• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda

Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Keputihan saat hamil muda mungkin hal yang sering terjadi pada wanita. Ketika anda mengalami keputihan tersebut, anda tidak perlu merasa cemas dan panik. Kondisi keputihan yang terjadi ketika anda sedang hamil muda merupakan kondisi yang wajar. Keputihan adalah cairan yang diproduksi oleh rahim untuk melindungi organ reproduksi dari serangan bakteri, jamur, dan protozoa.

Kadar cairan keputihan saat hamil memang akan mengalami peningkatan cukup banyak dibandingkan pada biasanya. Hal ini disebabkan oleh kondisi peningkatan kadar hormon yang muncul di dalam tubuh dan juga dikarenakan peningkatan aliran darah yang mengalir menuju daerah panggul lebih meningkat dibandingkan saat tidak hamil.

Kondisi keputihan yang terjadi saat hamil muda pun disebabkan oleh faktor psikologis yang mempengaruhi emosi dari ibu hamil. Keputihan saat anda hamil merupakan kondisi normal yang terjadi. Tetapi terkadang keputihan yang keluar dari organ vagina saat hamil juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada tubuh anda. Untuk itu anda harus mengetahui keputihan saat hamil tersebut normal atau tidak.

Mengetahui Keputihan Saat Hamil Muda Normal atau Tidak

Sebenarnya memahami keputihan normal atau tidak saat hamil cukup mudah anda lakukan. Caranya dengan melihat bagaimana bentuk cairan keputihan yang keluar dari vagina anda. Keputihan normal adalah keputihan yang tidak menunjukan gejala apapun selain keluarnya cairan berwarna bening, tidak lengket, dan tidak menyebabkan anda mengalami hal apapun.

Berbeda dengan keputihan yang tidak normal saat hamil. Kondisi inilah yang sebenarnya harus anda waspadai. Jika tidak  anda antisipasi dan waspadai sejak awal, maka keputihan akan menimbulkan beberapa gejala yang membuat anda merasa tidak nyaman .

Gejala Keputihan Tidak Normal Saat Hamil

• Keputihan menyebabkan rasa gatal pada vagina
• Terjadi pembengkakan pada vulva
• Cairan keputihan yang keluar berwarna hijau, cokelat, kuning, abu-abu, atau putih susu
• Keputihan menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil
• Keputihan menyebabkan anda mengalami rasa gatal
• Cairan keputihan berbau tidak sedap.

Apabila kondisi tersebut yang anda alami, itu sudah menjadi tanda bahwa anda mengalami keputihan tidak normal. Sehingga keputihan tersebut harus segera anda atasi dengan berbagai jenis obat keputihan yang tersedia di Apotek maupun di alam. Ada berbagai penyebab keputihan menjadi tidak normal.

chat

Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda

Keputihan tidak normal saat hamil dapat dipicu oleh berbagai penyebab. Namun ada beberapa penyebab yang paling sering terjadi, seperti beberapa penyebab berikut ini:

Vaginosis Bacterial

Vaginosis bacterial merupakan bakteri yang hidup di area vagina, bakteri ini jumlahnya hanya sedikit. Namun ketika hamil, ada perubahan dari hormon dan ekosistem di area vagina dan menyebabkan bakteri jenis ini tumbuh dan berkembang biak lebih banyak. Sehingga menyebabkan anda mengalami keputihan.

Gejala yang paling umum dari keputihan akibat bakteri vaginosis yakni cairan keputihan lebih bau daripada biasanya. Kondisi ini juga menyebabkan rasa sakit yang cukup berlebihan saat buang air kecil, terkadang cairan keputihan akan keluar dengan lebih lengket dan kental.

Infeksi Jamur

Penyebab lain yang menyebabkan anda mengalami keputihan saat hamil adalah infeksi jamur candida albicans. Perkembangan jamur yang meningkat di area vagina disebabkan oleh kondisi pH disekitar vagina yang berubah ketika hamil, sehingga menyebabkan infeksi ragi.

Gejala paling umum dari infeksi karena jamur adalah vagina akan terasa nyeri seperti terbakar, cairan berwarna putih seperti susu atau kuning keju, akan timbul kemerahan pada organ intim, akan sakit saat buang air, dan berhubungan seks.

Trikomoniasis

Keputihan saat hamil muda bisa juga disebabkan oleh trikomoniasis, yaitu protozoa. Protozoa ini sering hidup di kandung kemih, biasanya tertular dari hubungan seks dengan sering bergonta-ganti pasangan. Gejala umumnya akan muncul iritasi pada area vagina, vagina terasa gatal dan panas, dan cairan keputihan berbau serta berbusa dengan warna kuning atau hijau.

Jika anda mengalami keputihan, dan keputihan anda cukup menganggu kehamilan, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan medis agar keputihan saat hamil muda tidak menyebabkan bahaya kepada cabang bayi yang anda kandung. Anda bisa melakukan pemeriksaan langsung di Klinik Utama Gracia.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan