• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyebab, Ciri Ciri Herpes Kelamin dan Pengobatannya

Penyebab, Ciri Ciri Herpes Kelamin dan Pengobatannya
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )

Jika Anda seorang yang aktif secara seksual maka ada baiknya untuk mengenali ciri ciri herpes kelamin karena kemungkinan besar seseorang yang aktif secara seksual dengan banyak pasangan suatu waktu mungkin saja bisa terinfeksi penyakit herpes kelamin, karena dengan mengetahui ciri-cirinya sejak dini seorang yang sudah terinfeksi dapat segera menjalani pengobatan yang tepat.

Penyakit herpes kelamin (Genital Herpes) merupakan salah penyakit menular seksual (PMS) yang umumnya disebabkan oleh virus akibat aktifitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral secara tidak sehat.

Gejala umum penyakit ini adalah timbulnya lepuhan seperti cacar air, yang dibarengi dengan gejala lain seperti demam tinggi sakit pinggul dan kehilangan napsu makan, selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mempertinggi resiko untuk terinfeksi HIV.

Apakah yang Menjadi Penyebab Seseorang Bisa Terinfeksi Herpes Kelamin


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit herpes kelamin paling sering menular akibat melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan dan perlu Anda catat bahwa herpes kelamin disebabkan oleh adanya virus yang bernama Herpes simpleks virus tipe tertentu (HSV).

Dan perlu Anda ketahui bahwa HSV tipe 1 akan menyebabkan herpes oral atau yang umumnya terjadi pada area sekitar mulut dan tenggorokan yang disebabkan oleh seks oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi herpes.

Sedangkan HSV tipe 2 adalah penyebab penyakit herpes kelamin dan untuk penyebarannya juga sama melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan HSV tipe 1 bisa menyebabkan herpes kelamin.

Awas, Inilah Ciri Ciri Herpes Kelamin Pada Pria dan Wanita


Tentunya jika Anda dan pasangan merupakan seseorang yang aktif secara seksual dan memiliki banyak pasangan seks maka hukumnya penting untuk mengetahui ciri ciri herpes kelamin karena dengan mengetahuinya lebih awal kita akan sangat mudah untuk mengatasinya.

Dan biasanya ciri ciri herpes kelamin yang mudah dikenali adalah timbulnya gelembung kecil yang kemudian melepuh dan berisi cairan bening dan menyebabkan rasa sakit

Cairan ini bila pecah dan dibiarkan sampai kering akan terlihat seperti koreng, karena penyakit herpes merupakan penyakit yang sangat mudah menular, maka sebaiknya segera diobati sebelum menyebar dan menjadi lebih parah, dan berikut di bawah ini adalah ciri ciri herpes kelamin pada pria dan wanita:

- Pembengkakan kelenjar getah bening

- Pada kulit muncul lepuhan kecil yang berisi cairan di daerah kelamin atau lepuhan tersebut bisa timbul pada dubur atau pada sebagian paha.

- Terasa nyeri dan sakit pada bagian punggung bawah atau di pangkal paha dan biasanya gejala ini ini akan diikuti oleh rasa yang menyengat seperti kesemutan yang terjadi pada daerah kelamin atau dubur.

- Terasa nyeri saat buang air kecil yang disebabkan oleh air urin yang mengalir di atas luka herpes kelamin.

Bagaimanakah Cara Mencegah Herpes Kelamin?


Diketahui terdapat beberapa cara untuk mencegah herpes kelamin dan dengan menggunakan langkah-langkah sederhana di bawah ini Kita akan mencegah penyakit herpes kelamin, diantaranya:

- Jangan melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan dan ada baiknya selalu gunakan kondom untuk mencegahnya akan tetapi kondom tidak sepenuhnya mencegah penyakit menular seksual.

- Menghindari berhubungan seks dengan seseorang riwayatnya belum jelas atau dengan seseorang yang sudah positif terinfeksi herpes kelamin.

- Ada baiknya untuk selalu bersikap terbuka dengan pasangan mengenai penyakit yang Anda derita sebelum melakukan hubungan seks.

- Selalu menjaga kebersihan saat melakukan seks, contohnya dengan membersihkan area kelamin sebelum dan setelah melakukan hubungan seks.

Cara Mudah Mengobati Herpes Kelamin


Jika Anda aktif secara seksual dan merasa memiliki salah satu ciri ciri herpes kelamin seperti di atas maka ada baiknya untuk segera mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik terbaik di bidang penyakit kelamin.

Dan biasanya sebelum dokter melakukan pengobatan kepada Anda ataupun pasangan, dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memeriksa kondisi pasien seperti: tes kultur virus, tes PCR, sampai tes darah dan kemudian dokter akan melakukan pengujian dan akhirnya akan melakukan pengobatan kepada pasien.

Perlu Anda ketahui untuk dapat mengobati penyakit herpes kelamin yang disebabkan oleh Virus HPV tidak sama dengan pengobatan biasa, karena seseorang yang sudah terinfeksi virus ini tidak boleh membiarkan virus berkembang biak di dalam tubuh dalam waktu yang lama karena kemungkinan besar bisa memperburuk keadaan.

Sehingga pada intinya jika Anda merasa memiliki salah satu ciri ciri herpes kelamin seperti di atas maka Anda dan pasangan seks wajib untuk segera memeriksakan kondisi Anda kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Karena Klinik Utama Gracia merupakan salah satu klinik spesialis ginekologi, andrologi dan penyakit kelamin terbesar yang berada di Jakarta selain itu Klinik Kami sudah menggunakan peralatan medis yang lengkap dan modern yang didukung dengan staf dan dokter yang ahli di bidangnya.

Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi online untuk berkonsultasi kepada tim medis Kami dengan mengklik tombol chat online di atas ini dan semoga saja artikel ini dapat menyadarkan Kita betapa bahayanya penyakit kelamin.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan