• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Keputihan Gatal Pada Wanita

Penyebab Keputihan Gatal Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

penyebab keputihan gatal

Hampir 90% wanita pernah mengalami gangguan pada organ intim. Meskipun pada beberapa kasus tidak sampai menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, namun penanganan yang tepat juga perlu dilakukan.

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh wanita jelang, saat, atau sesudah menstruasi adalah keputihan yang terasa gatal. Meskipun kita tahu bahwa keputihan adalah hal yang normal, namun gatal saat keluarnya cairan keputihan mengindikasikan bahwa keputihan yang kita alami merupakan keputihan abnormalKeputihan ini menimbulkan rasa gatal di area selangkangan serta mengeluarkan aroma tak sedap yang berasal dari vagina.

Penyebab Keputihan Gatal

Bakteri dan jamur

Jamur yang menjadi penyebab keputihan adalah Candida albicans. Sifatnya yang parasit cenderung menimbulkan rasa gatal di area kelamin. Jamur ini juga menyebabkan cairan keputihan beraroma tak sedap. Cairan inilah yang kemudian menjadi ciri-ciri keputihan, baik yang normal maupun abnormal.

Adapun bakteri penyebab keputihan ini adalah Gardnerella, sedangkan bakteri penyebab keputihan gatal adalah bacterial vaginosis. Dalam jumlah yang banyak dan cukup lama, bakteri ini dapat menyebabkan keputihan menjadi penyakit yang relatif lebih serius. 

Akibat serangan bakteri ini vagina akan mengalami peradangan dan warna kemerahan. Dicirikan dengan keluarnya cairan yang amat kental, berbau amat tak sedap, dan menimbulkan rasa gatal di area vagina. Kondisi ini bisa terjadi karena dipicu oleh diabetes, penggunaan pil KB, serta sistem imun yang lemah.

chat

Virus

Penyebab keputihan gatal berikutnya adalah virus. Biasanya bawaan dari penyakit menular seksual, misalnya HIV, raja singa, herpes, dan PMS lainnya. Pada kasus keputihan yang terinfeksi virus, akan muncul gejala berupa vagina mengalami luka melepuh, terasa panas bahkan gatal.

Parasit

Parasit Trichomonas vaginalis bertanggung jawab sebagai penyebab keputihan gatal. Parasit ini terjadi dan ditularkan melalui hubungan seks, tepian kloset atau perlengkapan mandi. keputihan yang terinfeksi parasit ini umumnya akan menjadi sangat kental, berwarna hijau atau kuning, berbuih, dan berbau amis.

Tidak menjaga kebersihan

Kebersihan adalah hal yang mutlak diperhatikan oleh kaum wanita. Akibat kebersihan yang tidak terjaga, berbagai gangguan pada vagina dapat terjadi. Biasakan membasuh alat kelamin dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil maupun besar sehingga bakteri, kuman, dan kotoran dari area anus tidak masuk ke area vagina. Membasuh vagina dengan air rebusan sirih juga bisa Anda coba untuk menjaga kebersihan organ intim ini.

Bagaimana Agar Terhindar Dari Keputihan Gatal?

  • Jaga kebersihan organ intim
  • Jangan biarkan Miss V dalam keadaan lembab atau basah
  • Gunakan celana dalam berbahan dasar katun
  • Hindari penggunaan celana yang ketat
  • Hindari penggunaan pembersih area kewanitaan yang mengandung bahan kimia
  • Gunakan air bersih untuk membersihkan organ intim, keringkan dengan handuk atau tisu
  • Berendam di air hangat
  • Gunakan produk yang mengandung garam mandi
  • Jangan menggaruk Miss V
  • Kompres Miss V dengan air es apabila terasa gatal, hindari mengompres dengan air panas

 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan