• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Keputihan Gatal yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab Keputihan Gatal yang Harus Kamu Ketahui
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )

Keputihan umumya dialami oleh semua wanita yang sudah pernah menstruasi, namun tahukah kamu penyebab keputihan gatal? Keputihan dan gatal adalah masalah yang umum dialami vagina, keluarnya keputihan  merupakan respon alami tubuh untuk mengeluarkan bakteri dan sel-sel mati yang berbahaya pada organ kewanitaan.

Namun Anda perlu berhati-hati, ada beberapa keputihan yang mengarah pada infeksi, keputihan yang normal biasanya akan bertekstur bening dan cair terkadang lengeket, namun ada keputihan yang berwarna coklat, kuning, atau bahkan hijau, dan bau yang tidak enak hal merupakan penyebab keputihan gatal, disebabkan karena infeksi dan jamur. Ketika rasa gatal muncul sebaiknya segera lakukan pemeriksan ke dokter. Baca artikel lain Efek Keputihan Ubnormal Pada Wanita

Apa Penyebab Keputihan Gatal pada Vagian?

Ada banyak faktor yang membuat keputihan terasa gatal, keputihan yang normal berfungsi sebagai pelindung dan pembersih vagina. Ada berberapa hal normal yang dapat menyebabkan keputihan karena ovulasi, karena olahraga, gairah seksual, penggunaan obat kontrsepsi dan stress. Namun, ada beberapa faktor penyebab keputihan tidak normal, diantaranya:

1. Infeksi Bakteria Vaginosis
Bakteria Vaginosis adalah infeksi pada vagina yang disebabkan oleh bakteri anaerob yang tidak seimbang. Vagina memiliki dua bakteri, pada bakteri baik disebut lactobacilli dan bakteri tidak baik disebut bakteri anaerob. Saat terjadi vaginosis maka bakteri anaerob sedang berkembang didadalam vagina yang membuat keputihan menjadi kental, berbau menyengat dan amis, meskipun terkadang infeksi ini tidak menimbulkan gejala sama sekali. Pada wanita sering melakukan seks oral dan sering berganti-ganti pasangan akan mudah terserang infeksi ini.

2. Tricomoniasis
Infeksi Tricomoniasis disebabkan oleh bakteri protozoa, yang menyebabkan keputihan berwarna kuning, hijau dan berbau menyengat. Selain itu, peradangan dan gatal merupakan gejala yang sering muncul, meskipun beberapa orang yang terinfeksi tidak mengalami gejala tersebut penularan ini dapat melalui kontak seksual dan penggunaan handuk secara bergantian.

3. Human Papilloma Virus (HPV) dan Kanker Serviks
Penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi, biasanya juga disebabkan oleh kontak seksual yang menyebabkan kanker rahim. Gejala yang timbul berupa keputihan berwarna kuning, hijau, berbau tidak enak dan terkadang sisertai darah.

4. Penyakit Radang Panggul
Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kontak seksual, infeksi menyebar dari vagina bahkan sampai organ reproduksi, sehingga menyebabkan keputihan yang parah berbau menyengat dan.

5. Infeksi Jamur
Infeksi biasnya yang menyebabkan pengeluaran berwarna putih, dan seperti keju yang lembut, dan menimbulkan rasa gatal, sensasi panas seperti terbakar. Kehadiran jamur vagina adalah hal normal, namun hal ini saat jamur berkembang tidak terkendali hal ini yang membuat tidak normal. Beberapa faktor pemicu diantaranya stress, penggunaan obat kontrasepsi, diabetes, kehamilan dan terapi antibiotik.

6. Gonore dan Klamadia
Kedua penyakit ini adalah penyakit menular seksual, salah satu yang ditimbulkan penyakit ini adalah keputihan berwarna kuning, hijau dan kental.

Apa Saja Penyebab Keputihan Gatal

Ada banyak faktor penyebab keputihan gatal, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab keputihan gatal:

1. Iritasi
Vagina yang gatal dapat memicu reaksi alergi sehingga menyebabkan rasa gatal terutama dibagian vagina. Iritasi juga tidak semata-mata disebabkan oleh bakteri, ada juga beberapa faktor penyebab iritasi, sabun, buble bath, sprey area kewanitaan, krim, detergen, salep, pelembut baju, dan tisu pewangi.

2. Penyakit Kulit
Beberapa penyakit kulit seperti eksim dan psioriasis dapat menimbulkan gatal dan kemerahan pada area genital. Eksim merupakan gejala yang timbul pada penderita asma dan alergi. Ruam tersebut gatal, kemerahan dan bersisik, masalah kulit ini bisa sampai  mengarah kevagina. Sedangkan psoriasis adalah masalah kulit yang menyebabkan kulit bersisik, gatal, dan bercak kemerahan yang tebentuk sepanjang kulit kepala dan sendi, namun sebagian kasus juga ditemui divagina.

3. Menopause
Masalah satu ini juga menjadi faktor penyebab keputihan gatal, karena wanita yang mengalami masa menopause akan mengalami gatal pada vagina. Rasa gatal tersebut biasanya disebabkan oleh menurunnya kadar estrogen, sehingga memicu penipisan mukosa yang menyebabkan kering pada vagina. Kekeringan yang terjadi dapat menimbulkan iritasi dan rasa gatal jika Anda tidak melakukan perawatan.

4. Stress
Stres fisik dan emosional juga dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada vagina, karena stress dapat menyebabkan penurunan kekebalan tubuh, sehingga rentan pada infeksi yang menyebabkan rasa gatal.

Penyebab keputihan gatal, keputihan yang gatal biasanya disebabkan oleh infeksi jamur atau kandidiasi vagina, Anda sebaiknya segera memeriksakan kedokter untuk melakukan pemeriksaan keputihan untuk penangan dan pengobatan segera.

chat

Artikel diatas merupakan penjelasan mengenai penyebab keputihan gatal, jika Anda ada keluhan mengenai masalah keputihan Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, dan jika Anda ingin berkonsultasi secara online Anda dapat mengklik chat online atau dapat datang langsung di Klinik Utama Grasia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan