• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Keputihan Berlebihan yang Kamu Alami

Penyebab Keputihan Berlebihan yang Kamu Alami
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )


Keputihan dan wanita memang satu hal yang tak dapat dipisahkan. Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Ada juga yang menyebut keputihan kondisi ‘becek’ pada kemaluan wanita. Namun jika keputihan yang keluar masih dalam kondisi yang normal itu tidak perlu dipermasalahkan, tetapi jika keputihan berlebihan maka wanita harus dapat mengetahui penyebab keputihan berlebihan.

Kondisi keputihan yang berlebihan akan menyebabkan wanita merasa panik. Karena keputihan berlebihan sangat menganggu kondisi kamu. kamu juga pasti akan berpikir bahwa kamu sedang mengalami masalah pada organ reproduksi kamu. sehingga kamu mengalami keputihan yang cukup berlebihan. Kondisi keputihan yang berlebihan dan sering bisa menandakan ada masalah pada organ reproduksi kamu.

chat

Apa itu Keputihan?

Keputihan merupakan kondisi yang menyebabkan seorang wanita mengalami  keluarnya cairan dari vagina mereka. Keputihan memiliki dua jenis yakni keputihan normal dan keputihan yang tidak normal. keputihan yang tidak normal inilah yang sering dikeluhkan oleh setiap wanita.

Cairan keputihan berbeda dengan cairan menstruasi. Jika cairan menstruasi merupakan darah yang keluar, tetapi jika keputihan merupakan keluarnya lendir berwarna putih bening (jika keputihan normal). Namun jika keputihan yang tidak normal, cairan yang keluar dapat disertai beberapa gejala lain seperti rasa sakit, nyeri, gatal, dan cairan keputihan berbau amis.

Penyebab Keputihan Berlebihan

Tak dapat dipungkiri terkadang keputihan akan keluar secara berlebihan. Keputihan yang keluar secara berlebihan memang ditakuti oleh banyak wanita. Karena keputihan yang berlebihan dapat menjadi tanda keputihan tidak normal.

Penyebab keputihan berlebih secara normal akan terlihat ketika anda tidak menjaga kebersihan vagina dengan baik. Karena sebagian besar penderita keputihan berlebihan disebabkan Karena tidak menjaga kebersihan organ intim dengan baik. Maka sekarang anda harus menjaga vagina anda bisa lebih bersih.

Kondisi cairan keputihan yang banyak adalah tanda bahwa vagina anda sedang menjaga organ reproduksi agar tidak terinfeksi oleh bakteri. Karena cairan keputihan memiliki fungsi sebagai pelindung organ reproduksi wanita dari infeksi virus, bakteri, dan jamur. Cara perlindungannya yakni dengan menyebabkan keluarnya cairan keputihan yang berlebihan.

Namun jika keputihan berlebihan terjadi dengan disertai rasa gatal, rasa perih seperti terbakar, rasa sakit ketika buang air kecil dan berhubungan seks, serta cairan keputihan berbau, maka itu merupakan tanda anda sedang mengalami keputihan abnormal, dan harus segera diobati.

Keputihan abnormal dengan cairan berlebihan bisa menjadi tanda, bahwa organ reproduksi anda sedang mengalami masalah pada organ reproduksi kamu. serta bakteri, jamur, ataupun kuman sudah menginfeksi organ reproduksi kamu.

Berikut Beberapa Penyakit yang Menyebabkan Kamu Mengalami Keputihan Berlebihan

Bakteri Vaginosis

Salah satu penyebab keputihan berlebihan adalah bakteri vaginosis yang menyerang tubuh anda. Sebenarnya bakteri vaginosis selalu ada di vagina wanita, namun jika bakteri vaginosis tumbuh lebih banyak, maka ini dapat menjadi tanda bahwa pertumbuhan bakteri ini lebih banyak dibandingkan bakteri lainnya pada vagina.

Kanker Serviks

Salah satu hal yang mengerikan dapat saja terjadi pada tubuh kamu saat keputihan. Jika keputihan yang terjadi pada tubuh anda merupakan keputihan yang abnormal, bisa saja itu menjadi tanda bahwa anda mengalami gejala kanker serviks.

Kanker Rahim

Selain kanker serviks, keputihan berlebihan mungkin menjadi tanda bahwa anda sedang mengalami  kanker rahim. Namun keputihan yang menjadi tanda kanker rahim biasanya disertai dengan keluarnya darah.

Apabila anda memang mengalami keputihan berlebihan dan penyebab keputihan berlebihan disertai gejala lainnya, maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan di dokter spesialis ginekologi atau kandungan untuk segera ditangani. Anda juga dapat datang ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan