• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Anyang Anyangan

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Anyang Anyangan
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Pernah mengalami anyang-anyangan? Kondisi ini erat sekali kaitannya dengan infeksi yang terjadi pada sistem kemih seseorang. Ketika Anda mengalami anyang-anyangan, maka akan merasakan seringnya buang air kecil, namun dengan urine yang hanya sedikit, dan disertai rasa nyeri atau sakit. Kondisi yang tidak nyaman ini membuat para penderita membutuhkan cara menghilangkan anyang anyangan yang tepat.

Infeksi saluran kemih yang menyebabkan anyang-anyangan dapat terjadi karena banyak faktor pemicu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya.

Penyebab

1. Infeksi Bakteri. Bakteri yang menginfeksi saluran kemih, dapat menyebabkan seseorang mengalami anyang-anyangan. Bakteri ini bisa berasal dari anus atau kotoran yang akhirnya berpindah ke saluran kemih.
2. Dehidrasi. Saat seseorang mengalami dehidrasi, maka urine yang akan dibuang hanya sedikit. Semakin dehidrasi, maka sistem kemih akan semakin kesulitan menjalankan tugasnya, sehingga terjadi anyang-anyangan.
3. Hamil. Saat wanita sedang hamil, maka kantung kemih akan tertekan dan menyebabkan sering munculnya keinginan untuk buang air kecil, walaupun urine yang dikeluarkan hanya sedikit.
4. Uretra pendek. Biasanya hal ini akan dialami oleh wanita karena saluran uretranya yang pendek, sehingga kuman dan bakteri mudah masuk ke saluran kemih.
5. Menopause. Anyang-anyangan karena infeksi saluran kemih sering sekali dialami oleh wanita yang sudah menopause, karena pengaruh hormon estrogen yang menurun.
6. Diabetes. Pada penderita penyakit ini akan merasakan seringnya keinginan untuk buang air kecil walaupun urine yang dikeluarkan sedikit karena reaksi dari penyakit tersebut.
7. Salah membersihkan alat kelamin. Hal ini berkaitan dengan infeksi bakteri dan juga uretra yang pendek pada wanita. Umumnya bakteri akan mudah berpindah ke saluran kemih jika Anda melakukan cara yang salah dalam membersihkan kelamin.

chat

Cara Menghilangkan Anyang Anyangan

Bukan hanya karena tidak nyaman, namun cara menghilangkan anyang anyangan ini harus Anda lakukan untuk menghindari infeksi bakteri yang semakin parah hingga menyerang ginjal. Hal ini tentunya akan berbahaya untuk tubuh Anda.

1. Mendengar Gemericik Air

Cara ini memang terbilang sederhana, dan mungkin aneh. Anda bisa menghilangkan anyang-anyangan dengan mendengarkan gemericik suara air yang jatuh ketika keran dibuka. Alasannya, saat mendengarkan suara tersebut, Anda akan merasakan keinginan untuk buang air kecil. Namun cara ini mungkin tidak akan bisa Anda coba jika penyebab anyang-anyangan yang Anda alami karena suatu penyakit atau gangguan tertentu.

2. Pijat

Bukan pijat tubuh yang harus Anda lakukan, melainkan memijat telapak kaki dan juga ibu jari kaki. Pijatlah kaki dengan arah vertikal, dan lakukan dengan lembut. Bagian-bagian tersebut dipercaya merupakan titik yang bisa membantu melancarkan buang air kecil dan menghilangkan anyang-anyangan. Cara lain yang sering dilakukan yaitu mengikat ibu jari kaki untuk mengatasi anyang-anyangan. Namun sebaiknya jangan lakukan cara tersebut, karena malah akan membahayakan Anda.

3. Konsumsi Air Putih

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa penyebab anyang-anyangan adalah dehidrasi. Untuk mengatasi kondisi tersebut Anda harus rajin mengonsumsi air putih. Jika kebutuhan air putih harian Anda terpenuhi, maka tubuh akan lancar untuk melakukan pembuangan urine yang juga ikut membuang bakteri atau kuman yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

4. Madu

Bahan alami satu ini dipercaya bisa menjadi cara menghilangkan anyang anyangan yang Anda alami. Madu yang bersifat antibiotik dan antiinflamasi ini akan membantu mempercepat peradangan yang terjadi dan juga membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh. Penggunaan madu juga terbilang lebih aman dan bisa digunakan berulang kali, walaupun masih harus dalam batas yang wajar. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung ataupun mencampurkannya dengan air putih.

Jika Anda ingin berkonsultasi terkait infeksi saluran kemih atau infeksi saluran kencing ataupun anyang-anyangan, Anda bisa menggunakan layanan chatting yang telah tersedia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan