• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Infeksi Kencing Nanah

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Infeksi Kencing Nanah
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )



Infeksi kencing nanah merupakan penyakit menular seksual (PMS) penyakit kelamin yang bisa ditularkan melalui seks oral, anal atau vaginal. Infeksi penyakit ini tidak memunculkan gejala setelah beberapa minggu terinfeksi, bahkan biasanya penderitanya tidak menyadari jika dirinya telah terinfeksi penyakit ini.

Bila tidak diobati akan menyebabkan komplikasi. Penanganan infeksi kencing nanah biasanya menggunakan antibiotik merupakan obat kencing nanah yang harus dilakukan agar bakteri tidak menyebar sehingga pasien bisa sembuh.

Infeksi kencing nanah sebagian besar dapat memengaruhi pada bagian daerah sekitar uretra, rektum, atau tenggorokan. Pada wanita infeksi kencing nanah juga dapat mempengaruhi bagian organ reproduksi.

Biasanya tidak banyak orang menyadari bahwa mereka memiliki infeksi kencing nanah, hal ini disebabkan karena penyakit ini jarang menunjukkan gejala apapun. Infeksi kencing nanah sering terjadi pada orang yang aktif secara seksual karena penyakit ini menular pada saat berhubungan seksual.

Baca Juga : Gejala Kencing Nanah Pada Pria Dan Wanita

Apa Saja Penyebab Kencing Nanah?

Kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Infeksi bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak dengan mudah pada bagian selaput lendir. Neisseria gonorrhoeae dapat tumbuh dalam suhu yang hangat, daerah lembab pada saluran reproduksi, termasuk serviks, rahim, dan tuba falopi (saluran telur) pada wanita, dan di uretra (tabung yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) pada wanita dan laki-laki.

Apa Saja Gejala Kencing Nanah?

Infeksi kencing nanah sering kali tidak menimbulkan gejala apapun. Tetapi jika gejala penyakit ini muncul, biasanya infeksi kencing nanah dapat berdampak pada berbagai organ tubuh selain sistem reproduksi. Biasanya periode masa inkubasi kencing nanah atau masa terpapar bakteri hingga muncul gejala sekitar 10 hari.

Tetapi hal ini tidak sama pada tiap penderita, serta terkadang tidak muncul hingga berbulan-bulan. Salah satu kondisi yang menyebabkan infeksi kencing nanah tidak diatasi selama beberapa saat karena sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sama sekali.

Tetapi jika gejala kencing nanah ini muncul baik pada pria maupun wanita, gejala yang muncul antara lain adalah pada saat buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan tidak normal berwarna  hijau, putih atau kuning dari alat kelamin pria dan wanita. Selain itu biasanya gejala yang terjadi pada pria seperti munculnya rasa sakit pada testis, serta radang atau pembengkakan pada kulup.

Gejala lain infeksi kencing nanah pada wanita juga seperti mengalami demam, menstruasi yang lebih berat, perdarahan setelah melakukan hubungan seks, perut bagian bawah terasa sakit, pembengkakan pada vulva, dan perdarahan di antara masa menstruasi.

Selain itu pria dan wanita juga bisa mengalami infeksi pada bagian tenggorokan, dubur, dan mata karena melakukan seks oral atau anal.

Penyakit kencing nanah yang menginfeksi pada bagian dubur dapat menyebabkan keluarnya cairan, rasa sakit, dan tidak nyaman. Yang harus diwaspadai kencing nanah juga bisa menjangkiti persendian dan membuat persendian terasa sakit saat digerakkan, berwarna merah, bengkak, hingga terasa hangat.

Jika kencing nanah tidak segera diatasi dan dibiarkan begitu saja, maka infeksi akan terus berkembang dan ada kemungkinan terjadi komplikasi yang serius, termasuk masalah kesuburan. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri jika merasa memiliki risiko terinfeksi, bahkan walau tidak memiliki gejala yang jelas, atau gejala telah hilang dengan sendirinya.
 

chat

Bahaya Kencing Nanah Apabila Tidak Ditangani

Jika tidak segera diobati biasanya infeksi kencing nanah dapat mengakibatkan masalah jangka panjang, karena penyakit ini dapat menyebar pada bagian tubuh lainnya dan akan menimbulkan masalah serius. Pada pria, jika infeksi kencing nanah tidak segera diatas maka dapat menginfeksi bagian testis dan kelenjar prostat sehingga menyebabkan berkurangnnya kesuburan.

Pada wanita jika infeksi penyakit ini tidak segera diatasi dapat berdampak pada bagian daerah sekitar organ reproduksi, dan sebagian besar kasus penyakit kencing nanah dapat menyebabkan terjadinya penyakit radang panggul. Kondisi ini dapat memicu sakit pada bagian tulang panggul, menyebabkan infertilitas serta kehamilan ektopik.

Cara Pengobatan Kencing Nanah

Penanganan infeksi kencing nanah dapat dilakukan dengan cara memberikan antibiotik baik diminum maupun disuntik pada penderitanya. Pasangan seksual pasien yang terinfeksi juga harus diperlakukan sama untuk mencegah infeksi ulang dan penyebaran yang lebih lanjut dari penyakit ini, karena kencing nanah adalah penyakit menular seksual.

Klinik Utama Gracia Dapat Membantu Anda Menangani Kencing Nanah

Klinik Utama Gracia merupakan Klinik terbaik spesialis penyakit kelamin yang terletak di Jakarta. Memiliki banyak keunggulan dan mampu bersaing dengan klinik lainnya, yang memberikan hasil penanganan infeksi kencing nanah dengan efek sangat baik. Klinik Utama Gracia sudah banyak berpengalaman dalam bidangnya, memiliki peralatan medis yang modern dan dokter ahli yang professional dalam bidangnya.

Anda dapat berkonsultasi secara online dengan kami, untuk mendapatkan bantuan medis dengan cara klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 081336361555.

Baca Juga : Cara Pengobatan Dan Obat Gonore Yang Tepat

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan