• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Raja Singa ( Sipilis Atau Sifilis )

Penyakit Raja Singa (Sipilis Atau Sifilis)
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (10 orang penilai )

Sipilis atau sifilis atau juga yang biasa kita sebut dengan penyakit raja singa adalah suatu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Treponema pallidum adalah salah satu dari bakteri spirochaeta. Bentuk dari bakteri ini adalah spiral. Tim ahli kami telah menemukan empat subspecies dari bakteri ini, yaitu Treponema pallidum pallidum, Treponema pallidum carateum, Treponema pallidum endemicum dan Treponema pallidum pallidum.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bakteri Treponema pallidum yang tidak bukan dan tidak lain adalah penyebab dari penyakit sipilis atau raja singa.

Treponema pallidum merupukan spirochaeta yang bersifat motile yang pada umumnya menyerang atau menginfeksi tubuh manusia melalui kontak seksual secara langsung dengan pasangan, bakteri ini mula-mula akan masuk ke dalam tubuh inang melalui celah di antara sel epitel. Organisme dari penularan penyakit ini juga dapat ditularkan kepada bayi di dalam kandungan melalui jalur transplasental selama masa-masa akhir kehamilan ibu hamil.

Pada hasil survei kami kebanyakan pria lebih sering terkena penyakit ini dari pada wanita, penyebabnya adalah hubungan seks yang tidak sehat atau  sering berganti-ganti pasangan tanpa tahu riwayat dari pasangan tersebut. Sipilis atau sipilis tidak dapat menular melalui peralatan makan, kolam renang, saling bertukar pakaian (celana dan baju), aksesoris dan lain sebagainya. Jadinya anda tidak perlu menjauhi orang yang terkena penyakit ini sifilis ini.

Tipe-Tipe Sipilis Atau Sifilis  

Ada empat tahap dari penyakit sipilis atau penyakit raja singa ini yaitu :

  1. Utama
  2. Sekunder
  3. Terpendam
  4. Tersier

Penyakit sipilis sangat berbahaya  pada dua tahap pertama karena dapat meyerang dan menular dengat cepat.

Level Sifilis Primer

Pada tahap pertama sifilis ini akan terlihat setelah tiga sampai empat minggu ketika Anda terinfeksi dengan bakteri  treponema pallidum. Permulaan dimulai dengan sakit bulat kecil yang disebut chancre. Sebuah chancre tidak menimbulkan rasa sakit, tapi itu sangat menular.

Sakit ini mungkin muncul di mana saja saat bakteri masuk ke dalam tubuh Anda, seperti sakit di dalam mulut, alat kelamin, atau dubur Anda. Sakit pada penderita akan dirasakan sekitar tiga minggu setelah infeksi menular dan menjalar ke dalam tubuh, tetapi akan memakan waktu sampai 3 bulan sampai penyakit ini muncul. Sifilis ditularkan melalui kontak langsung dengan luka. Hal ini biasanya terjadi selama aktivitas seksual yang tidak sehat.

Level Sipilis Sekunder

Pada tahap sekunder ini, Anda mungkin akan mengalami rum kulit dan sakit tenggorokan. Ruam kulit tidak akan gatal dan biasanya ditemukan pada telapak tangan dan telapak kaki Anda, tetapi dapat terjadi di manapun pada tubuh selain tangan dan kaki.

Adapun gejala yang timbul dari sifilis sekunder adalah:

  • sakit kepala
  • kelenjar getah bening
  • kelelahan
  • demam
  • penurunan berat badan
  • rambut rontok
  • sakit sendi

Level Sipilis Laten

Tahap selanjutnya yaitu sifilis laten. Pada tahap ini tahap sifilis primer dan sekunder menghilang, dan Anda tidak akan terlihat seperti tidak memiliki gejala sifilis. Tapi gejala sekunder akan muncul kembali. Jika tidak segera ditangani Anda bisa tetap dalam tahap ini dalam jangak waktu yang lama bahkan bisa sampai bertahun-tahun.

Level Sipilis Tersier

Tahap selanjutnya yaitu tahap ke 4 sifilis tersier. Banayak orang yang sampai ke tahap pengobatan ini karena tidak segera melakukan tindakan pengobatan yang tepat ketika muncul gejala dari tahap 1 sampai ke 3. Tahap sifilis ini dapat mengakibatkan hal yang berbahaya pada jiwa manusia seperti:

  • penghancuran jaringan lunak dan tulang
  • gangguan saraf, seperti stroke atau meningitis
  • penyakit jantung
  • neurosifilis, yang merupakan infeksi otak atau sumsum tulang belakang

Lebih Lanjut Mengenai Penyakit Raja Singa

Raja Singa

 

Kebanyakan manusia yang sering melakukan aktivitas seksual atau hubungan intim dengan sembarang orang, berkemungkinan besar dapat terinfeksi atau tertular oleh penyakit sipilis atau raja singa ini. Penularan penyakit ini yang disebabkan bakteri bernama Treponema pallidum dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka saat melakukan hubungan seks, melalui anus pada kelompok homoseks laki-laki, melalui mulut, atau menggunakan mainan atau toys seks yang tidak bersih karena sering digunakan oleh banyak pasangan.

Adapun yang harus perlu diperhatikan secara mendasar tentang bagaimana cara mencegah atau mengobati penyakit ini adalah dengan mengenal segala penyebab, gejala dan cara mencegah serta mengobati penyakit sipilis atau raja singa ini.

Karena dengan kita tahu semua pengertian penyakit sipilis kita akan mulai berfikir positif agar penyakit ini dapat kita hindari. Selanjutnya mulailah untuk melakukan pola hidup sehat seperti menghindari berhubungan intim dengan sembarang pasangan, gunakan kondom pada saat melakukan hubungan seks dengan pasangan ketika pasangan Anda mengalami gejala dari penyakit sipilis, serta hindari penggunaan transfusi darah dan jarum suntik yang sama.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan