• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Hernia dan Jenis-Jenis Hernia yang Sering Muncul

Penyebab Hernia dan Jenis-Jenis Hernia yang Sering Muncul
Nilai Rata-rata: 8.4 / 10 (5 orang penilai )


Hernia atau turun berok sering ditandai dengan munculnya benjolan atau tonjolan organ dalam tubuh yang tampak. Kondisi tersebut disebabkan adanya jaringan otot yang lemah dari dalam tubuh. Penyebab hernia sendiri disebabkan oleh melemahnya faktor otot yang ada di dalam tubuh, sehingga tidak kuat dalam menahan organ di dalam tubuh tersebut, sehingga organ itu mencuat keluar.

Hernia sendiri cukup banyak jenisnya. Namun yang paling sering menyerang adalah hernia inguinalis. Yakni keluarnya jaringan usus dan menyebabkan tonjolan pada perut bagian bawah. Tonjolan tersebut sangat tampak dan sangat mudah terlihat.

Penyebab Hernia

Hernia inguinalis atau lebih dikenal juga turun berok dalam bahasa orang awam, belum diketahui secara jelas penyebab dari hernia tersebut. Namun beberapa faktor dugaan pemicu terjadinya hernia:

  • Sering mengangkat berat
  • Kehamilan
  • Batuk yang terus menerus
  • Berat badan berlebihan
  • Sering mengejan terlalu keras saat buang air besar
  • Konstipasi

Hernia yang disebabkan oleh lemahnya jaringan otot, biasanya muncul saat ia masih kecil dan baru lahir. Hernia cukup banyak jenis-jenisnya, namun yang paling sering terjadi adalah hernia inguinalis. Yakni hernia yang menyebabkan keluarnya jaringan usus dan menonjol pada perut bagian bawah.

Jenis hernia inguinalis yang paling sering diderita oleh laki-laki dibandingkan wanita. Hal tersebut disebabkan oleh proses perkembangan pada janin laki-laki sebelum ia terlahir sangat berpengaruh terhadap hernia tersebut. Berikut jenis-jenis hernia yang sering muncul.

chat

Jenis-Jenis Hernia

Hernia femoralis, jenis hernia ini adalah mencuatnya jaringan lemak atau bagian usus dengan mencuat ke bagian paha atas sebelah dalam
Hernia Insisi, hernia insisi adalah jaringan yang mencuat dari bekas luka operasi pada bagian perut.

Hernia Umbilikus, hernia jenis ini sering di derita oleh anak-anak usia 6 bulan. Kondisi ini sangat terlihat dengan menonjolnya hingga mendorong dinding perut yang berada didekat pusar. Jika hingga usia satu tahun tonjolan tidak juga hilang, maka hernia harus di operasi.

Hernia Hiatus, hernia jenis ini adalah adanya bagian lambung yang menembus sekat diafragma ke rongga dada. Terkadang hernia jenis ini muncul tanpa gejala, tetapi umumnya penderitanya akan mengalami rasa sakit pada ulu hati.

Hernia Otot, hernia otot biasanya terjadi akibat dari kecelakaan melakukan olahraga. Hernia jenis in sering menyerang bagian otot kaki.

Melakukan Pemeriksaan Hernia Secara Mandiri, bisa?

Sebenarnya anda bisa melakukan pemeriksaan hernia secara mandiri. Caranya cukup mudah, cukup dengan melihat bagian tubuh yang menonjol, apakah pada bagian tubuh tersebut menimbulkan rasa sakit. Jika memang terdapat bagian tubuh yang menonjol atau membengkak dan menimbulkan rasa sakit, maka itu bisa dikatakan menjadi penyebab hernia.

Kapan Harus Ke Dokter dan Melakukan Diagnosa?

Anda harus segera melakukan pemeriksaan dokter untuk mengetahui apakan tonjolan yang muncul pada tubuh anda akan menjadi penyebab hernia atau bukan. Hernia bisa dilihat dengan metode USG. Jangan sampai anda telat melakukan pemeriksaan. Sebagian besar penderita hernia tidak mengalami gejala apapun, sehingga hernia sering terabaikan dan tidak pernah dilakukan pemeriksaan.

Penyembuhan

Penyembuhan hernia hingga saat ini baru bisa dilakukan dengan cara operasi. Operasi dilakukan untuk memperbaiki organ tubuh yang rusak, dan mengembalikan organ tubuh yang mencuat kedalam posisi awalnya. Sehingga anda bisa beraktifitas seperti sedia kala.
Sebelum melakukan operasi akan ada beberapa pertimbangan dokter untuk menjalani operasi. Yakni kondisi fisik pasien, isi hernia, gejala, dan posisi hernia tersebut berada. Sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur saat operasi.

Jika anda ingin berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan apakah anda menemukan penyebab hernia pada tubuh anda. Maka anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk berjumpa dengan dokter spesialis di Klinik kami atau melakukan konsultasi online terlebih dahulu.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan