• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Penyakit Herpes Genitalis

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Penyakit Herpes Genitalis
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Penyakit herpes genitalis atau herpes genital dapat terjadi jika seseorang terinfeksi herpes simpleks virus atau HSV. Hal ini bisa terjadi pada pria maupun wanita, walaupun resiko terjadinya pada wanita lebih besar. Terkadang penyakit ini bersembunyi tanpa menunjukkan gejala apapun selama bertahun-tahun setelah seseorang terinfeksi. Hal ini membuat banyak orang yang terinfeksi tidak mengetahui kalau dirinya memiliki herpes dan sulit mencari tahu bagaimana dan kapan mereka terinfeksi.

Lalu bagaimanakah mewaspadai keberadaan penyakit herpes genitalis ini? Ketahui jawabannya melalui penjelasan di bawah ini.

Penyebab

Penyakit herpes genitalis ini dapat terjadi karena infeksi herpes simpleks virus (HSV) yang memiliki dua jenis, yaitu HSV-1 dan HSV-2. HSV tipe 1 merupakan virus penyebab herpes labialis atau yang berada di sekitar bibir dan mulut, sedangkan HSV tipe 2 merupakan penyebab herpes genital. Namun HSV-1 juga bisa menyebabkan seseorang mengalami herpes genital ketika melakukan oral seks dengan penderita.

Herpes ini akan sangat mudah menyebar melalui kontak kulit dengan penderita. Jadi herpes dapat menular melalui aktivitas seksual apapun seperti oral, anal, ataupun vaginal, ataupun menyentuh area genital ataupun oral yang terinfeksi. Kemungkinan tertular bisa dikurangi dengan penggunaan kondom saat melakukan hubungan seksual, walaupun tidak sepenuhnya menghindari Anda dari terpapar virus.

Gejala

Walaupun sering terjadi tanpa gejala, ataupun gejala muncul setelah bertahun-tahun, adapula beberapa orang yang langsung merasakan timbulnya gejala tertentu setelah diduga terinfeksi HSV. Gejala akan diawali dengan munculnya gejala flu seperti demam, nyeri otot, nafsu makan menurun, dan juga kelelahan.

chat

Gejala lain yang muncul seperti terjadinya kemerahan atau gatal pada alat kelamin. Bagian tersebut juga akan terasa seperti tersengat atau panas. Kemudian akan terlihat kemunculan benjolan atau lenting dan jika pecah, maka terdapat cairan berwarna keruh. Penderita juga biasanya mengalami nyeri atau sakit ketika buang air kecil, pada beberapa kasus juga seringkali terjadi sulit buang air kecil.

Pengobatan

Sebelum memberikan pengobatan, maka dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan keberadaan infeksi. Pemeriksaan yang dilakukan seperti pemeriksaan fisik, tes laboratorium, dan tes pemindaian. Biasanya diagnosis herpes akan dipastikan melalui tes PCR, dokter juga akan menyarankan melakukan tes antibodi herpes.

Setelah dipastikan bahwa Anda positif herpes genital, kemudian dokter akan memberikan pengobatan berupa obat antivirus atau antiviral agar gejala cepat berkurang dan sembuh. Namun obat tersebut tidak mampu menghilangkan virus dari dalam tubuh, sehingga virus HSV tetap akan berada di dalam tubuh seumur hidup Anda.

Virus ini bisa aktif kembali dan menimbulkan gejala bila penderita mengalami penurunan ketahanan tubuh, karena hal-hal tertentu seperti sakit ataupun depresi. Bila gejala kembali muncul, maka tidak akan separah serangan awal.

Pencegahan penyakit herpes genitalis bisa Anda lakukan dengan tidak melakukan hubungan seksual yang berisiko, tidak berganti-ganti pasangan seksual, dan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

Penyakit menular seksual ini sebaiknya segera mendapatkan penanganan agar tidak terjadi komplikasi, dan tidak terjadi penularan pada pasangan. Bila Anda mengalami herpes genital, sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan seksual dulu. Dan lakukan pengobatan bersama pasangan seksual Anda. Anda dapat memilih Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri terkait herpes genital.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan