• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab, Gejala, Dan Cara Menyembuhkan Herpes Genital

Penyebab, Gejala, Dan Cara Menyembuhkan Herpes Genital
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Cara menyembuhkan herpes perlu diketahui oleh setiap orang, agar permasalahan penyakit seksual yang umum terjadi ini dapat bisa terselesaikan. Terlebih lagi penyakit ini seringkali menimbulkan gejala yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Untuk lebih memahami penyakit ini, berikut ini adalah penjelasan mengenai herpes genital.

Penyebab Herpes Genital

Penyakit menular seksual yang bisa dialami oleh pria dan wanita ini terjadi karena infeksi virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) yang dapat ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi virus ini.

Bisa pula herpes genital ini terjadi karena infeksi HSV-1 yang menyebabkan terjadinya cold sore atau luka pada bagian mulut, atau bibir. Penularan HSV-1 ini dapat menyebabkan herpes genital ketika seseorang melakukan oral seks dengan penderita.

Namun virus ini tidak akan bisa menular melalui dudukan toilet ataupun peralatan yang digunakan bersama dengan penderita.

Gejala Herpes Genital

Penderita akan mengalami gejala setelah beberapa minggu setelah terinfeksi virus. Gejala yang mungkin muncul seperti gatal pada sekitar area kelamin yang diikuti lecet yang menyakitkan. Gejala flu seperti demam, dan sakit kepala juga kemungkinan muncul. Namun adapula beberapa penderita yang tidak memiliki gejala sama sekali, walaupun masih tetap bisa menularkannya pada orang lain.

chat

Cara Menyembuhkan Herpes Genital

Pertama dokter akan memastikan kondisi Anda dengan melakukan pemeriksaan sampel luka. Bila tidak ada gejala yang muncul, dokter akan melakukan pemeriksaan dengan tes darah. Setelah mendapatkan hasil yang tepat, maka barulah dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Dokter umumnya akan memberikan obat antiviral sebagai cara menyembuhkan herpes genital. Pengobatan ini akan membantu mengurangi gejala dan menurunkan kemungkinan untuk kambuh. Walaupun begitu, pengobatan ini belum bisa menghilangkan virus yang menginfeksi tubuh. Sehingga virus tetap masih berada di dalam tubuh dan dapat kambuh bila sistem ketahanan tubuh menurun.

Namun kekambuhan ini dapat dicegah dengan mengonsumsi obat yang diberikan sesuai dengan petunjuk dokter, menghindari stres, dan menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Bila Anda mengalami stres ataupun sakit, maka ketahanan tubuh pun akan menurun, sehingga akan mudah terjadi kekambuhan. Walaupun begitu, umumnya gejala yang terjadi ketika herpes genital kambuh kembali, tidak akan seberat gejala awal, karena tubuh sudah membentuk antibodi.

Cara Mencegah Terinfeksi Herpes Genital

Herpes genital bisa saja terjadi pada pria dan wanita yang sudah aktif secara seksual. Agar kemungkinan ini dapat dicegah, maka Anda harus menghindari melakukan hubungan seksual dengan berbeda-beda orang, terlebih lagi orang yang baru saja Anda kenal. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kondom untuk meminimalisir penularan penyakit menular seksual, walaupun tidak 100 persen efektif mencegah penularan tersebut.

Komunikasikan dengan pasangan bila Anda terinfeksi herpes genital. Dan usahakan untuk juga melakukan pemeriksaan pada pasangan, walaupun tidak didapati gejala herpes genital. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah pasangan Anda juga terinfeksi herpes genital.

Bila Anda mengalami gejala herpes genital, segera lakukan pemeriksaan pada Klinik Utama Gracia untuk memastikan kondisi Anda agar dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan