• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Keputihan Dan Ciri-Ciri Keputihan Wanita

Penyebab Keputihan Dan Ciri-Ciri Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.6 / 10 (7 orang penilai )

Keputihan adalah hal yang lumrah atau wajar terjadi pada wanita dimasa remaja atau lanjut usia. Hal ini mungkin dapat terjadi sekitar dua minggu setelah masa periode menstruasi kewanitaan berlangsung. Ketika keputihan menyerang vagina wanita maka akan terjadi perubahan warna dan volume jumlah darah yang keluar dari dalam vagina tersebut, namun biasanya sebelum hal ini terjadi akan akan timbul beberapa gejala lain yang mungkin menunjukkan bahwa Anda telah terkena keputihan.

Didalam vagina wanita biasanya mengandung bakteri dan kuman yang berbahaya untuk keselamatan vaginta tersebut. Adapun pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri dapat dipengaruhi oleh banyak hal yang berbeda seperti tingkat hormone. Apa pun yang terjadi hal yang harus diingat adalah bahwa Anda harus lebih memperhatikan kebersihan di daerah kewanitaan Anda, agar bakteri dan kuman di dalam vagina Anda hilang dan vagina Anda bersih dari segala macam maslah kesehatan wanita

Pada penejelasan kali ini kita akan membahas apa saja yang menjadi gejala dan penyebab dari kuptihan pada wanita. Mari kita bahas:

Gejala Keputihan atau Ciri-Ciri Keputihan Wanita

Banyak sekali gejala keputihan pada wanita, adapaun gejala-gejala kecil seperti perubahan warna darah, jumlah darah yang keluar dari vagina dan munculnya bau tak sedap yang sangat menyengat dari kemaluan. Cairan berwarna putih kekuning-kuningan yang terlihat keluar dari kemaluan biasanya merupakan dan atau gejala dari infeksi jamur. Sedangkan untuk cairan yang berwarna putih kuning, hijau atau abu-abu biasanya merupakan gejala dari bakteri vaginosis.

Gejala seperti gatal-gatal didaerah intim kewanitaan adalah merupakan gejala dari infeksi jamur yang telah yang telah menyerang daerah kewanitaan Anda. Jamur seperti ini telah adalah jamur yang telah bererkembang biak. Kedaan yang vagina yang kering pada lapisan vagina yang telah teriritasi mungkin akan sangat membuat Anda tidak nyaman serta dapat membuat Anda dapat merasakan sakit selama hubungan seksual dengan pasangan Anda. Sedangkan untuk gejala yang terjadi adalah lebih timbulnya tonjolan dari vaginitis yang disertai demam, sakit peru dan dapat mengindikasikan penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia. Namun pada penyakit gonore dan klamidia biasanya tidak menimbulkan gejala sama sekali .

Klinik Utama Gracia Indonesia

penyebab keputihan

1. Infeksi Jamur atau Kandidosis vulvovaginalis

Keputihan yang disebabkan oleh infeksi dari jamur biasanya muncul dengan cairan yang berwarna putih kekuningan dan berbentuk seperti gumpalan-gumpalan kecil. Ketika terjadi hal ini biasanya penderita akan merasakan gatal, panas dan nyeri saat berhubungan seksual dengan pasangan mereka.

2. Infeksi Parasit

Keputihan ini akan keluar dengan cairan berwarna kuning kehijau-hijauan. Bentuknya kental, berbau tidak sedap dan sedikit agak berbusa. Penderita yang menghalami keputihan yang disebabkan oleh infeksi parasite ini biasanya akan merasakan nyeri saat berhubungan seksual, pendarahan ketika hubungan seksual selesai dilakukan dan pendarahan di luar jadwal menstruasi.

3. Infeksi Bakteri

Keputihan ini akan muncul dengan cairan berwarna putih keabu-abun. Wujudnya pun agak encer dan berbau tak sedap. Biasanya penderita keputihan ini akan mengalami bau yang menyengat setelah berhubungan seksual dengan pasangan mereka bahkandapat menyebabkan darah menstruasi penderita menjadi berbau tak sedap juga. Adapun hal-hal lain yang dirasakan oleh penderita Keputihan ini adalah timbulnya rasa gatal dan terbakar pada daerah kewanitaan.

4.Kurang Menjaga Kebersihan Di Daerah Kewanitaan

Terkadang wanita telah mupakan satu hal yang penting dalam kehidupan mereka. Ya, kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan. Walupun terdengar spele namun hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehtan wanita itu sendiri. Seperti yang kita sudah tahu bahwa daerah ini sangat banyak sekali di singgahi oleh bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan berbagai maslah pada vagina mereka. Maka dari itu dengan menjaga bersih vagina maka mereka akan terhindar dari bergai masalah daerah kewanitaan.

5. Vaginitis Karena Alergi Dan Iritasi Bahan Kimia

Cairan keputihan dengan penyebab dari alergi dan iritasi bahan kimia ini akan keluar dengan wujud yang berwarna kuning keputih-putihan, serta cairan ini dapat keluar dengan berwujud encer atau kental. Pada penderita yang mengalami keputihan ini biasanya mereka akan mengalami rasa gatal, terbakar, nyeri dan kemerahan pada daerah kewanitaan mereka..

Ingat wasapda dengan penyakit ini merupakan tindakan yang penting dan harus dilakukan dalam menjaga kesehatan organ intim kewanitaan Anda. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga bersih daerah intim Anda agar Anda selalu bersih dan sehat sepanjang hari.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan