• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Penyebab, Gejala, Dan Cara Menyembuhkan Herpes Genital

Penyebab, Gejala, Dan Cara Menyembuhkan Herpes Genital
Nilai Rata-rata: 8.1 / 10 (7 orang penilai )



Banyak orang yang mencari informasi mengenai cara menyembuhkan herpes kelamin. Tentu saja informasi seperti sangat banyak dicari terlebih pada mereka yang sedang menderita penyakit ini. Namun, sebelum itu ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebab dan gejala herpes kelamin.

Agar lebih waspada dengan penyakit herpes kelamin, maka penting bagi setiap pria maupun wanita untuk mengetahui setiap penyebab, gejala dan cara menyembuhkan herpes kelamin. Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai herpes kelamin.

Penyakit Herpes Genital

Tahukah Anda, bahwa penyakit herpes genital adalah jenis penyakit yang dapat menular. Herpes genital dikenal juga dengan sebutan penyakit herpes kelamin. Dimana, ini termasuk salah satu jenis penyakit dengan penderita yang terus meningkat setiap tahunnya.

Banyaknya penderita yang terlambat mengetahui, bahwa mereka sedang terinfeksi herpes sering disebabkan oleh gejala yang sulit dikenali. Sehingga, tidak sedikit penderita yang mengalami berbagai macam komplikasi yang berbahaya pada tubuhnya.

Tidak hanya itu, tetapi masih banyak penderita yang melakukan tindakan salah dalam cara menyembuhkan penyakit herpes genital. Penting bagi Anda untuk mengetahui setiap ciri ciri penyakit herpes dan segera melakukan pemeriksaan dengan dokter agar terhindar dari komplikasi buruk.

chat

Inilah, Penyebab Dan Faktor Seseorang Terinfeksi Herpes Genital

Selain cara menyembuhkan herpes genital, Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab dan faktor yang dapat menyebabkan Anda terinfeksi penyakit ini. Sehingga, lebih mudah untuk mencegah terjadinya penularan infeksi.

Penyakit herpes kelamin disebabkan oleh infeksi virus yang menular dan dikenal dengan herpes simpleks virus (HSV). Virus ini terbagi menjadi dua jenis, diantaranya: HSV-1 dan HSV-2 dan kedua jenis virus ini sama-sama dapat menyebabkan herpes.

Namun, pada kasus herpes kelamin banyak ditemukan pada penderita jenis HSV tipe 2 yang menjadi penyebab mereka menderita penyakit herpes.

Perlu Anda ketahui, bahwa virus ini sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung ketika berhubungan seksual dengan penderita. Anda juga berisiko untuk terinfeksi, jika melakukan kontak langsung dengan luka yang menjadi gejala herpes kelamin.

Beberapa penderita tidak menyadari, bahwa aktivitas seks yang mereka lakukan dapat meningkatkan mereka untuk terinfeksi herpes kelamin bahkan jenis infeksi menular lainnya.

Lalu, Apa Saja Gejala Herpes Genital?

Sebagian besar orang yang terinfeksi herpes genital tidak mengetahui apa saja gejala dari penyakit ini. Sehingga, banyak dari mereka yang terlambat menyadari bahwa mereka terinfeksi herpes kelamin dan memiliki kondisi yang semakin buruk.

Namun, ada beberapa gejala yang umum di alami oleh penderita herpes kelamin, diantaranya:

• Nyeri dan gatal di area kelamin atau sekitar dubur
• Muncul benjolan yang berisi air dan dapat pecah
• Terdapat luka terbuka setelah benjolan pecah
• Luka terbuka akan mengering dan bertahan di tubuh

Biasanya, penderita akan mengalami rasa sakit dan nyeri dari luka tersebut. Gejala lainnya juga ditandai dengan demam, flu, nyeri otot, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, dan berbagai macam kondisi yang mengakibatkan ketidaknyamanan lainnya.

Gejala herpes kelamin hampir sama seperti kondisi iritasi kulit lainnya, sehingga banyak penderita yang tidak menyadari dan menganggap bahwa gejala yang muncul adalah kondisi yang normal dan tidak begitu mengkhawatirkan kesehatan mereka.

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Herpes Genital?

Perlu Anda ketahui, bahwa cara mencegah infeksi herpes genital bisa dilakukan dengan cara menghindari segala faktor yang dapat meningkatkan Anda untuk terinfeksi.

Langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi herpes adalah dengan tidak melakukan hubungan seks berisiko, seperti berhubungan seks dengan banyak pasangan seksual dan kerap berganti-ganti pasangan seks.

Anda juga sebaiknya menghindari berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki infeksi menular seksual, karena kondisi ini bisa menyebabkan Anda untuk terinfeksi. Sebaiknya, jika Anda ingin melakukan hubungan seks, maka berhubungan seks hanya dengan satu pasangan seks yang terhindar dari infeksi menular jenis apapun.

Lalu, Bagaimana Cara Menyembuhkan Herpes Genital?

Hal yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada cara menyembuhkan herpes kelamin secara total. Kondisi ini disebabkan oleh virus yang menjadi penyebab utama penyakit herpes akan berada selamanya di dalam tubuh Anda ketika menginfeksi tubuh.

Namun, cara menyembuhkan herpes perlu dilakukan untuk mengobati luka dan rasa sakit yang muncul akibat gejala. Langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit kelamin.

Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda memberikan tindakan pengobatan yang sesuai sebagai cara menyembuhkan herpes genital yang sedang Anda derita. Tidak disarankan untuk melakukan pengobatan tanpa bantuan dokter.

Nah, jika Anda membutuhkan bantuan pengobatan sebagai cara menyembuhkan herpes kelamin yang sedang Anda derita. Maka, segera dapatkan pengobatan dengan Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat.

Jika Anda ingin melakukan pengobatan dengan Klinik Utama Gracia segera hubungi melalui 081336361555 atau konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis kami melalui tombol konsultasi yang sudah tersedia dibawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan