• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Herpes

Penyebab Herpes - Penyebab Penyakit Herpes
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (7 orang penilai )

Penyebab Penyakit Herpes

penyebab herpes

Penyebab Herpes bisa terjadi oleh beberapa factor tertentu. Sebelum kita menyimpulkan penyebab herpes secara detail hal yang harus di perhatikan adalah kita harus terlebih dahulu tahu mengenai penyakit herpes ini. Herpes adalah penyakit yang menyerang kulit luar manusia yang dapat menimbulkan bintik-bintik merah secara berkelompok. Herpes terbagi menjadi menjadi dua yaitu herpes simplex dan herpes zoster. Berikut di bawah ini adalah penjelasannya.

Penyebab Herpes Simplex

Penyakit Herpes simplex adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh adanya virus herpes yang bernama HSV-1 dan virus herpes simplex HSV-2. Infeksi yang terjadi pada kedua jenis virus herpes tersebut dapat berbeda anatra ke 1 dan 2. Pada umumnya penyakit herpes simplex di kebanyakan orang terdiagnosis yaitu pada masa kecil mereka disebabkan oleh adanya Virus HSV-1, biasanya terkait dengan adanya infeksi yang terjadi pada mulut, bibir dan wajah. Virus herpes simplex tipe HSV-1 ini sering menyebabkan adanya luka yang terjadi pada bagian dalam mulut, Virus herpes simplex bisa ditularkan kepada orang lain melalui kontak langsung dengan air liur yang telah terinfeksi oleh virus. Pada orang dewasa 40 – 90% akan memiliki immune atau antibodi terhadap virus herpes bertipe 1 tersebut. Untuk virus herpes simplex tipe HSV-2 biasanya menular melalui hubungan seksual atau intim dengan pasangan. Tanda dan gejalanya dapat seperti luka atau ulkus kelamin. Tapi, untuk beberapa orang dengan HSV-2 ini tidak memiliki gejala yang terjadi sama sekali.

Penyakit herpes jenis simplex ini dapat menginfeksi wanita dan mungkin menyebabkan kelainan janin mereka. Seorang ibu atau wanita yang telah terkena penyakit yang bernama herpes simplex ini dapat menularkan virus herpes tersebut kepada sang bayi di saat bayi melahirkan. Namun, 70 sampai 80% dari infeksi penyakit herpes jenis simplex didapat sang bayi ketika bayi tersebut baru lahir. Jika seseorang sudah terinfeksi virus sherpes simplex maka ketika setelah penyembuhan, mungkin aktif kembali kemudian menyebabkan berbagai tanda. Karena itu lah penanganan yang baik dan tepat adalah hal yang tentu harus di perhatikan untuk menghilangkan virus ini secara tepat dan benar.

KLINIK UTAMA GRACIA INDONESIA

penyebab penyakit herpes

Penyebab Herpes Zoster

Penyakit Herpes zoster pada umumnya dialami para seseorang yang sudah berusia dewasa lanjut atau manula. Terutama bagi mereka yang sudah menginjak usia di atas lima puluh tahun. Penyakit yang juga bias dikenal dengan sebutan cacar ular atau cacar air ini diakibatkan oleh virus yang bernama  varisela zoster, virus tersebut adalah virus yang sama dengan virus penyebab cacar air. Virus varisela yang menetap pada tubuh penderita ketika cacar air sembuh dapat kembali timbul dan aktif  pada kemudian hari dan hal ini menyebabkan terjadinya herpes zoster.

Virus Penyebab Herpes Zoster

Penyebab penyakit herpes zoster sama halnya dengan penyebab penyakit cacar air yaitu virus yang bernama varisela zoster. Virus tersebut dapat menetap didalam jaringan tubuh saraf manusia dan walaupun cacar air telah mengalami kesembuhan.
Kenapa virus tersebut dapat aktif kembali masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi faktor utama tentang hal tersebut. Namun ada beberapa faktor yang duduga dapat memengaruhi hal tersebut, yaitu:

  • Umur. Karena penyakit herpes zoster ini pada umumnya menyerang manusia yang sudah berusia dewasa lanjutan atau manula.
  • Pernah terkena penyakit cacar air.
  • Sistem pada kekebalan imune yang sedang tidak vit 100%. 

Seseorang yang mengidap penyakit herpes zoster tidak dapat menularkan penyakit tersebut  kepada orang lain. Namun dapat menularkan penyakit cacar air. Jika ada di antara Anda ada yang belum terkena penyakit cacar air dan melakukan kontak langsung dengan ruam yang terjadi akibat penyakit herpes zoster, maka Anda mungkin dapat terinfeksi virus varisela zoster dan Anda juga mungkin terkena penyakit cacar air. Lakukan pola hidup yang sehat secara baik dan benar agar kesehatan dan kebugaran tubuh Anda dapat terjaga dengan sebaik-baiknya.

Itulah sedikit ulasan mengenai artikel yang berjudul “ Penyebab Herpes “. Semoga artikel kami di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda para pembaca artikel Klinik Utama Gracia Indonesia. Terima kasih

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan