes. Kenapa demikian? Karena pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 sebagian tubuh akan mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urin, maka seseorang penderita diabetes akan mengalami sering buang air kecil

Wanita hamil

Biasanya seringa buang air kecil pada minggu-minggu pertama awal kehamilan, karena kehamilan semakin membesar, rahim akan menempatkan tekanan pada kandung kemih, sehingga menyebabkan wanita hamil sering buang air kecil

Prostat

Penderita prostat juga akan mengalami hal yang sama yaitu jika prostat membesar maka dapat menekan uretra dan menghalangi aliran urin. Sehingga menyebabkan dinding kandung kemih akan menjadi tegang, sehingga kandung kemih akan berkontraksi dan menyebabkan sering ke kamar mandi.

Interstitial cystitis

Kondisi dimana akan mengalami rasa nyeri pada bagian kandung kemih dan daerah panggul. 

Penggunaan obat diuretic

Obat-obat ini biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau karena penumpukan cairan pada ginjal sehingga urin tidak dapat menampung terlalu banyak pada kandung kemih dan mengakibatkan seseorang akan sering buang kecil.

Beberapa penyebab di atas merupakan sebagian dari beberapa masalah yang terjadi pada beberapa orang yang sering BAK. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa langsung konsultasi dengan tim medis Klinik Utama Gracia

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan